Pesan Rahbar

Home » » Soleimani: Iran Bantu Suriah Menekan ISIS

Soleimani: Iran Bantu Suriah Menekan ISIS

Written By Unknown on Thursday 26 May 2016 | 14:46:00

Mayor Jenderal Qassem Soleimani, Komandan Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam Iran

Komandan Pasukan Quds Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Mayor Jenderal Qassem Soleimani mengatakan teroris ISIS mungkin akan membanjiri Suriah jika bukan karena bantuan Iran.

“Jika Republik Islam tidak membantu perlawanan pemerintah Suriah, hari ini ISIS akan memerintah seluruh negeri,” IRNA mengutip pernyataan Soleimani dalam pidatonya di kota suci Qom, Senin (23 /5/16).

Soleimani juga memuji penasihat militer Iran yang telah mengorbankan hidupnya demi pertempuran melawan terorisme di Suriah. Pada awal bulan ini, IRGC mengumumkan bahwa 13 penasihat militernya gugur dan 21 lainnya luka-luka di kota Khan Tuman, yang terletak di provinsi Aleppo barat daya Suriah.

Dia lebih lanjut menekankan bahwa dengan memanfaatkan “logika dan kesalahan,” musuh Iran telah muncul sebagai pemenang dalam pertempuran melawan semua musuh-musuhnya.

“Hari ini pemenang dalam pertempuran melawan Takfiri adalah Republik Islam,” katanya.

Dia menambahkan bahwa AS juga telah dipaksa untuk meninggalkan semua tujuannya di wilayah ini, disamping berupaya keras untuk melemahkan pengaruh Iran di Timur Tengah.

Tank pasukan pemerintah Suriah berpatroli di kota Khan Tuman, selatan kota Suriah utara Aleppo pada April 11, 2016 (Foto: AFP)

Suriah telah dicengkeram oleh militansi yang didukung asing sejak Maret 2011. Damaskus mengatakan Arab Saudi, Turki dan Qatar adalah pendukung utama militan memerangi pasukan pemerintah.

Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura memperkirakan bahwa lebih dari 400.000 orang tewas dalam krisis Suriah. []

(AFP/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: