Pesan Rahbar

Home » » SOHR Punya Bukti Tewasnya Khalifah Abu Bakr Al-Baghdadi

SOHR Punya Bukti Tewasnya Khalifah Abu Bakr Al-Baghdadi

Written By Unknown on Friday 14 July 2017 | 02:05:00

SOHR Punya Bukti Tewasnya Khalifah Abu Bakr al-Baghdadi

Penyebab pasti tewasnya khalifah ISIS atau bila hal itu terjadi menurut SOHR masih belum diketahui, namun sumber yang dikutip oleh SOHR mengatakan hal itu terjadi di suatu tempat di dekat perbatasan Irak.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) pada Selasa, 11/07/17, mengklaim memiliki bukti valid (confirmed evidence) bahwa khalifah ISIS Abu Bakr al-Baghdadi telah tewas.

Menurut kelompok pemantau perang Suriah pro-oposisi yang berbasis di Inggris itu, mereka dapat mengkonfirmasi tewasnya al-Baghdadi melalui sumber terpercaya berbasis di provinsi Suriah, Deir Ezzor, yang memiliki kontak dengan pimpinan atas kelompok ISIS.

Penyebab pasti tewasnya khalifah ISIS atau bila hal itu terjadi menurut SOHR masih belum diketahui, namun sumber yang dikutip oleh SOHR mengatakan hal itu terjadi di suatu tempat di dekat perbatasan Irak.

Dalam tiga tahun sejak al-Baghdadi mengumumkan kekhalifahan ISIS pada bulan Juni 2014, lusinan klaim mengemuka bahwa al-Baghdadi tewas terbunuh atau terluka parah.

Spekulasi mengenai tewasnya al-Baghdadi pernah diberitakan pada akhir Mei tahun ini setelah Angkatan Udara Rusia (RuAF) melakukan sejumlah serangan udara di wilayah kota Raqqa. Menurut Media Interfax, khalifah ISIS itu termasuk di antara 300 elemen dan tiga puluh komandan ISIS yang tewas dalam serangan tersebut.

Sampai saat ini, sumber AS, Kurdi dan Irak belum dapat menguatkan pernyataan SOHR tentang tewasnya al-Baghdadi.

Di sisi lain, sumber media resmi Rusia, Suriah dan Iran semuanya mengklaim - sebelum pernyataan SOHR - tewasnya khalifah ISIS adalah benar dan bisa dipercaya. Sementara sumber media Rusia dan Suriah mengklaim, serangan udara RuAF di Raqqa menjadi penyebab tewasnya al-Baghdadi, sedangkan situs resmi Iran hanya memberitkan al-Baghdadi telah tewas.

(SOHR/Islam-Times/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: