Pesan Rahbar

Home » » Perkembangan Menarik, Saudi Mengangkat Menteri Syi'ah

Perkembangan Menarik, Saudi Mengangkat Menteri Syi'ah

Written By Unknown on Saturday 5 July 2014 | 16:59:00

01 Jul 2014 | 07:27



Sumber: Menteri Syiah pertama di Saudi Arabia - http://islamion.com/

Sebuah perkembangan menarik terjadi dari Saudi. Untuk pertama kalinya pemerintah Saudi menunjuk seorang menteri dari kalangan muslim Syiah. Dr. Mohammed Abu Saq, seorang muslim Syiah diangkat menjadi Menteri Negara Urusan Dewan Permusyawaratan Negara menggantikan Dr. Saud Al Mathami. Hampir bersamaan dengan itu, Raja Saudi memecat Khalid bin Bandar bin Sultan dari jabatan Wakil Menteri Pertahanan.

Keberhasilan Dr. Mohammed Abu Saq mengelola kawasan daerah timur dan selatan Saudi ini mengantarkannya pada kedudukan yang lebih tinggi.  Daerah selatan (Najran) memang merupakan daerah dengan penduduk Syiah yang banyak . Tugas baru yang diemban jendral bintang dua ini termasuk sangat vital karena berhubungan dengan reformasi di bidang Majlis Syura.

Hubungan syiah dan pemerintah Saudi memang tidak begitu bagus. Selama ini kaum muslim Syiah di Saudi sering mendapatkan perlakuan tidak adil.  Menurut Mehr Agency News yang dikutip dari situs Islam Times, Menteri Luar Negeri Saudi pernah mengeluarkan ancaman akan membantai kaum muslim Syiah di Saudi.

Penunjukan yang  bersejarah ini tentunya sangat menggembirakan dan menjadi sebuah harapan akan hubungan baru antar sesama pemeluk Islam yang lebih toleran dan sejuk.

Sumber :

1. Adenhurra

2. Islamion.com

3. SatuIslam.org
 
4. kompasiana.com

Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: