Pesan Rahbar

Home » » Iran Kawal 3.800 Kapal Dagang di Teluk Aden Dari Pembajakan

Iran Kawal 3.800 Kapal Dagang di Teluk Aden Dari Pembajakan

Written By Unknown on Saturday 26 November 2016 | 13:47:00

Kapal tempur Alvand Angkatan Laut Iran.

Komandan Angkatan Laut Iran mengatakan pasukannya telah memberikan pengawal bagi 3.844 kapal dagang untuk mengamankan perjalanan mereka di Teluk Aden dimana kerap terjadi pembajakan disana.

“Hari ini, kekuatan Angkatan Laut Iran berada di laut lepas untuk memastikan keamanan rute maritim,” kata Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Habibollah Sayyari di sebelum khotbah Shalat Jumat (25/11 /16).

Sayyari menambahkan bahwa wilayah pesisir Iran menikmati keamanan penuh berkat kekuatan angkatan laut.

Komandan Iran itu menekankan prestasi besar Iran dibidang pertahanan dan sektor militer dan menekankan bahwa Republik Islam tidak membutuhkan kekuatan asing untuk memasok peralatan yang diperlukan dan telah berhasil memproduksi peralatan serta melakukan latihan militer di darat dan laut dengan mengerahkan produk dalam negeri.

“Armada Republik Islam saat ini hadir di Pelabuhuan Durban Afrika Selatan dan kapal berkendara Republik Islam Iran telah menyebar di laut lepas, [termasuk] Samudera Hindia, Samudera Atlantik dan Laut Mediterania,” Sayyari menegaskan.

Dia menambahkan bahwa pasukan angkatan laut Iran sedang melakukan misinya di laut lepas untuk mempertahankan perbatasan maritim negara dan “memastikan tidak ada kekuatan yang berpikir tentang melakukan agresi” terhadap Republik Islam.

Pada tanggal 21 November, Sayyari mengatakan armada angkatan laut Iran memasuki Samudra Atlantik untuk pertama kalinya setelah permintaan pelabuhan di Afrika Selatan.

“Untuk pertama kalinya, armada ke-44 Angkatan Laut Iran, yang terdiri dari kapal perusak Alvand dan Bushehr [kapal logistik], berhasil mengelilingi benua Afrika dan telah berlayar ke Samudera Atlantik,” ujar komandan Angkatan Laut itu

Pengiriman armada 44 ke laut lepas menunjukkan kekuatan dan kekuatan angkatan laut, katanya dan menambahkan bahwa Angkatan Laut Iran juga telah mengirimkan lima armada lainnya yang membawa pesan perdamaian dan persahabatan ke negara-negara lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, Angkatan Laut Iran telah meningkatkan kehadirannya di perairan internasional untuk melindungi rute laut dan memberikan keamanan bagi kapal pedagang dan kapal tanker.

Sejalan dengan upaya internasional melawan pembajakan, Angkatan Laut Iran telah melakukan patroli di Teluk Aden sejak November 2008, menjaga kapal dagang dan kapal tanker minyak yang dimiliki atau disewa oleh Iran atau negara lain.

Angkatan Laut Iran telah berhasil menggagalkan beberapa serangan baik ke tangerang maupun asing selama misinya di perairan internasional.

(Reuters/IRNA/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: