Pesan Rahbar

Home » » Masjid-masjid Harus Lebih Dimanfaatkan Oleh Seluruh Kalangan Masyarakat

Masjid-masjid Harus Lebih Dimanfaatkan Oleh Seluruh Kalangan Masyarakat

Written By Unknown on Thursday 13 August 2015 | 07:07:00


Masjid milik semua kalangan masyarakat. Masjid-masjid di sekitar kita harus lebih dimanfaatkan oleh segenap masyarakat tanpa memandang kelompok dan golongan.
 
Salah satu problem yang ada dalam kepengurusan masjid-masjid adalah tidak adanya manajemen yang baik. Pemilihan pengurus dan pembagian tugas untuk merawat masjid kurang dilakukan dengan benar. Padahal kita sebagai umat Islam benar-benar menyadari apa peran masjid bagi segenap masyarakat.

Kenyataannya, sistem manajemen masjid masih belum memenuhi standar-standar manajerial yang ada. Kebanayakan para pengurus masjid tidak pernah mempelajari manajemen, yang paling tidak mereka harus mempelajarinya dasar-dasarnya saja.

Padahal di era modern ini, disebabkan sarana informasi yang berkembang pesat, banyak syubhat-syubhat yang bersebaran dan membuat pemuda-pemuda serta remaja kita menjadi ragu terhadap agamanya sendiri. Sudah seharusnya masjid menjadi sarana untuk memberikan pengarahan dan pencerahan kepada mereka.

Problem lainnya adalah tidak dilakukannya pendataan masjid-masjid secara detil dan benar sehingga kita tidak memiliki data-data statistik masjid dan kegiatan yang berlangsung secara lengkap.

Masjid sama seperti tempat-tempat umum lainnya, merupakan milik semua kalangan masyarakat dan setiap individu berhak memanfaatkan masjid untuk kepentingannya masing-masing terkait pelaksanaan amal ibadah dan lain sebagainya. Oleh karena itu tidak benar jika hanya sekelompok masyarakat saja yang berkecimpung di masjid tanpa peduli dengan kelompok lainnya.

Padahal jika para pengurus masjid memiliki visi dan misi untuk memperkenalkan masjid ke segenap masyarakat, mulai dari yang muda hingga yang tua, pondasi-pondasi akidah dan keyakinan beragama masyarakat kita akan tetap kuat.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: