Pesan Rahbar

Home » » Metode Imam Ali Ridha as Dalam Berdialog

Metode Imam Ali Ridha as Dalam Berdialog

Written By Unknown on Friday 2 December 2016 | 18:52:00


Metode Imam Ali Ridha as dalam menghadapi pembesar-pembesar dari berbagai agama yaitu dengan cara berdalil menggunakan keyakinan atau ajaran yang diyakini oleh lawan dialognya.

Shabestan News Agency, seorang peneliti sejarah Islam dan sirah Ahlul Bayt as, Hujjatul Islam Hamid Ridha Mutahari, mengisyaratkan tentang metode dialog Imam Ali Ridha as dengan pembesar-pembesar mazhab, agama dan pengikut berbagai pemikiran, dan sehubungan dengan dialog Imam Ridha as selalu menggunakan metode khusus untuk menghadapi berbagai ideologi.

Beliau menambahkan, Imam Ali Ridha dalam setipa kesempatan dialognya selalu memandang lawan dialognya dengan penuh hormat, sekalipun ia adalah seorang non muslim, dan bahkan saat menyampaikan ucapannya, Imam Ali Ridha as selalu menggunakan kalimat-kalimat yang tidak menyinggung dan tidak menjatuhkan kedudukan lawan dialognya.

Hujjatul Islam Mutahari lebih lanjut menyebut bahwa metode Imam Ali Ridha as dalam menghadapi pembesar-pembesar dari berbagai agama yaitu dengan cara berdalil menggunakan keyakinan atau ajaran yang diyakini oleh lawan dialognya, yakni Imam Ridha as jika berdialog dengan pemuka Kristen maka beliau as akan berdalil menggunakan kitab yang diyakini oleh mereka, atau dengan pemuka-pemuka agama lainnya.

Hal ini sangat jelas menunjukan ketinggian ilmu dan pengetahuan yang dimiliki Imam Ali Ridha as, pada hakikatnya Imam Ali Ridha as memiliki disiplin ilmu yang sangat tinggi sehingga saat beliau as melakukan dialog dengan siapapun pasti beliau as akan menggunakan keyakinan dan aqidah lawan dialognya tersebut.

Salah satu syarat utama dalam berdialog ialah penguasaan terhadap pembahasan dan dari sisi keilmuan memiliki ilmu yang sesuai dalam pembahasan tersebut, dengan apa yang dilakukan Imam Ali Ridha as maka hal ini menunjukan bahwa Imam as menguasai hal ini, pungkas Hujjatul Islam Mutahari.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: