Pesan Rahbar

Home » » Obama Habis-habisan Bela Kesepakatan Nuklir Iran

Obama Habis-habisan Bela Kesepakatan Nuklir Iran

Written By Unknown on Thursday 23 July 2015 | 06:49:00

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama terus menepis kritik dan membela habis-habisan kesepakatan nuklir dengan Iran yang dicapai dua pekan. (Reuters) 

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama terus menepis kritik dan membela habis-habisan kesepakatan nuklir dengan Iran yang dicapai dua pekan. Pembelaan ini juga muncul di tengah skeptisisme mengenai masa depan kesepakatan tersebut.

Dalam sebuah pidato, Obama menegaskan bahwa kesepakatan tersebut adalah sebuah langkah yang tepat, dan mampu membawa perdamaian di Timur Tengah. Menurutnya, tanpa kesepakatan itu, kemungkinkan terjadi perang yang lebih besar di kawasan Timur Tengah kian memungkinkan.

"Kesepakatan ini sebenarnya mendorong Iran lebih jauh dari bom. Dan ada larangan permanen bagi ran untuk memiliki senjata nuklir. Hal ini belum pernah terjadi sebelumnya, dan kami juga bisa melakukan monitor di fasilitas nuklir mereka 24 jam sehari, dan tujuh hari sepekan," kata Obama.

Obama juga mengatakan, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (19/7/2015) bahwa Iran juga akan merasakan akibat langsung jika mereka melakukan pelanggaran terhadap kesepakatan tersebut, salah satunya adalah penjatuhkan kembali sanksi ekonomi.

"Jika Iran melanggar kesepakatan ini, sanksi yang yang kami kenakana, yang telah membuat ekonomi Iran lumpuh, sanksi yang membantu membuat kesepakatan ini akan kembali diterapkan sesegera mungkin," sambungnya.

(esn)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: