Pesan Rahbar

Home » » Iran Hadir, Harga Minyak Dunia Stabil

Iran Hadir, Harga Minyak Dunia Stabil

Written By Unknown on Thursday 14 July 2016 | 01:02:00

 

Republik Islam Iran ingin mengekspor seperempat dari seluruh produk minyaknya ke pasar-pasar Eropa. Sekarang ini, Iran sedang memproduksi lebih dari 2 juta barel minyak per hari dan dipasarkan di Benua Asia dan Eropa.

Dari 3,8 juta barel produksi minyak setiap hari, Iran mengekspor sebesar 2 juta barel per hari. Saham eropa dari semua produk minyak ini hanya sebesar 500 ribu barel.

Untuk lebih meningkatkan produksi minyak, Iran memerlukan sebuah investasi besar. Dan hal ini hanya bisa dilakukan oleh negara-negara Barat dengan teknologi modern yang mereka miliki.

Iran pernah mengklaim akan meningkatkan ekspor minyak hingga angka 4 juta barel per hari. Akan tetapi, Tehran tidak pernah mengumumkan tanggal untuk menggapai target tersebut.

Para petinggi Iran meyakini kondisi minyak sangat stabil, dan harga minyak dunia dalam beberapa tahun mendatang tidak akan anjlok hingga harga di bawah 30 dolar.

Hingga tahun 2021 mendatang, Iran ingin menggapai angka 5,8 juta barel dalam produksi minyak. Dan angka ini memerlukan investasi asing sebesar 100 milyar dolar. Pada bulan Juni 2016 lalu, Bijan Zangganeh, Menteri Perminyakan Iran, menyatakan telah ditandatangani sebuah MoU minyak dengan pihak asing. Tentu, berita ini telah menghembuskan angin sedar dan menjanjikan harapan bagi negara yang baru terbebaskan dari jeratan embargo Barat ini.

(Bloomberg/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: