Pesan Rahbar

Home » » Suasana Bulan Suci Ramadhan di Bangladesh

Suasana Bulan Suci Ramadhan di Bangladesh

Written By Unknown on Thursday 1 June 2017 | 13:47:00


Kaum muslim Bangladesh mulai berpuasa bulan Ramadhan pada Minggu (28/5).

Menurut laporan IQNA seperti dikutip dari Xinhua, dikarenakan pemberitaan sebelumnya, kaum muslim di Dhaka, Bangladesh dan kota-kota lainnya, pada Sabtu malam mendatangi sejumlah masjid dan melaksanakan salat tarawih malam pertama bulan Ramadhan.

Kaum muslim Bangladesh menyambut tibanya bulan suci Ramadhan dengan gembira dan melaksanakan salat Tarawih dan sahur sebelum azan Subuh.

Di sepanjang bulan Ramadhan, kaum muslim Bangladesh setiap malam melaksanakan salat Tarawih.

Sekitar 250 ribu masjid ada di seantero Bangladesh, sementara 6 ribu masjid ada di Dhaka.

Sejumlah masjid yang mayoritas dikelola oleh masyarakat dan tanpa bantuan dari pemerintah berubah menjadi markas spiritual untuk kelas-kelas al-Quran dan melaksanakan salat Tarawih.

Dengan dimulainya bulan suci Ramadhan, kota Dhaka melihat kepadatan kaum muslim di sejumlah pasar tradisional untuk membeli makanan berbuka.

Selama bulan Ramadhan, bulan pensucian jiwa lewat puasa dan menahan diri, kaum muslim Dhaka biasanya menyiapkan berbukanya dari pasar tradisional kota ini.

Di pasar tradisional Dhaka, para pemilik stan sementara dan pedagang kecil menjual makanan ke ribuan pembeli.

Beragam buah, kebab, mustar (moster), dan dadih termasuk makanan yang dijual untuk berbuka.

Selain sejumlah program spiritual dan salat khusus, beberapa masjid Bangladesh juga menyelenggarakan jamuan berbuka untuk ribuan muslim dalam sepanjang bulan Ramadhan. Islam adalah agama terbesar di Bangladesh, penduduk muslim lebih dari 130 juta (penduduk Muslim keempat terbesar di dunia setelah Indonesia, India dan Pakistan), dan merupakan hampir 88% dari total penduduk, berdasarkan Sensus tahun 2001.

(Xinhua/IQNA/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: