Pesan Rahbar

Home » » Penjual Teh di Kota Nabi

Penjual Teh di Kota Nabi

Written By Unknown on Monday 28 November 2016 | 01:00:00

Lewat Visi 2030, negara Kabah itu akan mendorong tumbuhnya sektor swasta dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi warga negara Saudi.

Jumana Makki, perempuan Arab Saudi penjual teh dan kopi di pinggir Jalan Raja Abdul Aziz di Kota Madinah, Arab Saudi. (Foto: Saudi Gazette)

Tempatnya berjualan sederhana sekali. Hanya sebuah meja dan dua teko dengan tumpukan gelas plastik sekali pakai. Lokasinya di pinggir Jalan Raja Abdul Aziz di Kota Madinah, Arab Saudi.

Di kota Nabi itulah Jumana Makki berjualan teh dan kopi saban hari. Meski masih terbilang tabu bagi kaum perempuan di Saudi bekerja, namun ibu ini rela menjalani pekerjaan itu demi mendongkrak kehidupan keluarganya. Apalagi anak-anak perempuannya sedang kuliah.

"Saya melontarkan gagasan itu ketika mengobrol dengan putri-putri saya soal bagaimana meningkatkan kehidupan kami," kata Jumana kepada surat kabar Al-Madinah. "Terutama karena biaya hidup naik dan sukarnya mencari pekerjaan kantor."

Nasib orang-orang mirip Jumana memang menjadi prioritas dalam Visi 2030 diluncurkan Wakil Putera Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman beberapa bulan lalu. Lewat Visi 2030, negara Kabah itu akan mendorong tumbuhnya sektor swasta dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi warga negara Saudi.

Data dari Departemen Statistik dan Informasi Arab Saudi menyebutkan pengangguran di negara ini berjumlah 5,6 persen dari total angkatan kerja.

Jumana menegaskan perlu bagi dirinya mengambil keputusan secara tegas tanpa ragu untuk menjadi penjual teh dan kopi pinggir jalan. Dia menggunakan kayu buat memasak karena harganya lebih murah ketimbang memakai gas.

Mulanya, pihak keluarga dan teman-teman menentang rencananya itu. "Saya tidak melihat hal keliru dengan pekerjaan ini karena saya mencari nafkah agar kami bisa hidup terhormat dan bermartabat," ujar Jumana.

Dia berkukuh mewujudkan hal itu. Seiring berjalannya waktu, para pengkritik bungkam dan mulai memberi dukungan atas kerja kerasnya. "Anak-anak perempuan saya tengah kuliah membantu saya menjual teh dan kopi ke orang-orang lewat dan sedang berpiknik," tuturnya. "Itu tidak membikin mereka terhina lantaran ini pekerjaan terhormat."

Jumana bilang dia mulai membuka kios tehnya sehabis salat asar hingga tengah malam. "Para pelanggan saya mulai menyadari saya benar-benar serius melakoni pekerjaan ini. Tidak ada lagi yang mengganggu saya."

Kehangatan penduduk Madinah kian terasa seiring nikmatnya mereguk teh atau kopi hangat bikinan Jumana.

(Al-Arabiya/Saudi-Gazette/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: