Pesan Rahbar

Home » » Snapchat Blokir Al-Jazeera di Arab Saudi

Snapchat Blokir Al-Jazeera di Arab Saudi

Written By Unknown on Tuesday 19 September 2017 | 18:49:00

Layanan Al-Jazeera di Snapchat itu tersedia di Arab Saudi sejak Mei lalu.


Snap Inc. kemarin bilang pihaknya memenuhi permintaan pemerintah Arab Saudi untuk memblokir akses ke artikel dan video-video berita Al-Jazeera pada aplikasi media sosial Snapchat bagi penduduk di negara Kabah itu.

Serang juru bicara Snap mengungkapkan stasiun televisi Al-Jazeera dalam bahasa Arab di Snapchat Discover, tersedia sejak Mei lalu, dihapus dari aplikasi versi Arab Saudi. Meski begitu, artikel-artikel Al-Jazeera masih bisa dibuka para pengguna Snapchat di 14 negara Timur Tengah lainnya.

Keputusan Snap ini bisa memicu ketegangan antara stasiun televisi milik Qatar tersebut dengan empat negara Arab telah memutus hubungan diplomatik dan melakukan blokade ekonomi terhadap negara kaya gas itu. "Langkah Snap itu kelihatan sebagai upaya untuk membungkam kebebasan berkepresi," kata seorang juru bicara Al-Jazeera.

Arab Saudi bareng Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, dan Mesir, sejak 5 Juni lalu memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar. Keempat negara Arab ini beralasan Qatar menykong terorisme.

Arab Saudi, UEA, dan Bahrain juga memberlakukan blokade darat, laut, dan udara terhadap Qatar. Boikot berlanjut setelah Qatar menolak 13 syarat diajukan Arab Saudi sekawan buat menormalisasi hubungan.

Menurut Al-Jazeera, situs dan aplikasinya sudah diblokir di Arab Saudi sejak Mei lalu.

Seorang juru bicara Snap bilang pihaknya menghapus Al-Jazeera dalam aplikasi Snapchat karena mematuhiu aturan berlaku di Arab Saudi. "Kami berusaha mematuhi aturan-aturan lokal di negara-negara tempat kami beroperasi," ujarnya.

(BBC/Wall-Street-Journal/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: