Pesan Rahbar

Home » , , , » Setelah Anak Lahir

Setelah Anak Lahir

Written By Unknown on Tuesday, 29 July 2014 | 10:52:00







Yang kami maksud ini adalah hari-haripertama kelahiran anak dan lingkungan sosial pertama baginya. Periode inisangat berpengaruh dalam pembentukan jasmani, perkembangan nalar, dankemam-puan sosialisasi sang anak. Keseimbangan mental dan kematangan sikap anakdi masa mendatang juga tergantung pada periode ini. Karena itu, konsep Islammemberikan perhatian ekstra kepada anak sejak hari-hari pertama kelahirannyadengan mengajarkan orang tua untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Acara Syukuran

Acara syukuran ini diadakan antara hari pertamakelahiran anak hingga hari ketujuh, demi menjaga kesehatan dan keselamatanlahir-batin sang bayi. Acara pertama yang harus dilaksanakan oleh orang tuaanak adalah memperdengarkan nama AllahSWT ditelinga anak. Imam Ja’far bin Muhammad Shadiq a.s. berkata:

قال رسولالله صلى اللهعليه وآلهوسلّم : من ولدله مولودفليؤذن فيأذنه اليمنىبأذان الصلاة, وليقم فياليسرى فإنهاعصمة منالشيطان الرجيم

Artinya: Rasulullah SAWW bersabda, “Jikaseseorang diberi anugerah anak oleh Allah SWT, hendaknya ia mengumandangkan suaraazan di telinga kanan anaknya itu dan iqamah di telinga kirinya karena haltersebut dapat menjauhkannya dari bisikan dan godaan syetan yang terkutuk. [1]

Dalam banyak kesempatan Rasulullah berpesan kepadaImam Ali a.s. untuk membaca azan dan iqamah di telinga anak yangdilahirkan. Ini menunjukkan betapa masalah ini merupakan masalah yang pentingdan serius. Beliau SAWW bersabda:

يا علي إذاولد لك غلامأو جاريةفأذّن في أذنهاليمنى وأقمفي اليسرىفإنه لا يضرّهالشيطان أبدا

Artinya: Ya Ali, jika engkau dianugerahi anak,laki-laki atau perempuan, bacalah azan di telinga kanannya dan iqamah ditelinga kirinya, dengan demikian ia akan selamat dari godaan syetanselama-lamanya.[2]


Terjaganya anak dari godaan syetan berarti bahwa iaselamat dari penyimpangan terhadap nilai-nilai Islam. Pesan-pesan RasulullahSAWW tersebut, meskipun tidak pernah dibahas oleh pakar psikologi dan ilmupendidikan masa kini, sudah sepantasnya dipatuhi oleh umat Islam.

Acara kedua adalah acara pemberian nama. Islammengajarkan kepada kita untuk memberikan nama yang terbaik bagi putra dan putrikita. Sebaik-baik nama adalah Muhammad, nama Nabi Besar umat Islam. Imam Ja’farShadiq a.s. berkata:

لا يولد لناولد إلاّسمّيناهمحمدا فإذامضى لنا سبعةأيام فإن شئناغيّرنا وإنشئنا تركنا

Artinya:Tidak satupun anak laki-laki yang lahir di keluarga kami kecuali kamimenamakannya Muhammad. Setelah lewat tujuh hari, kami baru dapat mengganti namatersebut atau menetapkannya.[3] 

RasulullahSAWW dalam hadisnya menekankan hal ini. Beliau bersabda:

من ولد لهأربع أولاد لميسمّ أحدهمباسمي فقدجفاني

Artinya:Jika seseorang dikaruniai empat orang anak lelaki tetapi tidak menamakansatupun dari anak-anaknya itu dengan namaku, berarti dia telah membenciku.[4]

Para ImamSuci Ahlul Bait a.s. menganjurkan kaum muslimin untuk memberi anak-anak merekanama-nama seperti Abdur Rahman dan semua nama yang menunjukkan penghambaankepada Allah, Muhammad, Ahmad, Ali, Hasan, Husain, Ja’far, Thalib, Fathimah.[5] Sebaliknyamereka tidak menyenangi nama-nama seperti Hakam, Hakim, Khalid, Malik, Harits.[6]

Nama-namayang baik akan menyelamatkan anak dari ejekan teman-temannya. Dengan demikian,anak tidak akan merasa memiliki kekurangan dalam hal ini. Sebaliknya, nama-namayang jelek akan mengakibatkan hal-hal yang kurang baik.
Acarasyukuran selanjutnya yang dianjurkan dalam Islam adalah akikah, yaitumenyembelih kurban kambing atau binatang sembelihan lainnya demi keselamatananak dan mencukur habis rambut bayi. Imam Ja’far Shadiq a.s. berkata:

عقّعنه واحلقرأسه يومالسابعوتصدّق بوزن شعرهفضّة

Artinya: Berakikahlahdan cukur rambut anakmu itu pada hari ketujuh, lalu bersedekahlah perak seberatrambutnya.[7].

Akikahyang tidak lain adalah sedekah, dapat menolak bala’ dari sang anak danmenjaganya dari marabahaya. Selain itu, akikah juga meninggalkan kesantersendiri pada diri anak setelah ia dewasa nanti dengan mengetahui bahwa orangtuanya telah memberikan perhatian yang besar atas kelahirannya. Hal itu jugaakan membuat kenangan tersendiri bagi mereka yang mendapatkan bagian dagingakikah tersebut terhadap anak itu nantinya.

Salah satu acara syukuran lainnya yangdiperintahkan dalam agama Islam adalah mengkhitan anak laki-laki. Imam Ja’farShadiq a.s. berkata:

اختنواأولادكملسبعة أيامفإنه أطهروأسرع لنباتاللحم ...

Artinya: Khitanlah anak kalian pada hariketujuh, karena hal itu lebih bersih untuknya dan mempercepat tumbuhnya daging.[8]

2. Perhatian terhadap ASI.

Susu merupakan makanan terpentingdan sumber kehidupan satu-satunya bagi bayi di bulan-bulan pertama usianya.Susu terbaik untuk anak adalah air susu ibu karena dengan menyusui terjadilahkontak cinta dan kasih sayang antara ibu dan anak. Ibu adalah orang yang palingmampu memberikan cinta dan kehangatan yang sesungguhnya kepada anak dengannaluri keibuannya yang diberikan Allah kepadanya.

“Ibulah yang dapat memenuhi kebutuhan cinta dan kasih sayangyang didambakan anak sejak hari-hari pertama masa menyusui”.[9]
“Dengan menyusui, hubungan cinta dan kasih sayang antara ibu dananak akan semakin erat dan akan membuat anak merasa tenang dan aman”.[10]
Riwayat-riwayat Ahlul Bait a.s.dan wejangan-wejangan yang mereka berikan kepada umat Islam banyak menekankankeutamaan air susu ibu bagi anak. Imam Amirul Mu’minin Ali a.s. berkata:

ما منلبن يرضع بهالصبي أعظمبركة عليه منلبن أمّه

Artinya: Tidak ada air susu yang lebih berbarakah bagianak bayi dari air susu ibunya sendiri. [11]

Riset ilmiah telah membuktikan bahwa ASI merupakan makananterbaik bagi bayi. Selain itu, dengan menyusui anak akan merasa aman dan tenangberada di dalam pelukan ibunya. Pada saat-saat ketika praktek menyusui tidakmungkin dilakukan karena sedikitnya air susu ibu, atau karena ibu sedang sakit,atau ketiadaan ibu karena bercerai atau meninggal dunia, Ahlul Bait memerintahkanuntuk memilih ibu susu yang memiliki kriteria tertentu.      
Imam Ali bin Abi Thalib a.s. berkata:

انظروامن ترضعأولادكم فإنالولد يشبّعليه

Artinya: Hati-hatilah kalian dalam memilih ibu susuuntuk anak kalian karena air susu yang diminumnya akan mempengaruhi jalankehidupannya. [12].

Baik air susu maupun ibu yang menyusui berpengaruh padaperkembangan jasmani dan ruhani anak. Riset ilmiah yang dilakukan oleh paraahli pun membenarkan hal tersebut.
Ada beberapa kriteria bagi ibu susu yang dijelaskan olehpara imam suci Ahlul Bait a.s. Imam Muhammad Baqir a.s. berkata:

استرضعلولدك بلبنالحسان وإياكوالقباح فإناللبن قد يعدي

Artinya: Susukanlahanak kalian pada wanita yang cantik dan jangan kalian susukan kepada wanitayang buruk rupa karena air susu akan berpengaruh pada parasnya.[13].


Beliau juga mengatakan:

عليكمبالوضاء منالظؤرة فإناللبن يعدي

Artinya: Carilah ibu susu yang bersih dan cantikkarena air susu akan berpengaruh pada anak. [14]


Ada larangan dari Ahlul Bait a.s. untuk menyusukananak pada beberapa wanita, di antaranya wanita Majusi. Abdullah bin Hilalberkata, “Aku pernah bertanya kepada Imam Ja’far Shadiq a.s. tentang menyusukananak pada wanita Majusi. Beliau menjawab:

لا ,ولكن أهلالكتاب

Artinya: Jangan! Tapi susukanlah anakmu itu padawanita Ahlul Kitab. [15]


Kaum muslimin dapat memberikan anak mereka kepadawanita Ahlul Kitab (Yahudi atau Nasrani) untuk disusui dengan syarat merekaharus melarang wanita tersebut meminum minuman keras. Imam Ja’far Shadiq a.s.berkata:

إذاأرضعن لكمفامنعوهنّ منشرب الخمر

Artinya: Jika wanita Ahlul Kitab akan menyusuianakmu, pertama kali, laranglah ia dari minuman keras. [16]


Ali bin Ja’far berkata, “Aku pernah bertanya kepadaabangku, Imam Musa Kadzim a.s. tentang wanita Yahudi dan Nasrani yang menjadiibu susu padahal mereka meminum arak. Beliau menjawab:

امنعوهنّمن شرب الخمرما أرضعنّ لكم

Artinya: Selagi mereka menyusuianakmu, laranglah mereka meminum minuman keras. [17]

Imam Ja’far Shadiq a.s. melarangkita untuk menyusukan anak pada wanita pelacur dan wanita yang memiliki airsusu hasil dari perzinaan. Beliau berkata:

لاتسترضعها ولاابنتها

Artinya: Jangankau susukan anakmu pada wanita itu dan juga pada anaknya. [18]


ImamMuhammad Baqir a.s. berkata:

لبناليهوديةوالنصرانيةوالمجوسيةأحب إليّ منلبن ولد الزنا

Artinya: Airsusu wanita Yahudi, Nasrani, dan Majusi lebih aku sukai dari air susu anak zina.[19]


Hikmahdari larangan tersebut adalah karena air susu sangat berpengaruh pada kepribadiananak. Wanita pezina selalu hidup dalam keresahan hati dan ketidak-tenangan. Iaselalu dihantui oleh perasaan bersalah dan berdosa pada Tuhan sejak haripertama terbentuknya janin di rahimnya. Semenjak saat itu sampai ia melahirkan,perasaan yang tidak menentu selalu hadir di hatinya. Kondisi jiwa dan mentalseperti itu sangat berpengaruh pada kestabilan mental dan keseimbangan jiwaanaknya. Karena itulah, air susu anak hazil zina pun tidak baik bagi anak kita.

Dalam sebuah hadis di sebutkan bahwa Rasulullah SAWWmengingatkan kita untuk berhati-hati terhadap air susu wanita pelacur danwanita gila. Beliau bersabda:

توقواعلى أولادكممن لبنالبغيّةوالمجنونةفإن اللبنيعدي

Artinya:Jagalah anak kalian dari air susu wanita pezina dan wanita gila karena air susuakan meninggalkan kesannya pada anak tersebut. [20]

RasulullahSAWW juga bersabda:

لاتسترضعواالحمقاء فأنالولد يشبّعليه

Artinya: Jangan kalian susukananak kalian pada wanita yang dungu karena anak akan terpengaruh oleh airsusunya. [21]

Imam Muhammad Baqir a.s. berkata:

إنعليّا كانيقول :لاتسترضعواالحمقاء , فإن اللبنيغلب الطباع

Artinya: Imam Ali AS sering mengatakan, “Jangankalian susukan anak kalian pada wanita dungu, karena air susu akan mendominasitabiat sang anak.” [22]


Para pakar psikologi menekankan agar para ibuhendaknya dalam keadaan yang tenang saat menyusui, lalu menyentuh keninganaknya dengan lembut. Selain itu mereka menyebutkan bahwa ibu tidak bolehmemaksa anaknya untuk menghadap ke payudaranya, karena dikhawatirkan hal ituakan mengejutkan dan mem-bingungkan anak.[23]

Dalam konsep yangdiajarkan oleh Ahlul Bait a.s. disebutkan juga tata cara dan masa menyusui.Mereka menegaskan bahwa cara menyusui anak adalah dengan memberikan keduapayudara ibu ke pada anak secara bergantian dan masa menyusui hendaknya tidakkurang dari dua puluh satu bulan.

Imam Ja’far Shadiq a.s.kepada Ummu Ishaq binti Sulaiman mengatakan:

يا أم إسحاقلا ترضعيه منثدي واحدوأرضعيه منكليهما يكونأحدهما طعاماوالآخر شرابا

Artinya: Wahai UmmuIshaq, jangan kau susui anak dengan satu payudara saja. Susuilah dari keduanyasecara bergantian karena salah satu payudara mengeluarkan makanan bagi anak danlainnya mengeluarkan minuman untuknya. [24]


Dalam riwayat lain beliaujuga mengatakan:

الرضاعواحد وعشرونشهرا فما نقصفهو جور علىالصبي

Artinya: Masa menyusui adalah dua puluh satu bulan.Jika kurang dari masa ini berarti anak tersebut telah dizalimi haknya. [25].

Masa yang cukup panjang ini sangat baik bagi per-kembanganmental dan psikis anak karena masa menyusu adalahmasa yang sangat sensitif bagi anak dan masa yang membentuk kepribadiannya.Saat sang ibu mendekapnya, ia akan merasakan cinta dan kehangatan.

Mengenai halini Profesor Louis Cablan menegaskan, “Anak yang mendapatkan curahan kasihsayang yang cukup dari ibu pada tahun pertama dan kedua dari usianya akanselalu merasa aman. Pada umumnya anak seperti ini tidak akan merasa gelisahatau takut. Dengan mudah ia dapat beradaptasi saat menginjak usia tiga- empattahun. Anak yang selalu merasa aman memiliki kestabilan mental dan mudahbergaul dengan siapa saja dan bergabung dengan anak-anak seusianya”. [26]

Salah satu hal yang penting bagi anak di masa-masa sepertiini adalah nyanyian anak-anak, karena hal itu sangat membantu mempercepatkemampuan berbahasa dan perkembangan mentalnya di masa mendatang. FathimahZahra, putri kesayangan Rasulullah SAWW, sering membawakan nyanyian berikut iniuntuk anaknya Al-Hasan:

Wahai Hasan, contohlah ayahmu Ali
Uraikan tali yang membelenggu agama Ilahi
Sembahlah Tuhan Yang Maha Pemberi
Jangan kau turuti kaum pendengki
Untuk anaknya Al-Husain, beliau bersenandung,
Kau mirip ayahku, Nabi
Dan tak mirip ayahmu, Ali [27]

AhlulBait a.s. sangat menekankan pentingnya menjalin hubungan cinta dan kasih sayangantara ayah dan ibu dan menghindari segala sesuatu yang dapat menimbulkanpengaruh buruk terhadap kestabilan emosional keduanya secara khusus karenakondisi mental dan emosional mereka berhubungan langsung dengan kejiwaan anakdi masa menyusui. Ahlul Bait a.s. sering berpesan untuk memperhatikan menumakanan ibu yang sedang menyusui karena kuantitas dan kualitas air susubergantung kepada makanan yang ia makan. Dalam banyak hadis disebutkan bahwakurma adalah makanan terbaik bagi ibu menyusui. Rasulullah SAWW bersabda:

ليكنأوّل ما تأكلالنفساءالرطب

Artinya:Makanan pertama yang paling baik dimakan oleh wanita yang baru melahirkanadalah kurma ruthab.

Lalu ada yang bertanya, “YaRasulullah, kalau belum datang musim ruthab?” Beliau menjawab:

سبعتمرات من تمرالمدينة فإنلم يكن فسبعتمرات من تمرأمصاركم

Artinya: Tujuh butir kurmaMedinah. Jika tidak ada, tujuh butir kurma negeri kalian sendiri. [28]

Imam Ja’far Shadiq a.s. menganjurkan untukmemakan satu jenis kurma, yaitu kurma Barni. Beliau mengatakan:

اطعمواالبرنينسائكم فينفاسهن تحلمأولادكم

Artinya: Berilah isteri kalianyang baru melahirkan kurma Barni karena dapat membuat anak kalian berhatilembut.[29]

Riwayat yang lain menyebutkanbahwa beliau berkata:

اطعموانسائكم التمرالبرني فينفاسهن تجمّلواأولادكم

Artinya: Berilah isteri kalian yang baru melahirkankurma Barni karena dapat mempercantik paras anak kalian. [30]

Ahlul Bait a.s.dalam banyak riwayat menyebutkan daftar makanan yang baik untuk pertumbuhan dankesehatan.[31]Di antaranya adalah roti untuk mencegah datangnya penyakit, bubur gandum untuk menumbuhkandaging, menguatkan tulang dan memudahkan percernaan, bubur kacang adas untukmenurunkan darah tinggi dan mengurangi temperatur badan, daging untukmengurangi rasa amarah, bubur daging untuk menyegarkan badan dan membuatnyapenuh energi, buah zaitun untuk mengeluarkan angin dari tubuh, anggur untukmengurangi amarah, dan buah pir untuk menguatkan jantung.

Selain itu AhlulBait a.s. menekankan pentingnya madu, telur, susu, dan semua jenis buah-buahan.Semua faedah yang dihasilkan makanan-makanan di atas juga akan didapatkan olehbayi melalui air susu yang ia minum.

Kesimpulan dariuraian di atas adalah sebagai berikut:
Pertama, anakharus mendapatkan air susu ibunya. Jika hal tersebut tidak memungkinkan,dianjurkan untuk mencari ibu susu mukmin dan sehat lahir batin. Namun bila ibususu dengan kriteria tersebut tidak didapatkan, kita diperbolehkan untukmengambil ibu susu yang tidak beragama agama Islam dengan syarat melarangnyameminum minuman keras dan memakan atau meminum segala sesuatu yang dapatmembahayakan keselamatan anak.

Kedua, kestabilan mental dan emosionalibu dan kesehatan jasmaninya haruslah diperhatikan. Selain itu, untukmendapatkan air susu dalam jumlah yang banyak dan berkualitas tinggi,dianjurkan agar ibu memakan makanan yang mengandung banyak gizi karena hal itusangat penting untuk pertumbuhan fisik dan psikis anak.

Rujuk:

[1]Al-Kafi 6: 24, hadis ke-6.

[2]Tuhaf Al-‘Uqul: 17.
[3]Al-Kafi 6:18, hadis ke-4.
[4]Ibid, hadis ke-6.

[5]Ibid:19.
[6]Ibid:21.

[7]Ibid:27, hadis ke-1.

[8]Ibid:34, hadits ke-1.

[9]Muhammad Taqi Falsafi, Al-Thifl Bain Al-Wiratsah wa Al-Tarbiah 2:82.

[10]Qamus Al-Thifl Al-Thibbi:11-16.

[11]Al-Kafi 6:40, hadis ke-1.
[12]Ibid:44, hadis ke-1.
[13]Ibid, hadis ke-12.
[14]Ibid, hadis ke-13.
[15]Ibid hal: 42 hadis ke-2.

[16]Ibid hadis ke-3.

[17]Wasail Asy-Syiah 21:465, hadis ke-7.
[18]Al-Kafi 6:42, hadis ke-1.
[19]Ibid, hadis ke-5.

[20]Makarim Al-Akhlaq:223.
[21]Ibid:237.
[22]Ibid.
[23]Qamus Al-Thifl Al-Thibbi:33.
[24]Al-Kafi 6:40, hadis ke-2.
[25]Ibid, hadis ke-3.
[26]Qamus Al-Thifl Al-Thibbi:257.
[27]Bihar 43:286.
[28]Al-Kafi 6:22, hadis ke-4.
[29]Ibid, hadis ke-5.
[30]Makarim Al-Akhlaq:169.
[31]Al-Kafi 6:305 dst.
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: