Pesan Rahbar

Home » » Perbaiki Akhlaq Buruk Dengan Menyucikan Jiwa

Perbaiki Akhlaq Buruk Dengan Menyucikan Jiwa

Written By Unknown on Saturday 10 June 2017 | 12:00:00


Rasulullah saww mengatakan “beberapa dosa seperti akhlaq buruk tidak akan bisa dihilangkan dengan bertaubat, akan tetapi bisa diperbaiki dengan penyucian jiwa.”

Shabestan News Agency, berkenaan dengan kemuliaan dan keagungan bulan suci Ramadhan, Hujjatul Islam Muhammad Baqir Alawi menjelaskan bahwa Allah swt menciptkan manusia untuk kebahagiaan dunia dan akhirat.

Ia menambahkan, Rasul saww bersadba “orang-orang yang berbahagia ialah mereka yang memiliki akhalq yang baik, sementara orang-orang yang malang mereka adalah yang memiliki akhlaq yang buruk.”

Berdasarkan ucapan nabi Muhammad saww yang mengatakan bahwa pemahaman agama seseorang bisa dilihat dari bagaimana ia bersikap dengan saudara seagamanya, yakni selalu bersikap ramah dan tidak gampang marah, jelas Hujjatul Islam Alawi.

Amirul Mukminin Ali as berkata “mengucapkan salam merupakan salah satu di antara sifat dari akhlaq yang baik” sebagaimana Rasulullah saww adalah orang yang selalu mengucapkan salam lebih dulu dari pada yang lainnya.

kebanyakan dosa-dosa yang dilakukan oleh manusia disebabkan oleh amarah, seperti pertikaian dan cacian yang terjadi karena amarah.
Dengan berakhlaq baik segala permasalahan dalam kehidupan manusia dapat diatasi dengan mudah, dan akan menjadikan manusia berkembang dan terus maju.

Dalam hadits lainnya Rasulullah saww mengatakan “beberapa dosa seperti akhlaq buruk tidak akan bisa dihilangkan dengan bertaubat, akan tetapi bisa diperbaiki dengan penyucian jiwa.”

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: