Pesan Rahbar

Home » » Nafsu Ammarah, Musuh Terbesar Manusia

Nafsu Ammarah, Musuh Terbesar Manusia

Written By Unknown on Saturday 4 March 2017 | 20:21:00


Manusia setiap detiknya selalu berada dalam pengawasan Allah Swt, para imam, dan para malaikat.

Ayatullah Muhammad Nashiri ketika bertemu dengan kepala bidang tabligh Hujjatul Islam Rahmatullah Aruji, mengatakan, manusia memiliki 5 tingkatan nafsu; ammarah, lawwamah, muthmainnah, radiyah, dan mardiyah. Dan yang paling besar dan musuh terbesar manusia adalah nafsul ammarah.

Sebagaimana yang pernah beliau katakan, insan manusia memiliki akal dan nafsu. Akal manusia membuat dirinya menjadi lebih sempurna dari sebelumnya dan itu adalah minnah dari Allah Swt.

Sedangkan nafsu lebih condong menuju ke bisikan-bisikan setan, dan setan mengajak nafsu itu kepada nafsul ammarah. Dan nafsul ammarah sangatlah bertolak belakang denga nafsul lawwamah yang mengajak kepada kebaikan.

Ayatullah Nashiri juga mengingatkan pada kita semua bahwa manusia setiap detiknya selalu berada dalam pengawasan Allah Swt, para imam, dan para malaikat. Terlebih, Allah Swt telah mengutus dua malaikat secara khusus untuk menulis dan melaporkan apa yang kita perbuat setiap tarikan nafas kita. Jika kita memiliki niat yang bagus, maka malaikatpun menulis satu pahala bagi kita.

Dan apabila kita melakukan niat bagus tadi maka malaikat juga mencatatnya 10 pahala kebaikan. Namun jika kita melakukan dosa, malaikat juga tak segan menulisnya sebagai satu keburukan. Dan perbandingan itu telah menunjukkan pada kita, betapa Allah Swt adalah maha pengasih.

“Umur manusia jika sudah di kotori oleh setan, maka sangat sulit baginya untuk kembali ke jalan Allah Swt,” demikian jelas Ayatullah Nashiri.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: