Pesan Rahbar

Home » » Amalan Satu Ini Adalah Sedekah Yang Terbaik

Amalan Satu Ini Adalah Sedekah Yang Terbaik

Written By Unknown on Saturday 5 September 2015 | 03:51:00


Rasulullah saw bersabda, “Ada tiga hal yang jika tidak dimiliki oleh seseorang maka amal perbuatannya tidaklah sempurna: kesucian, wara’ yang menjauhkannya dari maksiat dan...”

Islam sebagai agama akhir jaman dan diperuntukkan bagi semua umat manusia memberikan aturan-aturan yang jelas kepada para pemeluknya, khususnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Oleh karena itu Rasulullah saw bersabda, “Tiga hal yang jika tidak dimiliki oleh seseorang maka amal perbuatannya tidaklah sempuran: kesucian, wara’ yang menjauhkannya dari maksiat, kebaikan yang karenanya semua orang menyukainya, kesabaran dan sifat pemaaf yang karena sifat itulah ia tidak menghiraukan kebodohan dan kejahilan orang-orang lain yang bodoh.”

Imam Baqir as juga berkata, “Dalam percakapan Nabi Musa as dengan Allah swt yang tercatat dalam kitab Tauratnya adalah: ‘Hai Musa, rahasia-Ku yang terjaga ini tetap harus kau jaga di hatimu. Bersikaplah dengan bijak terhadap musuh-Ku dan musuhmu. Jangan sampai karena tersingkapnya rahasia-rahasia-Ku mereka mencaciku.”

Imam Hasan as saat ditanya, “Apa itu akal?” Beliau menjawab, “Meneguk air kesedihan seteguk demi seteguk dan bersikap bijak dengan musuh-musuh.”

Imam Shadiq as juga berkata, “Dengan orang-orang yang beriman kita harus berawajah ceria, dengan musuh-musuh kita harus bersikap bijak. Sehingga dengan perbuatan itu mereka tertarik untuk beriman. Dengan demikian kalian akan aman dari bahaya mereka.”

Beliau juga berkata, “Mengatur sikap dan kebijakan dengan para musuh adalah sebaik-baiknya sedekah seseorang kepada dirinya dan juga saudara-saudaranya.”

Imam Ali as berkata, “Bersikaplah dengan bijak terhadap musuh-musuh kalian agar kalian aman dari bahaya dan tipu daya mereka.”

Beliau juga berkata, “Keselamatan dunia dan agama kalian terletak dalam bagaimana engkau bersikap terhadap sesamamu.”

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: