Pesan Rahbar

Home » » Hadits Nabi saww Untuk Menafsirkan Ayat “Al-Mawaddah Fiilqurba”

Hadits Nabi saww Untuk Menafsirkan Ayat “Al-Mawaddah Fiilqurba”

Written By Unknown on Saturday 4 March 2017 | 19:04:00


Allah swt memerintahkan kepada nabi Muhamamd saww untuk berkata “katakanlah! Aku tidak minta satu upah pun kepada kalian kecuali kecintaan kepada keluargaku.”

Shabestan News Agency, terdapat sebuah riwayat yang berkenaan dengan Sayyidah Zahra sa yang sering kita dengar, yaitu “Fathimah bagian ddari diriku, barang siapa yang menyakitinya maka ia telah menyakitiku.”

Sebagian orang berfikir bahwa ucapan Rasul saww merupakan bentuk ungkapan kasih sayang seorang ayah kepada anak perempuannya, namun sebagian lainnya meyakini bahwa riwayat ini lebih dari sekedar kasih sayang seorang ayah, akan tetapi riwayat ini merupakan tafsir dari ayat Al-Qur’an.

Sebagaimana berdasarkan sayat Al-Qur’an, dimana Allah swt memerintahkan kepada nabi Muhamamd saww untuk berkata “katakanlah! Aku tidak minta satu upah pun kepada kalian kecuali kecintaan kepada keluargaku.”

Paling sempurnanya mishdaq mengenai “Fiilqurba” yakni keluargaku adalah Sayyidah Zahra sa. Karena kalau ingin diurut mengenai urutan kaum kerabatnya seseorang yang lebih utama yaitu suami atau istri dan anak-anak, ayah dan ibu, saudara laki dan perempuan, paman dan bibi, dan lain seterusnya.

Rasulullah saww yang pada masa risalahnya tidak memiliki ayah dan ibu, istri beliua yaitu Sayyidah Khadijah sa juga telah meninggal, rasul memiliki 4 orang anak perempuan namun 3 orang di antaranya sudah meninggal, dan satu-satunya yang tersisa yang dimiliki rasul saww adalah Sayyidah Fathimah Zahra sa. Dengan demikian mishdaq utama dari kerabat Rasulullah saww adalah Sayyidah Zahra sa.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: