Pesan Rahbar

Home » » Perbedaan Dakwah Dengan Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar

Perbedaan Dakwah Dengan Amar Ma’ruf dan Nahi Mungkar

Written By Unknown on Wednesday 1 March 2017 | 15:37:00


Al Qur’an juga telah menyebutkan bahwa dakwah adalah sesuatu yang lain dan amar ma’ruf juga sesuatu yang lain.

Dakwah merupakan suatu perbuatan yang di mana tujuannya adalah menyampaikan suatu kebaikan dan suatu pengetahuan. Dakwah sendiri merupakan suatu amalan yang wajib bagi setiap orang.

Amar ma’ruf nahi mungkar juga hampir sama seperti dakwah, hanya perbedannya terletak dari segi kualitasnya. Dakwah lebih mengedepankan suatu penyampaian pesan kepada objek namun Amar ma’ruf nahi mungkar lebih mengutamakan dalam mengamalkan apa itu pesan sendiri.

Al Qur’an juga telah menyebutkan bahwa dakwah adalah sesuatu yang lain dan amar ma’ruf juga sesuatu yang lain, jadi dakwah dan amar ma’ruf nahi mungkar tidaklah sama, sebagaimana yang telah di terangkan Syahid Motahhari.

”Dakwah adalah level penyampaian kebaikan dan suatu pesan untuk di ketahui oleh mukhatab atau objek, sedang amar ma’ruf nahi mungkar adalah tingakatan dimana seseorang lebih mengedepankan amal perbuatan dan mengaplikasikan suatu pesan dalam kehidupan sehari-hari.”

Allah Swt juga menjelaskan arti tabligh dalam Al Qur’an, tabligh adalah suatu perbuatan yang tujuannya adalah penyampaian pesan dan pesan yang di sampaikan adalah suatu kebenaran. Jadi, apabila sekarang di katakan banyak dakwah tersebar di mana-mana namun tidak mempunyai pesan yang benar maka kita tidak bisa menyebutnya suatu dakwah.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: