Ayatullah Al-Udzma Sayyid Muhsin Hakim: Qamezani (pisau yang dipukul pada badan) bukanlah termasuk dalam amalan agama, apalagi dihukumi mustahab. Amalan ini memberi kesan buruk kepada Islam, umatnya dan Ahlul Bait (as).
Ayatullah Al-Udzma Sayyid Abul Qasim al-Khui: Tidak ada satupun dalil Syar’i yang membolehkan Qamezani; tidak ada jalur periwayatan yang menghukumkan amalan itu sebagai mustahab (sunnah).
Ayatullah Al-Udzma Sayyid Abul Hasan Esfahani: Penggunaan pisau, gendang, rantai dan Bouq (sejenis trompet dari tanduk) adalah haram dan bukan dari Syariat Islam.
Ayatullah Al-Udzma Sayyid Muhsin Amin Jabal ‘Amili: Qamezani dan apa saja peralatan penyambutan Asyura (yang dapat menciderai) adalah haram menurut hukum akal dan syar’i. Mencederai dan melukai kepala bukan saja tidak memberi manfaat di dunia dan pahala di akhirat, bahkan ia menyakiti jiwa serta haram menurut hukum syar’i. Amalan ini juga menyebabkan Syiah dan Ahlul Bait menjadi jelak dalam pandangan orang. Mereka akan menganggap amalan ini sebagai tindakan biadab dan sadis. Tiada syak lagi bahawa amalan ini berasal dari bisikan Syaitan dan tidak mendatangkan keridhaan Allah, Rasulnya dan Ahlul Bait.
Ayatullah Al-Udzma As-Syahid Sayyid Muhammad Baqir Sadr: Amalan ini adalah pekerjaan insan yang jahil dan para ulama sentiasa menghalangi dan mengharamkannya.
Ayatullah Al-Udzma Fadhil Lankarani: Masalah Qamezani bukan saja tidak mendatangkan lebih banyak kesedihan dan kecintaan terhadap Imam Husain (as) dan matlamat suci beliau. Namun ia tidak diterima, bahkan ia memberikan hasil yang negatif secara rasional.
Ayatullah Al-Udzma Shalehi Mazandarani: Dalam sumber Fiqh, Qamezani sama sekali tidak memberikan faedah apapun dalam Azadari Imam Husain (as).
Ayatullah As-Syahid Murtadha Mutahhari: Upacara ini meniru budaya Kristian Ortodok Caucasus.
Ayatullah Muhammad Jawad Mughniah: Upacara ini tidak sesuai dan Bid’ah menurut agama dan Mazhab.
Ayatullah Misykini: Perkara ini menimbulkan masalah menurut Syariat Islam. Bahkan ia mengandungi unsur-unsur haram dan umat Islam tidak boleh sekali-kali memasukkannya sebagai ibadah dalam berdukacita atas Imam Husain (as).
- FATWA ULAMA YANG MASIH HIDUP -
Ayatullah Al-Udzma Sayyid Ali Khamenei: Qamezani adalah budaya yang dibuat-buat (tidak memiliki hujjah); dan sama sekali tidak berkaitan dengan agama. Tidak diragukan lagi, Allah tidak meridhainya.
Ketika Komunis menjajah Azerbaijan-Soviet dahulu, semua peninggalan-peninggaln dan tradisi Islam di sana telah dihapuskan seperti masjid diubah fungsinya menjadi gudang. Majelis-majelis pertemuan dan Husainiyah ditukar menjadi gedung lain dan tidak ada satupun simbol agama Islam dan Syiah yang berbekas; kecuali Qamezani sahaja yang dibenarkan…. mengapa?
Ini adalah cara mereka memerangi agama Islam dan Syiah. Kadang-kadang musuh menggunakan alasan seperti ini untuk menentang agama. Setiap unsur khurafat dimasukkan kedalam Islam supaya kemurnian Islam tercemar.
Ayatullah Al-Udzma Jawadi Amuli: Tidak dibenarkan melakukan perkara yang menjadi penyebab ajaran Islam dihina dan kehormatan Islam dilecehkan; Qamezani dan amalan seperti itu hendaklah dijauhi.
Ayatullah Makarim Syirazi: Metodologi Azadari hendakkah tidak memberi kesempatan kepada musuh Islam untuk menyalahgunakannya. Hendaklah acara besar ini tidak diperkecilkankan dan menyebabkan penghinaan kepada mazhab. Memukul badan dengan pisau atau rantai tajam hendaklah dijauhi.
Ayatullah Al-Udzma Mazaheri Esfahani: Memukul badan dengan pisau dan semisalnya adalah haram.
Ayatullah Al-Udzma Sayyid Kazim Haeri: Perkara khurafat seperti Qamezani menyebabkan Islam dan Syiah mendapat pencitraan buruk.
Ayatullah Nuri Hamdani: Peserta Azadari hendaklah sentiasa menyedari keburukan Qamezani di mana pihak musuh sentiasa memikirkan cara menjajah dan melemahkan umat Islam serta merusak Islam dari dalam. Semoga Allah membantu umat Islam.
Ayatullah Al-Udzma Syaikh Muhammad Yaqubi: Tidak boleh melakukan amalan-amalan yang tidak logis, membahayakan diri, menyebabkan penghinaan terhadap agama dan Maktab Ahlul Bait (as). Oleh itu wajiblah kita menjauhi amalan-amalan seperti Qamezani atau yang mencederai tubuh dengan alat-alat tajam.
Ayatullah Muhammad Mahdi Asfahi: Amalan-amalan ini memberi kesan negatif dalam penyampaian pesanan Asyura kepada khayalak ramai dan ia menyebabkan acara Husaini diremehkan. (Abna.ir/AHLUL BAIT NABI SAW)
Menyakiti Diri itu Haram.
Sekedar informasi. Saya juga tidak setuju
melihat orang2 Syi’ah yg melukai diri mereka pada hari Asyura. Ini
seperti tasyabbuh dgn kaum Nasrani yg menyalibkan diri seperti Yesus.
Tapi ternyata ini menurut Imam tertinggi Syi’ah adalah sesat dan Allah tidak meridhoinya.
Baru tahu saya kalau menyiksa diri tsb menurut ulama mainstream Syi’ah ternyata sesat dan bid’ah. Semoga informasi ini bermanfaat.
Menyakiti diri sendiri, apa pun alasannya dan kapan saja itu haram. Bertentangan dengan Islam.
Fadhil Rumi.
Fatwa imam rahbar tentang Qamezani(memukul badan pada hari assyura).
Qamezani adalah budaya yang dibuat-buat
(tidak memiliki hujjah); dan sama sekali tidak berkaitan dengan agama.
Tidak diragukan lagi, Allah tidak meridhainya.
Ketika Komunis menjajah Azerbaijan-Soviet
dahulu, semua peninggalan-peninggaln dan tradisi Islam di sana telah
dihapuskan seperti masjid diubah fungsinya menjadi gudang.
Majelis-majelis pertemuan dan Husainiyah ditukar menjadi gedung lain dan
tidak ada satupun simbol agama Islam dan Syiah yang berbekas; kecuali
Qamezani sahaja yang dibenarkan…. mengapa? Ini adalah cara mereka
memerangi agama Islam dan Syiah. Kadang-kadang musuh menggunakan alasan
seperti ini untuk menentang agama. Setiap unsur khurafat dimasukkan
kedalam Islam supaya kemurnian Islam tercemar.
Ayatullah al-Uzma Sayyid Ali Khamenei:
Fatwa-Fatwa Ulama Syiah Mengenai Tradisi Melukai Diri di Hari Asyura.
Dikatakan, Islam bangkit lewat Muhammad,
dan Husain menjaga kebangkitannya. Maksudnya, lewat Asyura dan
kesyahidan Imam Husain, kaum muslimin tetap terjaga untuk menjaga
kebangkitan Islam. Karenanya, musuh-musuh Islam untuk menciderai
revolusi Islam sangat berupaya keras untuk memalingkan pesan revolusi
Asyura dan niat sebenarnya.
Diantara fitnah musuh, adalah memasukkan khurafat dan tradisi yang tidak benar dalam penyelenggaraan majelis-majelis duka Imam Husain as. Berikut ini, sebagaimana di laporkan dari Kantor Berita ABNA, fatwa-fatwa ulama Syiah mengenai kebiasaan menciderai dan melukai diri di Hari Asyura dengan pedang, cambuk dan benda-benda tajam lainnya.
Fatwa-Fatwa Ulama Syiah Mengenai Tradisi Melukai Diri di Hari Asyura
Ulama yang Telah Meninggal:
Ulama yang Telah Meninggal:
Ayatullah al-Uzma Sayyid Muhsin Hakim:
Qamezani (pisau yang dipukul pada badan) bukanlah termasuk dalam amalan
agama, apalagi dihukumi mustahab. Amalan ini memberi kesan buruk kepada
Islam, umatnya dan Ahlul Bait (as).
Ayatullah al-Uzma Sayyid Abul Qasim
al-Khui: Tidak ada satupun dalil Syar’i yang membolehkan Qamezani; tidak
ada jalur periwayatan yang menghukumkan amalan itu sebagai mustahab
(sunnah).
Ayatullah al-Uzma Sayyid Abul Hasan
Esfahani: Penggunaan pisau, gendang, rantai dan Bouq (sejenis trompet
dari tanduk) adalah haram dan bukan dari Syariat Islam.
Ulama yang Masih Hidup:
Ayatullah al-Uzma Sayyid Ali Khamenei:
Qamezani adalah budaya yang dibuat-buat (tidak memiliki hujjah); dan
sama sekali tidak berkaitan dengan agama. Tidak diragukan lagi, Allah
tidak meridhainya.
Ketika Komunis menjajah Azerbaijan-Soviet
dahulu, semua peninggalan-peninggaln dan tradisi Islam di sana telah
dihapuskan seperti masjid diubah fungsinya menjadi gudang.
Majelis-majelis pertemuan dan Husainiyah ditukar menjadi gedung lain dan
tidak ada satupun simbol agama Islam dan Syiah yang berbekas; kecuali
Qamezani sahaja yang dibenarkan…. mengapa? Ini adalah cara mereka
memerangi agama Islam dan Syiah. Kadang-kadang musuh menggunakan alasan
seperti ini untuk menentang agama. Setiap unsur khurafat dimasukkan
kedalam Islam supaya kemurnian Islam tercemar.
Ayatullah al-Uzma Jawadi Amuli: Tidak
dibenarkan melakukan perkara yang menjadi penyebab ajaran Islam dihina
dan kehormatan Islam dilecehkan; Qamezani dan amalan seperti itu
hendaklah dijauhi.
Ayatullah al-Uzma Mazaheri Esfahani: Memukul badan dengan pisau dan semisalnya adalah haram.
Ayatullah al-Uzma Sayyid Kazim Haeri: Perkara khurafat seperti Qamezani menyebabkan Islam dan Syiah mendapat pencitraan buruk.
Apakah seseorang boleh melukai dirinya pada saat memperingati hari duka Imam Husein As?
Jawab:
Imam Khomeini, Ayatullah Ali Khemenei, Ayatullah Fadhil Langkarani: Hal ini harus dijauhi dalam artian bahwa perbuatan seperti ini dewasa ini tidak memiliki kelayakan untuk diterima dan juga tidak ditemukannya penjelasan dan keterangan yang bisa dan dapat dipahami serta juga perbuatan ini dapat mencoreng nama baik mazhab
*****
Tanya-Jawab Ahkam Ihwal Peringatan Asyura | |||||
Oleh: Sultan Nur "Berkabung untuk pemimpin dan penghulu para syuhada, Imam Husein As, adalah cara bertaqarrub (kepada Allah SWT) paling utama dan akan memperkuat ruh keimanan, membangkitkan sikap heroisme kaum muslimin dan memberikan semangat untuk berkorban serta menjadi pemberani”. Soal: Apa hukum puasa pada hari ‘Asyura? Jawab: Puasa pada hari ‘asyura dan hari dimana seseorang ragu apakah hari itu hari Arafah atau Idul Adha adalah hukumnya makruh. Dalam riwayat dikatakan bahwa Imam Shadiq As bersabda:”Bani umayyah bernazar bahwa kalau mereka sukses membunuh Imam Husein As, maka pada hari syahadah itu mereka akan berpesta-pesta dan menjadikan hari tersebut sebagai hari penuh berkah dan juga mereka berpuasa dan menganggap hari itu sebagai hari Umayyah. Oleh karena itu, untuk menentang sikap kelompok sesat ini, para Imam As melarang untuk berpuasa pada hari ‘Asyura”. Imam Khomeini Ra: "Berkabung untuk pemimpin dan penghulu para syuhada, Imam Husein As, adalah cara bertaqarrub (kepada Allah SWT) paling utama dan akan memperkuat ruh keimanan, membangkitkan sikap heroisme kaum muslimin dan memberikan semangat untuk berkorban serta menjadi pemberani”.[1] Soal: Apa hukum puasa pada hari ‘Asyura? Jawab: Puasa pada hari ‘asyura dan hari dimana seseorang ragu apakah hari itu hari Arafah atau Idul Adha adalah hukumnya makruh. Dalam riwayat dikatakan bahwa Imam Shadiq As bersabda:”Bani umayyah bernazar bahwa kalau mereka sukses membunuh Imam Husein As, maka pada hari syahadah itu mereka akan berpesta-pesta dan menjadikan hari tersebut sebagai hari penuh berkah dan juga mereka berpuasa dan menganggap hari itu sebagai hari Umayyah. Oleh karena itu, untuk menentang sikap kelompok sesat ini, para Imam As melarang untuk berpuasa pada hari ‘Asyura”.[2] Soal : Apakah seseorang boleh melukai dirinya pada saat memperingati hari duka Imam Husein As? Jawab: Imam Khomeini, Ayatullah Ali Khemenei, Ayatullah Fadhil Langkarani: Hal ini harus dijauhi dalam artian bahwa perbuatan seperti ini dewasa ini tidak memiliki kelayakan untuk diterima dan juga tidak ditemukannya penjelasan dan keterangan yang bisa dan dapat dipahami serta juga perbuatan ini dapat mencoreng nama baik mazhab.[3] Ayatullah Makarim Syirazi: Memperingati hari duka Al-Husein As merupakan syi’ar dan simbol terpenting dalam agama Islam dan juga merupakan bukti eksistensi dan kelanggenan pengikut Ahlulbait As; namun perlu diketahui bahwa hendaknya para pecinta Ahlulbait As menghindari perbuatan dan sikap yang dapat mencoreng nama baik mazhab dan juga menjauhi dari hal-hal mencederai atau melukai badan.[4] Ayatullah Nuri Hamadani: hal ini dilarang (isykaal).[5] Ayatullah Tabrizi: memperingati hari duka sang pemimpin para syuhada Imam Husein As merupakan simbol dan syi’ar terpenting dalam Islam dan juga merupakan lambang eksistensi dan konsistensi mazhab Syi’ah; namun perlu dimaklumi bahwa hendaknya para pengikut mazhab ini harus serta lazim untuk tidak berbuat hal-hal negative sehingga dapat dimanfaatkan oleh musuh-musuh Islam dan Ahlulbait dan juga harus menghindari perbuatan dan perilaku yang dapat mencoreng nama baik Islam dan ahlulbait.[6] Ayatullah Shafi Gulpaigani: kalau hanya sekedarnya saja dan tidak sampai melukai badan, maka tidak ada larangan dalam memperingati hari berduka Imam Husein As.[7] Ayatullah Bahjat: hukumnya kembali kepada hal bahwa yang terpenting tidak menimbulkan bahaya bagi diri dan yang lain sehingga bisa masuk pada wilayah haram; jadi pada dasarnya kalau hal tersebut tidak sampai membahayakan diri dan juga tidak menimbulkan mafsadah, maka tidak apa-apa.[8] Soal: Apakah shalat berjama’ah pada awal waktu lebih penting daripada melanjutkan acara peringatan berkabung atas syahadah Imam Husein As? Jawab: Seluruh maraji’: Shalat berjam’ah terlebih dahulu; Sebagaimana yang dilakukan oleh Imam Husein As pada hari ‘Asyura, beliau melaksanakan shalat ketika waktu Zuhur tiba. Dengan demikian, hendaknya seluruh pengikut Ahlulbait As berusaha dalam segala kondisi yang memungkinkan untuk melaksanakan shalat berjama’ah pada awal waktu; karena tujuan asasi dari pelbagai perjuangan, pengorbanan dan bahkan syahadah para Imam Maksum As dan anak-anak serta para sahabatnya adalah untuk menegakkan agama Islam yang mana salah satu puncak ajarannya setelah makrifatullah adalah shalat.[9] Soal: Apakah mengadakan acara dan resepsi pernikahan pada bulan Muharram itu haram hukumnya? Jawab: Seluruh maraji’: mengadakan acara seperti ini tidak apa-apa selama hal tersebut tidak diisi dengan maksiat dan mengejek serta mencoreng nama baik Imam Husein As; namun acara tersebut tidak akan mendapat berkah sedikit pun dan sebaiknya sebagai seorang muslim yang taat hendaknya mengadakan acara-acara semacam ini di bulan-bulan lain dan di hari-hari lain yang sesuai untuk acara seperti ini. Soal: Apa hukum telanjang (setengah badan) ketika dalam acara berkabung atas syahadah Imam Husein As? Jawab: Mayoritas maraji’: tidak apa-apa, kecuali bila menimbulkan mafsadah dan kerusakan. Ayatullah Makarim Syirazi: tidak boleh (ihtiyat wajib; wajib berhati-hati).[10] Soal: Apakah boleh kaum laki-laki telanjang (setengah badan) pada acara berkabung atas syahadah Imam Husein As yang juga dihadiri oleh kaum wanita? Jawab: Imam Khomeini, Ayatullah Fadhil Langkarani: kalau tidak menimbulkan mafsadah dan kerusakan, maka tidak apa-apa dan bagi kaum wanita harus menghindari dari melihat badan laki-laki yang bukan muhrimnya.[11] Ayatullah Makarim Syirazi: kaum laki-laki harus menghindari perbuatan ini (ihtiyat wajib; wajib berhati-hati).[12] Ayatullah Tabrizi: tidak apa-apa.[13] Ayatullah Shafi Gulpaigani: kalau tidak dilihat atau tidak Nampak oleh penglihatan kaum wanita, maka tidak apa-apa.[14] Ayatullah Bahjat: berdasarkan ihtiyat wajib, kaum laki-laki harus menutup badan mereka dari pandangan yang bukan muhrim.[15] Soal: Apa hukum menggunakan rantai-rantai kecil yang disertai dengan paku atau benda tajam lain untuk memukul-memukul badan ketika berkabung atas syahadah Imam Husein As? Jawab: Imam Khomeini, Ayatullah Ali Khemenei, Ayatullah Tabrizi, Ayatullah Makarim Syirazi dan Ayatullah Fadhil Langkarani: kalau menggunakan rantai-rantai seperti yang disebutkan diatas dapat menyebabkan masyarakat memandang agama atau mazhab itu negative dan juga dapat membahayakan badan, maka hukumnya tidak boleh.[16] Ayatullah Shafi Gulpaigani: kalau mudharat yang ditimbulkannya tidak begitu berarti, maka dalam berkabung atas syahadah Imam Husein As itu tidak apa-apa.[17] Ayatullah Nuri Hamadani: Berkabung atas syahadah Imam Husein As pada tataran yang sesuai dengan tradisi dan sunnah di kalangan kaum Syi’ah, maka hukumnya tidak apa-apa.[18] Soal: Apakah acara seperti pelantunan syair-syair ratapan dan juga syair-syair pujian (untuk Ahlulbait As) yang dilakukan oleh kalangan kaum wanita dan juga dengan menggunakan mikropone yang suaranya terdengar oleh kaum laki-laki itu dibolehkan? Jawab: Mayoritas maraji’: Kalau suara mereka itu bisa merangsang, menggairahkan syahwat, maka tidak boleh.[19] Ayatullah Makarim Syirazi: Tidak boleh.[20] Soal: Bermasalahkah jika perbuatan-perbuatan berikut ini dilakukan pada bulan Muharram, seperti memukul-mukul badan dengan sebuah alat (semisal alat yang terbuat dari rantai-rantai kecil) dan juga mewarnai rambut serta berhias bagi kaum wanita? Jawab: Seluruh Maraji’: Kalau perbuatan-perbuatan yang disebutkan diatas tidak disertai dengan maksiat dan juga tidak menimbulkan adanya pelecehan atas hari-hari berkabung pemimpin para syahid, Imam Husein As, maka hukumnya tidak apa-apa. Akan tetapi, seyogyanyalah sebagai seorang muslim yang taat senantiasa berusaha untuk melakukan hal-hal seperti yang disebutkan di atas pada hari-hari atau bulan-bulan yang sesuai dengannya; karna Imam Shadiq As bersabda: “semoga Allah SWT senantiasa menurunkah rahmat-Nya untuk kaum Syi’ah yang mana mereka bergembira ketika kami berbahagia dan bersedih ketika kami berduka” dan selazimnyalah kita ikut berduka ketika para pemimpin kita dari Ahlulbait As sedang berkabung. Soal: Apa hukum melompat-lompat dan menepuk-nepuk dada ketika sedang mengikuti acara berkabung? Jawab: Ayatullah Ali Khemenei: Seyogyanya sebagai seorang mukmin untuk menghindari perbuatan atau sikap yang tidak cocok dengan majlis-majlis perkabungan Imam Husein As dan perbuatan yang disebutkan diatas apabila tidak menimbulkan melemahnya acara-acara berkabung dan belasungkawa, maka hukumnya tidak apa-apa.[21] Ayatollah Sistani: Tidak ada masalah.[22] Soal: Apa hukum memukul-mukul badan dengan sebuat alat (semisal rantai-rantai kecil) seperti yang sering dilakukan oleh sebagian kaum muslimin? Jawab: Ayatullah Ali Khemenei: kalau yang dilakukannya itu masih pada tataran tradisi (‘Urf) yang selayaknya dilakukan oleh seorang yang sedang berduka dan berkabung, maka hukumnya tidak apa-apa. Soal: Apa hukum memainkan dan meniup trompet dan seruling pada acara ta’ziah? Jawab: Imam Khomeini, Ayatullah Ali Khemenei, dan Ayatullah Fadhil Langkarani: menggunakan alat-alat music dalam rupa yang menghanyutkan dan melalaikan (baca; negative) serta sesuai dengan apa yang sering terjadi di dalam majlis-majlis kemaksiatan, maka hukumnya adalah haram.[23] Ayatullah Makarim Syirazi, Ayatullah Sistani, Ayatullah Tabrizi, Ayatullah Nuri Hamadani dan Ayatullah Wahid Khurasani: menggunakan alat-alat music dengan rupa dan bentuk yang menghanyutkan (baca; negative) dan sesuai dengan majlis-majlis kemaksiatan, maka hukumnya haram.[24] Ayatullah Bahjat dan Ayatullah Shafi Gulpaigani: iya, hal ini bermasalah (isykal).[25] Soal: Apa hukum menggunakan drumband pada acara-acara berkabung dan juga selainnya? Jawab: Mayoritas Maraji’: kalau penggunaannya sesuai dengan tradisi (‘Urf) dan juga tidak menghanyutkan (baca; negative), maka hukumnya tidak apa-apa.[26] Soal: Apa hukum menggunakan bendera atau umbul-umbul dan menyimpannya di dalam majlis-majlis atau memegangnya pada acara-acara berkabung syahadah Al Husein As? Jawab: Imam Khomeini, Ayatullah Tabrizi, Ayatullah Fadhil Langkarani, Ayatullah Makarim Syirazi, dan Ayatullah Sistani: tidak apa-apa dan tidak bermasalah.[27] Ayatullah Ali Khemenei: pada dasarnya tidak apa-apa atau tidak bermasalah, dengan catatan bahwa hal tersebut jangan diklasifikasikan sebagai bagian dari perkara agama.[28] Ayatullah Nuri Hamadani: menggunakannya sesuai dengan tradisi (‘Urf) tidak apa-apa dan tidak bermasalah.[29] Ayatullah Shafi Gulpaigani: membawa bendera dan umbul-umbul bisa dianggap sebagai syiar Islam dan hukumnya tidak apa-apa.[30] Soal: Apakah memakai pakaian hitam pada hari berkabung dan syahadah para Imam Ma’sum itu makruh? Jawab: Ayatullah Ali Khemenei: kemakruhannya itu tidak langgeng, bahkan kalau untuk memuliakan syi’ar-syi’ar (Islam) akan mendapat balasan pahala.[31] Ayatullah Bahjat: termasuk perbuatan baik, namun jangan sampai membuat orang lain keberatan atau mengganggu dan tidak menyenangkan.[32] Ayatullah Sistani: termasuk perbuatan dan amalan baik dan terpuji.[33] Ayatullah Fadhil Langkarani: memakai pakaian hitam pada hari syahadah Imam Husein As dan Imam-imam lainnya adalah hal yang dianjurkan dan dianggap baik oleh syariat karna termasuk cara untuk mengagungkan syi’ar Islam.[34] Ayatullah Shafi Gulpaigani, Ayatullah Nuri Hamadani: memakai pakaian hitam sebagai bukti keberkabungan atas syahadah Imam Husein As adalah termasuk perbuatan baik dan dianjurkan.[35] Soal: Apakah shalat dengan menggunakan pakaian hitam bagi yang sedang berkabung atas syahadah Al Husein As itu hukumnya makruh? Jawab: Ayatullah Shafi Gulpaigani: karna pakaian hitam itu adalah lambang dari orang-orang yang berkabung atas pemimpin para syuhada, Imam Husein As, dan berkabung untuk Imam Husein As adalah sesuatu yang sangat dianjurkan dan memiliki nilai-nilai kesempurnaan, maka memakai pakaian hitam untuk shalat itu hukumnya tidak makruh.[36] [] [1] . Imam Khomeini, Istiftaat, jilid 2, hal 28; Ayatullah Makarim Syirazi, Istiftaat-e jadid, jilid 1, hal 158. [2] . Imam Khomeini, Tahrir al Wasilah, jilid 1; dan kitab Jawaahir, jilid 7, hal 107. [3] . Imam, Istiftaat, jilid 3, pertanyaan-pertanyaan umum, soal ke 37; Ali Khemenei, Ajwibah al Istiftaat, soal ke 1461; Fadhil Langkarani, Jami’ al masaail, jilid 3, soal ke 1.217 [4] . Makarim, makaremshirazi.org, tentang “qame zani”. [5] . Nuri Hamadani, Istiftaat, jilid 2, soal ke 597. [6] .Ayatullah Tabrizi, istiftaat, soal ke 2003, 2012 dan 2014. [7] . kantor Ayatullah Shafi Gulpaigani. [8] . Ayatullah Bahjat, Istiftaat, jilid 4, soal ke 6.383. [9] . Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaail, jilid 1, soal ke 2176 dan 2177; Ayatullah Nuri Hamadani, Istiftaat, jilid 2, soal ke 599; dan seluruh kantor maraji’. [10] .Ayatullah Makarim Syirazi, www.makaremshirazi.org. [11] . Imam Khomeini, Istiftaat, jilid 3, pertanyaan-pertanyaan umum, soal ke 46; Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaail, jilid 1, soal ke 2163 dan 2165. [12] . Ayatullah Makarim Syirazi, Istiftaat, jilid 2, soal ke 765. [13] . Ayatullah Tabrizi, Istiftaat, soal ke 2004. [14] . Ayatullah Shafi Gulpaigani, Jaami’ al Ahkaam, jilid 2, soal ke 1597. [15] . Ayatullah Bahjat, Taudhihu al Masaail, masalah ke 1937. [16] .Imam Khomeini, Istiftaat, jilid 3, soal ke 34 dan 37; Ayatullah Ali Khemenei, Ajwibah al Istiftaat, soal ke 1441; Ayatullah Tabrizi,Istiftaat, soal ke 2003 dan 2012; Ayatullah Makarim, Istiftaat, jilid 1, soal ke 574; Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaail, jilid 1, soal ke 2162, 2166 dan 2173. [17] . Ayatullah Shafi, Jaami’ al Ahkaam, jilid 2, soal ke 1594. [18] . Ayatullah Nuri Hamadani, Istiftaat, jilid 1, soal ke 1063 dan jilid 2, soal ke 601. [19] . Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaai’, jilid 2 soal ke 2182; Ayatullah Shafi Gulpaigani, Jaami’ al Ahkaam, jilid 2, soal ke 1681; Ayatullah Ali Khemenei, Ajwibah al Istiftaat, soal ke 1145; Ayatullah Nuri Hamadhani, Istiftaat, jilid 2, soal ke 545; Imam Khomeini, Istiftaat, jilid 3 (Ahkaam-e Nazhar), 57 dan 65; Ayatullah Tabrizi, Istiftaat, soal ke 1058; kantor Ayatullah Wahid Khurasani, Ayatullah Sistani dan Ayatullah Bahjat. [20]. Ayatullah Makarim Syirazi, Istiftaat, jilid 2 soal ke 764 dan jilid 1, soal ke 785. [21] . fatwa ini diambil langsung dari kantor perwakilan Rahbar. [22] . www.sistani.org (pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawabannya), soal ke 3. [23] . Imam Khomeini, Istiftaat, jilid 2 (makaasib muharranah), soal ke 45; Ayatullah Ali Khemenei, Ajwibah al Istiftaat, soal ke 1161; Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaail, jilid 1, soal ke 988 dan 2176. [24] . Ayatullah Makarim Syirazi, Istiftaat, jilid 1, soal ke 516 dan 521; Ayatullah Nuri Hamadani, Istiftaat, jilid 2, soal ke 571; Ayatullah Tabrizi, Istiftaat, soal ke 2019; Ayatullah Sistani, www.sistani.org, (tentang music), soal ke 24; dan kantor Ayatullah Wahid Khurasani. [25] . Ayatullah Shafi Gulpaigani, Taudhih al Masaail, soal ke 2833 dan Kantor Ayatullah Bahjat. [26] Imam Khomeini, Istiftaat, jilid 2 (Makaasib Muharramah), soal ke 27 dan 36; Ayatullah Ali Khemenei, Istiftaat, Ajwibah al Istiftaat, soal ke 1441; Ayatullah Makarim Syirazi, Istiftaat, jilid 1, soal ke 516; Ayatullah Nuri Hamadani, Istiftaat, jilid 2, soal ke 604 dan 596 dan jilid 1, soal ke 448; Ayatullah Tabrizi, Istiftaat, soal ke 2009 dan Shiraat an Najaah, jilid 6, soal ke 1477; Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaail, jilid 1, soal ke 2174. [27] . Imam Khomeini, Istiftaat, jilid 2 (Makaasib Muharramah), soal ke 72; Ayatullah Tabrizi, Istiftaat, soal ke 2007; Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaail, jilid 1, soal ke 2174; Ayatullah Makarim Syirazi, Istiftaat, jilid 1, soal ke 579; Ayatullah Sistani, www.sistani.org (syi’ar agama), soal ke 6. [28] . Ayatullah Ali Khemenei, Ajwibah al Istiftaat, soal ke 1444. [29] . Ayatullah Nuri Hamadani, Istiftaat, jilid 2, soal ke 598 dan 604. [30] . Ayatullah Shafi Gulpaigani, Jaami’ al Ahkaam, jilid 2, soal ke 1595. [31] . www.leader.ir, (purshehay-e mutadavel; pertanyaan-pertanyaan umum), bagian azadari (belasungkawa). [32] . Ayatullah Bahjat, Istiftaat, jilid 4, soal ke 6381. [33] . www.sistani.org (pertanyaan-pertanyaan dan jawaban-jawabannya), soal ke 8. [34] . Ayatullah Fadhil Langkarani, Jaami’ al Masaail, jilid 1, hal 621, soal ke 2170. [35] . Ayatullah Shafi Gulpaigani, Jaami’ al Ahkaam, jilid 2, hal 130, soal ke 1590; Ayatullah Nuri Hamadani, 1001 masalah, jilid 2, hal 180, soal ke 602. [36] . Ayatullah Shafi Gulpaigani, Jaami’ al Ahkaam, jilid 2, hal 130, soal ke 1591. |
*****
Memukul Mukul Diri Hingga Berdarah Darah Pada Hari Asyura HUKUMNYA HARAM Menurut Ulama Syi’ah Imamiyah !!! Kenapa masih terjadi juga ??? Itu cuma adat budaya.
Seorang kanak-kanak melakukan Tatbir .
Salam dan Solawat.
Assalamuala Hussain, wa ‘ala auladil Hussain, wa ‘ala ashabil Hussain.
Seperti biasa, apabila tibanya Muharram, puak-puak Wahabi akan memulakan propaganda mereka untuk menyerang amalan Azadari, iaitu peringatan syahadah Imam Hussain. Azadari merupakan tonggak kekuatan kerohanian seorang Syiah kepada Ahlulbait(as), maka sudah pasti para musuh akan mencuba sedaya upaya dalam memesongkannya. Salah satu amalan yang paling digunakan sebagai senjata oleh geng-geng Wahabi ialah amalan Qama Zani iaitu memukul diri dengan rantai atau pisau sehingga keluar darah.
Berikut ialah beberapa pendapat ulama Syiah silam dan yang sekarang tentang amalan ini.
Ulama silam:
Ayatullah al-Uzma Sayed Muhsin Hakim: Qamezani (pisau yang dipukul pada badan) bukanlah amalan beragama dan mustahab. Amalan ini memberi kesan buruk kepada Islam, umatnya dan Ahlul Bait (as).
Ayatullah al-Uzma Sayed Abul Qasim al-Khui: Tidak ada sebarang dalil Syar’i yang membolehkan Qamezani; tidak ada jalan yang menghukumkan amalan itu sebagai mustahab.
Ayatullah al-Uzma Sayed Abul Hasan Esfahani: Penggunaan pisau, gendang, rantai dan Bouq (sejenis trompet dari tanduk) adalah haram dan bukan dari Syariat Islam.
Ayatullah al-Uzma Sayed Muhsin Amin Jabal ‘Amili: Qamezani dan apa saja peralatan sambutan Asyura sepertinya adalah haram menurut hukum akal dan Syarak. Mencederakan kepala bukan sahaja tidak memberi manfaat di dunia dan pahala di akhirat, bahkan ia menyakiti jiwa serta haram menurut hukum syarak. Amalan ini juga menyebabkan Syiah dan Ahlul Bait diejek oleh orang ramai. Mereka akan menganggap amalan ini sebagai ganas. Tiada syak lagi bahawa amalan ini berasal dari bisikan Syaitan dan tidak mendatangkan keredaan Allah, Rasulnya dan Ahlul Bait.
Ayatullah al-Uzma As-Syahid Sayed Muhammad Baqir Sadr: Amalan ini adalah pekerjaan insan yang jahil dan para ulama sentiasa menghalang dan mengharamkannya.
Ayatullah al-Uzma Fadhil Lankarani: Masalah Qamezani bukan sahaja tidak mendatangkan lebih banyak kesedihan dan kecintaan terhadap Imam Husain (as) dan matlamat suci beliau. Namun ia tidak diterima, bahkan ia memberikan natijah yang buruk dalam pandangan rasional.
Ayatullah al-Uzma Shalehi Mazandarani: Dalam sumber Fiqh, Qamezani sama sekali tidak memberikan sebarang faedah dalam Azadari Imam Husain (as).
Ayatullah As-Syahid Murtadha Mutahhari: Upacara ini meniru budaya Kristian Ortodok Caucasus.
Ayatullah Muhammad Jawad Mughniah: Upacara ini tidak sesuai dan Bid’ah menurut agama dan Mazhab.
Ayatullah Musykini: Perkara ini menimbulkan masalah menurut Syariat Islam. Bahkan ia mengandungi unsur-unsur haram dan umat Islam tidak boleh sekali-kali memasukkannya sebagai ibadah dalam berdukacita atas Imam Husain (as).
Ulama di zaman ini:
Ayatullah al-Uzma Sayed Ali Khamenei: Qamezani adalah budaya yang direka; dan sama sekali tidak berkaitan dengan agama. tiada syak lagi, Allah tidak meridhainya.
Ketika Komunis menakluki rantau Azerbaijan-Soviet dahulu, semua kesan-kesan Islam di sana telah dihapuskan seperti masjid telah ditukar kepada gudang. Dewan dan Husainiyah ditukar menjadi gedung lain dan tidak ada sebarang tanda agama Islam dan Syiah yang berbekas; kecuali Qamezani sahaja yang dibenarkan…. mengapa? Ini adalah cara mereka memerangi agama Islam dan Syiah. Kadang-kadang musuh menggunakan alasan seperti ini untuk menentang agama. Setiap unsur khurafat diketengahkan supaya kemurnian Islam tercemar.
Ayatullah al-Uzma Jawadi Amili: Tidak dibenarkan melakukan perkara yang boleh menyebabkan Islam dihina dan kehormatan Islam direndahkan; Qamezani dan amalan seperti itu hendaklah dijauhi.
Ayatullah Makarim Syirazi: Metodologi Azadari hendakkah tidak memberi sebarang kesempatan kepada musuh Islam dan menyebabkan penyalahgunaannya. Hendaklah acara besar ini tidak diperkecilkankan dan menyebabkan penghinaan kepada mazhab. Memukul badan dengan pisau atau rantai tajam hendaklah dijauhi.
Ayatullah al-Uzma Mazaheri Esfahani: Memukul badan dengan pisau dan seumpanya adalah haram.
Ayatullah al-Uzma Sayed Kazim Haeri: Perkara khurafat seperti Qamezani menyebabkan Islam dan Syiah mendapat nama buruk.
Ayatullah Nuri Hamdani: Peserta Azadari hendaklah sentiasa menyedari keburukan Qamezani di mana pihak musuh sentiasa memikirkan cara menjajah dan melemahkan umat Islam serta mencetuskan bahaya dari dalam. Semoga Allah membantu umat Islam.
Ayatullah al-Uzma Syaikh Muhammad Yaqubi: Tidak boleh melakukan sebarang kerja yang tidak berakal, membahayakan diri, menyebabkan penghinaan terhadap agama dan Maktab Ahlul Bait (as)… Oleh itu wajiblah kita menjauhi amalan-amalan seperti Qamezani atau yang mencederakan tubuh dengan alat-alat tajam.
Ayatullah Muhammad Mahdi Asfahi: Amalan-amalan ini memberi kesan negatif dalam penyampaian pesanan Asyura kepada orang ramai dan ia menyebabkan acara Husaini diremehkan.
Memang ada ulama yang membenarkannya, tetapi dengan syarat ia diyakini tidak membawa mudharat kepada pelakunya. Tetapi secara logiknya sudah pasti tindakan ini akan membawa kemudharatannya. Malah para ulama ini sendiri tidak melakukannya.
Kesimpulan:
Kepada Wahabi, cukuplah dengan propaganda kamu, ajaran kami tidak pernah membenarkan amalan-amalan ini, maka berhentilah. TIdak perlu lagi menabur fitnah, apabila sudah terang lagi bersuluh, nanti nampak macam orang bodoh.
Kepada saudara Syiah yang masih lagi berkeras untuk melaksanakan Qama Zani, kami tidak menghalang apa yang kamu nak buat, kerana kami tahu, kalian semua ikhlas melakukannya kerana ingin merasai kesakitan yang dirasai Imam Hussain(as). Tetapi ingatlah, amalan ini jika ada pun kebaikannya, akal yang logik lagi sihat akan segera mengetahui keburukannya adalah jauh lebih banyak kepada diri, masyarakat dan agama kita.
————————————————————— Ritual Asyura dan Budaya Rakyat Iran. |
Agama merupakan institusi tertua dan paling kokoh yang senantiasa
menjadi perhatian dan obyek riset para ilmuwan serta para sosiolog.
Dewasa ini agama berupaya menjelaskan sebab munculnya agama dan
kinerjanya demi menjelaskan fenomena keberadaan agama. Sementara itu,
ilmu sosiologi mencantumkan kajian sebab keberlangsungan agama dan
ritualnya serta perannya dalam sejarah kehidupan manusia dalam
kurikulumnya. Menurut pendapat mayoritas pakar sosiologi munculnya agama
dan mazhab mencerminkan urgensitas nilai-nilai sakral di dunia.
Nilai-nilai tersebut akhirnya membentuk akidah dan ritual keagamaan. Akidah dan aktivitas kolektif keagamaan mempersatukan setiap pemeluk agama dalam sebuah komunitas maknawi serta menentukan arah mana yang harus mereka tempuh. Dengan kata lain, setiap agama memiliki ritual dan slogan khusus yang dijalankan setiap pemeluknya. Di antara keistimewaan ritual keagamaan adalah memperkokoh kesadaran dan rasa kebersamaan di antara masyarakat. Dalam ritual-ritual tersebut idiologi masyarakat akan terarah ke hal-hal maknawi. Ritual-ritual duka termasuk hal yang dapat menyatukan dan meningkatkan persatuan sosial pengikut suatu agama. Ritual duka adalah sebuah refleksi dari tuntutan dan idiologi manusia. Dan di sisi lain, mereka mampu memanfaatkan ritual tersebut untuk memperbaiki pola hidup, harapan serta menyuarakan tuntutannya. Bangsa Iran sejak zaman dahulu meyakini hari akhir dan kehidupan manusia setelah mati. Mereka kerap menyelenggarakan acara untuk meminta ampun bagi yang telah meninggal dunia. Memberikan penghormatan serta menyebutkan kebaikan orang yang telah meninggal termasuk bagian dari adat masyarakat Iran. Masuknya Islam ke Iran yang disusul dengan berbagai peristiwa penting di abad permulaan Islam termasuk tragedi Karbala pada tahun 61 H sangat berpengaruh pada kehidupan bangsa Iran. Syahidnya Imam Husein as dan pengikutnya di padang Karbala serta kebuasan Yazid dan tentaranya dalam tragedi tersebut menjadi catatan sejarah kelam di dunia Islam. Yang sangat menyentuh hati dalam tragedi ini adalah syahidnya cucu Rasulullah Saww dalam tempo yang relatif pendek pasca meninggalnya Nabi Muhammad yaitu sekitar 50 tahun. Tragedi ini terjadi dan didalangi oleh mereka yang mengaku muslim, namun setiap perbuatannya tidak mencerminkan ajaran Islam itu sendiri. Ritual duka untuk pemimpin agama termasuk indikasi kecintaan masyarakat Iran terhadap Islam. Puncak kecintaan ini tercermin jelas dalam peringatan tragedi Asyura. Pada awalnya ritual ini tidak terlalu populer, namun di saat Mu’izz al-Daula Dailami menjadi pemimpin Iran pada tahun 353 H/ 963 M acara duka untuk Imam Husein ini menjadi kian populer. Selanjutnya, setiap tahun pada hari Asyura masyarakat Iran berkumpul dan bersama-sama merefleksikan kesedihan mereka atas syahidnya cucu Rasul di Karbala. Pada hari tersebut pasar-pasar libur sehingga jual-beli pun sementara diliburkan. Rakyat memakai baju hitam sebagai simbol berkabung dan mengikat kepala mereka dengan kain hitam pula. Tak hanya itu, mereka juga memukul dada sebagai ungkapan duka atas syahidnya Imam Husein di Karbala. Di abad delapan hijriah atau bertepatan dengan abad 14 Masehi, Molla Hosein Waid Kashifi menulis kitab Raudah Asyuhada yang menceritakan peristiwa di Karbala. Selanjutnya dalam setiap acara Asyura kitab ini dibaca dan hasilnya mereka yang hadir dalam majlis ini sangat terpengaruh. Di masa kekuasaan Dinasti Safawiyah, mazhab Syiah dikukuhkan sebagai mazhab resmi. Dengan demikian acara Asyura memasuki tahap baru dan digelar besar-besaran. Sejak saat itu, acara ini kian tersebar luas di seluruh Iran. Di zaman itu pula pemanfaatan lukisan dan musik religius sudah tak asing lagi. Lebih dari itu, tragedi Karbala juga dikemas dalam pagelaran dan sandiwara yang dikenal Ta’ziah. Oleh karena itu, seni Asyura di Iran bangkit dari budaya tradisional rakyat negara ini. Penggemasan ritual keagamaan dalam seni tradisional memunculkan hal-hal menonjol yang berhasil menjaga semangat religi masyarakat dan seni tradisional Iran. Di sisi lain, seni Iran kian maju dan terkenal. Ritual Asyura di bulan Muharram penuh dengan simbol yang falsafahnya dapat dikaji dari kebangkitan Asyura itu sendiri. Simbol-simbol ini dapat ditemui dari peralatan yang digunakan dalam acara tersebut seperti musik dan lukisan. Ritual yang kerap dilakukan para peserta acara duka Asyura adalah berkeliling bersama di jalan-jalan sambil memukul dada. Sebagian rakyat menyebut iring-iringan tersebut sebagai simbol persatuan. Mereka memakai atribut khusus dan bergerak di bawah satu bendera sambil mengumandangkan bait-bait syair. Mereka juga membawa bendera dan atribut lainnya yang menceritakan kecintaannya terhadap Imam Husein as. Beberapa malam pasca Asyura tradisi berjalan bersama terus berlangsung. Namun pada hari-hari tersebut mereka tidak lagi membawa bendera dan sebagai gantinya mereka membawa lilin. Sejatinya ritual ini ditujukan untuk mengingatkan tragedi Asyura dan mengungkapkan simpati mereka kepada keluarga Imam Husein as. Air menjadi simbol utama dalam ritual ini. Air sungai Furat pada saat tragedi Karbala telah dikuasai tentara Yazid dan keluarga Imam tidak diizinkan untuk mengambil air tersebut. Air mengingatkan Sungai Furat dan kehausan Imam, keluarga serta pengikutnya. Oleh karena itu, kita menyaksikan pada saat ritual tersebut banyak disediakan minuman bagi para peserta. Di masyarakat pedesaan Iran juga berlaku kebiasaan unik saat hari Asyura, yaitu para petani membiarkan aliran air sehingga menggenangi lahan dan tanah sebagai bentuk pengingatan atas kehausan yang dirasakan keluarga Imam Husein di Karbala. Setelah hari Asyura masyarakat Iran membawa lilin ke tempat-tempat suci dan jalan-jalan untuk mengingat para syuhada dan mereka yang tersisa dalam tragedi Asyura. Di acara Asyura masyarakat Iran memanfaatkan warna, puisi, musik dan seni tradisional yang mereka miliki. Warna memiliki tempat tersendiri dalam acara Asyura. Warna hitam menjadi simbol bulan Muharram. Tak hanya itu, menghias tempat-tempat suci dengan kain hitam dan tulisan yang didominasi warna hitam di jalan-jalan juga menjadi tanda tibanya bulan Muharram. Penggunaan warna berbeda dalam acara Asyura dan pentas di hari tersebut dimaksudkan untuk membedakan antara kebenaran dan kebatilan. Selain itu, musik yang digunakan dalam ritual Asyura sesuai dengan acara duka masyarakat Iran. Setiap pembacaan puisi dan syair selalu diiringi dengan musik dan dibantu mereka yang hadir dalam majlis. Meski syair tersebut menggunakan bahasa sehari-hari, namun bersumber dari ajaran agama. Akhirnya dapat kita ambil kesimpulan bahwa ritual Asyura di Iran telah bercampur dengan budaya lokal sehingga menelurkan beragam ritual lainnya. Latar belakang dan proses terbentuknya tradisi rakyat Iran di bulan Muharram sangat panjang. Oleh karena itu para ilmuwan hingga kini terus mengkhususkan pembahasan ini dan berupaya menyelidiki sisi-sisi lain ritual tersebut. Dalam beberapa hari lalu digelar konferensi yang bertema Ritual Asyura di Tehran. Para ilmuwan dan ulama menyerahkan makalah ilmiahnya soal ritual Asyura. Selain itu, mereka selama sepekan penuh berdiskusi soal pentas jalanan di hari Asyura, majlis duka dan pengaruh acara ini dalam teater modern Iran. |
Semoga kita dapat menghayati mesej Asyura yang sebenar. Salam ‘alaikum.
******
Keinginan memberi pendapat tentang hal ini sebenarnya sudah lama, namun sempat terhenti ketika tahu sudah banyak ikhwan yang menjelaskan perihal melukai diri sampai berdarah-darah di hari Asyura. Tapi kembali tergerak untuk “ikut campur” ketika seorang teman karib bertanya:
Sebenarnya saya cukup heran, karena yang saya tahu peristiwa Asyura di Iran pada tahun ini malah diwarnai demonstrasi politik. Karena sekarang masih bulan Muharam dan merasa wajib untuk menjawab kalau ditanya, sekaligus memberi informasi tambahan bagi yang selama ini salah paham.
Gambar seperti di samping ini dan semacamnya menjadi alat ampuh untuk menyerang mazhab Syiah ahlulbait. Di beberapa situs shiaphobia yang
menyediakan galeri foto, bisa dipastikan gambar seperti ini ada dan
diberi judul “Bukti Kesesatan Syiah”. Orang awam atau yang sekedar
melihat langsung heran, jijik dan ikut mencapnya sebagai kelompok sesat.
Ini sebabnya Ayatullah Khamenei mengatakan, “Ketika Komunis menguasai Azerbaijan di masa Uni Soviet, mereka berusaha memusnahkan segala warisan Islam. Mereka menjadikan masjid sebagai gudang, sehingga tidak ada bekas mengenai Islam dan Syiah. Hanya satu hal yang mereka perbolehkan dan itu adalah qameh zani[perbuatan melukai diri saat Asyura]. Para petinggi Komunis memerintahkan anak buahnya agar melarang orang-orang muslim melakukan salat berjemaah atau membaca Alquran, tapi diperbolehkan melakukan qameh zani. Karena qameh zani bagi mereka adalah alat propaganda anti-agama dan anti-Syiah.”.
Sebenarnya, apa yang dilakukan sebagian kecil pengikut Syiah (biasanya di Irak atau Pakistan) dengan melukai tubuh sama sekali bukan bagian dari agama. Perbuatan semacam itu bisa terjadi karena beberapa hal.
Pertama, luapan emosi yang berlebihan. Saya pikir bagi Anda yang pernah membaca kisah sejarah pembantaian Karbala bisa “memaklumi”. Ketika mereka berada dalam acara peringatan atas pembunuhan keluarga Nabi, ketika mereka ingat dengan kepala cucu Nabi yang dipenggal—innalillah, maka perasaan mereka jadi panas dan mendidih.
Sebagai contoh, ketika kabar meninggalnya Gamal Abdul Nasir, mantan presiden Mesir, sampai ke para pengagumnya terjadi lebih dari delapan kasus bunuh diri serta banyak yang luka. Itu semua lantaran perasaan sedih yang menguasai diri. Atau kita juga pernah melihat di televisi ketika seorang fans menyaksikan artis kesayangannya berada di panggung, ia bisa saja sampai pingsan.
Kedua, lantara pengaruh budaya. Konon tradisi melukai diri ini berasal dari Kufah, sebuah kota yang beberapa penduduknya melakukan pengkhianatan atas Sayidina Husain. Kemudian sampai setelah peristiwa Karbala, penduduknya merasa menyesal atas apa yang dilakukan oleh nenek moyang mereka dan menyesal karena tidak bisa membantu Sayidina Husain.
Itu sebabnya ulama seperti Ayatullah Baqir Ash-Shadr mengatakan, “Sesungguhnya pemandangan yang Anda lihat seperti memukul tubuh dan mengeluarkan darah adalah perbuatan orang-orang awam karena ketidaktahuan mereka. Tidak seorang pun dari ulama yang melakukan hal itu, bahkan mereka sudah sering menasehati dan melarangnya.” Pendapat serupa juga diyakini oleh ulama besar Syiah seperti Ayatullah Khamenei dan Ayatullah Hussein Fadhlullah.
Kita pun tahu bahwa Rasulullah saw. adalah orang pertama yang diberi kabar oleh Jibril as. tentang terbunuhnya cucu beliau di Karbala. Beliau adalah orang yang paling cinta kepada Sayidina Husain, tapi kita tidak menemukan riwayat mengenai melukai diri. Begitu juga Rasulullah telah kehilangan putranya, Ibrahim, istrinya tercinta, Khadijah, dan pamannya terhormat, Abu Thalib.
Begitu juga ketika wafatnya Rasulullah saw., kita tidak menemui riwayat Sayidina Ali, Sayidina Hasan, atau Sayidina Husain yang melakukan perbuatan berlebihan bahkan melukai diri. Kita juga tidak menemukan riwayat melukai diri hingga berdarah dari Maulana Ali Zainal Abidin padahal beliau menyaksikan sendiri ayahnya dibunuh di gurun Karbala.
Justru kita mengingat pesan Sayidina Husain kepada keluarganya sebelum maju ke medan perang, “Wahai adik-adikku, engkau Ummu Kultsum, Zainab, Ruqayah, Fatimah, dan engkau Rubab, ingatlah kata-kataku. Jika aku terbunuh nanti, jangan sekali-kali kalian robek pakaian kalian sendiri. Jangan pula memukuli wajah atau berkata yang tidak semestinya…”
Untuk itulah, kami tidak mengikuti apa yang dilakukan orang-orang awam dengan melukai diri. Tapi kami menghidupkan peringatan Asyura dengan pembacaan kisah duka ahlulbait, dengan penuh kesedihan dan tangisan, agar hati “meneteskan” air mata, tunduk dan khusyuk berzikir kepada Allah, demi kebenaran, dan berjanji kepada Allah untuk meneruskan jalan Al-Husain, yang merupakan jalan Rasulullah dan ahlulbaitnya as.
Tapi apa boleh buat. Orang-orang yang kehabisan kata dan hujah akan menggunakan fitnah sebagai alatnya, khususnya fitnah gambar. Wallahualam.
Sumber:
1. http://www.abna.ir/indonesian/
2. http://kabarislamia.com/
3. http://ahlulbaitnabisaw.blogspot.com/
4. dan sumber lainnya.
Salam damai.
Post a Comment
mohon gunakan email