Pesan Rahbar

Home » » Pameran Perangko Bertema Khusus Imam Ali di Museum Razavi

Pameran Perangko Bertema Khusus Imam Ali di Museum Razavi

Written By Unknown on Friday 14 April 2017 | 15:44:00


Bertepatan dengan tibanya tanggal 13 Rajab, hari kelahiran Imam Ali bin Abi Thalib as yang diperingati di Iran sebagai Hari Ayah, sebuah pameran perangko bertema khusus seputar Imam Ali as di selenggarakan di ruang pamer perangko, uang kertas dan koin di Museum Pusat, Haram Suci Razavi.

Astan News melaporkan, Petugas ruang pamer perangko, uang kertas dan koin, Museum Haram Suci Razavi mengatakan, koleksi perangko kenang-kenangan dan amplop-ampop bertanggal dengan tempat perangko bertuliskan Ali Waliullah di pamerkan di ruang pamer ini.

Mohammad Hossein Yazdinejad, Petugas ruang pamer perangko, Museum Haram Suci Razavi menuturkan, perusahaan pos Iran, mendapat kesempatan untuk mencetak perangko peringatan wiladah Imam Ali bin Abi Thalib as yang pertama dengan jumlah 450.000 perangko pada tahun 1379 Hs.

Ia menambahkan, selain itu perangko-perangko bertemakan Imam Ali as seperti peringatan Seabad Nahjul Balaghah karya Sayid Razi, kitab Al Ghadir karya Allamah Amini, senandung terkenal Ali Ey Hamae Rahmat karya penyair Ahlul Bait as, Mohammad Hossein Shahriar dan yang lainnya, antara tahun 1360-1389 Hs dicetak dan dipublikasikan oleh perusahaan pos nasional Iran.

Yazdinejad juga mengatakan bahwa perangko peringatan kelahiran Imam Ali bin Abi Thalib as merupakan salah satu perangko yang sangat indah yang pernah diterbitkan dan menjelaskan, perangko ini sangat disukai oleh para penggemar perangko Iran dan luar negeri khususnya oleh Muslimin di Pakistan, Afghanistan, Tajikistan, Bahrain, Qatar, Arab Saudi, Lebanon, Kuwait, Irak, Suriah dan yang lainnya. Para penggemar perangko ini menyimpannya sebagai tabarruk atau mengkoleksinya.

Ia juga menyinggung kaligrafi langka perangko Ali Waliullah dan menuturkan, karya yang dibuat atas dasar kecintaan mendalam kepada Imam Ridha as oleh Ebrahim Zeinali Khamene, seniman Tehran dengan menggunakan seni Koulaji dan 80 lembar perangko, selama 3.160 jam, dihadiahkan ke Haram Suci Razavi.

Petugas ruang pamer perangko, uang kertas dan koin, Museum Pusat Haram Suci Razavi menjelaskan bahwa gambar Imam Khomeini di huruf “Ain” juga tampak dalam perangko itu.

“Perangko-perangko bertuliskan surat Al Fatihah dan gambar ilustrasi Imam Ali as membelai kepala anak-anak yatim juga disimpan di sini. Selain itu, empat sudut ruang pamer menampilkan perangko-perangko kenangan Perang Pertahanan Suci, para pejuang Islam dan syuhada,” imbuhnya.

Ia melanjutkan, ruang pamer ini dalam berbagai kesempatan dan hari wiladah tokoh-tokoh terkemuka nasional dan perisitwa-peristiwa budaya dan kesenian, memamerkan karya-karya bernilai kepada para pengunjung.

Ruang pamer perangko, uang kertas dan koin, Haram Suci Razavi setiap hari buka mulai pukul 8 hingga 17:45 kecuali hari libur resmi buka mulai pukul 8 hingga 12. Ruang pamer perangko ini terletak di lantai dasar Museum Pusat, Haram Suci Razavi.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: