Pesan Rahbar

Home » » Revolusi dan Kebangkitan Pada Masa Imam Shadiq as

Revolusi dan Kebangkitan Pada Masa Imam Shadiq as

Written By Unknown on Saturday 29 July 2017 | 02:19:00


Revolusi dan kebangkitan pada masa Imam Shadiq as terjadi berdasarkan riwayat-riwayat dari Rasulullah saww yang berbicara tentang kebangkitan Al-mahdi, oleh karena itu salah satu tugas dan kewajiban Imam as saat itu ialah memerangi Mahdawiyat yang menyimpang.

Shabestan News Agency, Ayatullah Ali Javidan dalam kajian akhlaqnya pada minggu ini menyinggung tentang salah satu di antara tanggung jawab utama para Imam Makshum as ialah menyelesaikan permasalahan yang ada di zamannya.

Ia menambahkan, Imam Shadiq as di zamannya memerangi aliran dan pemberontakan yang menyimpang baik dari segi pemikiran dan juga akidah, dimana Imam Shadiq as untuk melawan itu semua dengan hadits-hadits, dan setiap ada gerakan yang menamakan diri dengan Al-mahdi, Imam as membatilkannya.

Revolusi dan kebangkitan pada masa Imam Shadiq as terjadi berdasarkan riwayat-riwayat dari Rasulullah saww yang berbicara tentang kebangkitan Al-mahdi, oleh karena itu salah satu tugas dan kewajiban Imam as saat itu ialah memerangi Mahdawiyat yang menyimpang, terangnya.

Lebih lanjut Ayatullah Javidan menuturkan, Imam Shadiq as dalam menghadapi berbagai aliran, firqah dan mazhab-mazhab yang ada saat itu dengan menjelaskan ajaran-ajaran Islam yang sebenarnya.

Dan pada masa Imam Jakfar Shadiq as terdapat banyak aliran dan firqah yang menyebar pada saat itu, baik muktazilah dan asy’ari, serta aliran-aliran ahlu hadits dan ahlu ra’y pada zaman Imam as.

Sementara dalam masalah fiqih pada masa Imam Shadiq as menjadi pembahasan khusus, kajian fiqih Imam as sangatlah masyhur pada saat itu, banyak ulama-ulama besar yang berguru kepadanya, dan banyak murid-murid Imam as yang bukan berasal dari Arab namun Imam tetap mendidik dan mengajarkannya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: