Pesan Rahbar

Home » , , , , » Perang dan Kejahatan, Output Utama HAM Barat

Perang dan Kejahatan, Output Utama HAM Barat

Written By Unknown on Thursday 6 August 2015 | 04:13:00


Tema utama yang diangkat dalam pembahasan HAM Islam dan HAM Barat adalah manusia manakah yang dimaksud dalam definisi kedua HAM ini.
 
Manusia yang didefinisikan oleh pemikiran Barat dan materialis lebih rendah dari posisi binatang, dan bahkan manusia ini berhak untuk melakukan hubungan seks sesama jenis. Seluruh hak yang dimiliki oleh seekor binatang juga berhak dimiliki oleh seorang manusia.

Berbeda dengan HAM Islam yang memandang manusia memiliki dimensi spiritual. Untuk itu, menurut Allamah Jaʻfari, hak manusia untuk pertama kali harus didefinisikan dalam ranah nilai spiritual. Jika tidak demikian, manusia tidak akan pernah berbeda dengan binatang dan hak-haknya sama dengan hak-hak seekor binatang.

Sekalipun banyak persamaan dalam menentukan hak-hak bagi manusia dalam HAM Barat dan Islam, tetapi dalam dua hal, kedua HAM ini berbeda secara fundamental:

Pertama, hak untuk hidup. Dalam pandangan Islam, hak hidup ini adalah anugerah Allah. Tetapi, dalam HAM Barat, manusia itu sendiri memberikan hak hidup kepada dirinya. Untuk itu, ia bisa melakukan segala sesuatu yang ia inginkan.

Kedua, kebebasan. Dalam pandangan Islam, kebebasan ini bersyarat dan tidak mutlak. Tetapi, dalam pandangan HAM Barat, kebebasan dipandang sebagai sebuah nilai yang mutlak. Untuk itu, kebebasan yang bisa menginjak-injak kemuliaan manusia tidak diperbolehkan oleh Islam.

Ketiga, Barat tidak pernah memiliki keyakinan tentang HAM yang telah mereka definisikan. Mereka hanya memanfaatkan HAM ini sebagai alat untuk menghegemoni dunia. Untuk itu, jika sebuah kepentingan menuntut, maka mereka akan melakukan kejahatan yang paling mengerikan seperti membakar seorang bayi hidup-hidup atas nama HAM.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: