Pesan Rahbar

Home » » Visit My Mosque Day 2017 di Britania Raih Sukses Besar

Visit My Mosque Day 2017 di Britania Raih Sukses Besar

Written By Unknown on Saturday 4 March 2017 | 20:32:00


Lebih dari 150 masjid di seluruh Britania membuka pintu selebar-lebarnya pada 5 Februari lalu. Digelar untuk tahun ketiga, Visit My Mosque Day kali ini dikatakan sebagai program 'open house' masjid terbesar di dunia.

Dilansir dari Muslim Village, Jumat (3/3), turut berpartisipasi masjid dari Inverness sampai Plymouth, dari Belfast sampai Ipswich, dan kota-kota besar seperti London, Birmingham, Manchester, Glasgow dan Cardiff. Selain minum teh dan makan-makanan ringan, pengunjung diajak tur masjid oleh para relawan.

Beberapa masjid menggelar pameran dan menampilkan poster-poster, sedangkan masjid lain mengajarkan henna, kaligrafi, mencoba memakai jilbab, atau malah mendesain sendiri sajadah bagi anak-anak. Untuk Muslim Councul of Britain (MCB) rumah Muslim terbesar Inggris saja, lebih dari 500 masjid yang ikut serta.

Sekjen MCB Harun Khan mengatakan, program ini diharap bisa menjadi program yang lebih besar lagi, mengingat banyak yang ingin turut serta. Selain itu, ia mengungkapkan, program ini diharapkan dapat menjadi solusi perkenalan Islam yang sesungguhnya, demi menghadapi suasana bermusuhan yang belakangan muncul.

"Kami berharap Visit My Mosque Day akan jadi program besar Britania, karena begitu banyak Muslim yang ingin membuka pintu masjid dan hati mereka, serta membangun solidaritas masyarakat dengan Muslim," kata Khan di Masjid Khirza Manchester.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, sejumlah pengunjung non-Muslim mengungkapkan kegembiaraannya sekaligus ketakjuban, karena tidak pernah menyangka Muslim begitu ramah. Bahkan, tidak sedikit yang sengaja datang dari jauh, hanya untuk bisa hadir dan mengenal lebih dekat Muslim serta Islam.

"Saya tidak menyadari betapa santai dan menariknya Islam," ujar Ricarhd usai datang ke Islamic Foundation di Leicester.

Beberapa masjid di London memang tidak bisa mengambil bagian karena renovasi bangunan, sehingga banyak masyarakat harus ke luar London. Tapi, dari semua kegiatan, sesi tanya dan jawab tampaknya menjadi salah satu sesi yang paling banyak diminati dari pengunjung, karena mereka bisa mengetahui lebih banyak tentang Islam.

"Suami saya dan saya melakukan perjalanan untuk mengunjungi Masjid Southampton, dan sangat senang dengan sambutan hangat serta wawasan menarik tentang kehidupan Muslim," kata Tessa.

(Muslim-Village/Republika/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: