Pesan Rahbar

Home » » Perayaan Wiladah Imam Jawad di Haram Suci Razavi

Perayaan Wiladah Imam Jawad di Haram Suci Razavi

Written By Unknown on Friday 14 April 2017 | 15:26:00


Acara perayaan hari kelahiran Imam Jawad as di Makam Suci Imam Ridha as di hadiri oleh ribuan peziarah dan warga sekitar Haram Suci Razavi di Serambi Imam Khomeini.

Astan News melaporkan, Haram Suci Razavi di malam wiladah Imam Jawad as dihias dengan lampu-lampu indah, tenggelam dalam kegembiraan diiringi lantunan puji-pujian kepada Ahlul Bait as di halaman dan ruangan-ruangan Haram Suci Razavi.

Makam Suci Imam Ridha as di malam ini menjadi tuan rumah ribuan peziarah yang datang dengan hati penuh cinta dan kasih kepada keluarga suci Nabi Muhammad Saw.

Perayaan malam kelahiran Imam Jawad as diselenggarakan setelah shalat maghrib dan isya di Serambi Imam Khomeini bersamaan dengan disiarkannya suara menyeluruh di tempat-tempat suci Razavi.

Di acara itu kelompok nasyid Sirah Al Nabi Saw melantunkan syair puji-pujian Ahlul Bait as membacakan pujian untuk Putra Imam Ridha as, dan Hujatulislam Rashed Yazdi menyampaikan ceramahnya.

Menurut Hujatulislam Rashed Yazdi, Muminin harus memprogram kehidupannya seperti para Shadiqin dan menuturkan, Shadiqin tidak lain adalah Ahlul Bait as. Iman dan takwa hanya setengah dari agama, setengah lainnya adalah mengikuti Imamah.

Ia menambahkan, Ahlul Bait as tidak pernah berkata bohong dan tidak pernah menyimpang bahkan seujung jarum sekalipun, oleh karena itu Tuhan mewajibkan kepatuhan kepada mereka bagi seluruh Muminin dan kesempurnaan agama mereka terletak dalam kepatuhan pada Ahlul Bait as.

Hujatulislam Yazdi menyebut kejujuran dan amanah sebagai karakteristik penting seorang Muslim dan menjelaskan, kejujuran merupakan asas seluruh keutamaan dan jalan mencapai seluruh kesempurnaan termasuk kebahagiaan abadi.

Ia melanjutkan, Imam Shadiq as dalam sebuah hadis bersabda, jangan tertipu dengan shalat dan puasa seseorang, pasalnya seorang manusia terkadang sudah terbiasa dengan shalat dan puasa, dan ketika meninggalkannya, ia merasa takut, namun ajarilah masyarakat dengan kejujuran dan memegang amanah.

Hujatulislam Rashed Yazdi juga mengatakan, ulama akhlak dan pesuluk di jalan Allah Swt menaruh perhatian khusus pada amanah dan menambahkan, pengkhianatan, bertentangan dengan memegang amanah, pengkhianatan merupakan salah satu dosa terbesar dan akhlak terburuk. Jika seseorang mengingat kerja namun dalam melaksanakannya lalai, maka orang itu telah melakukan pengkhianatan dalam menjaga amanah.

Kepada para peziarah Makam Suci Imam Ridha as, Yazdi menuturkan, di dalam Islam ditegaskan tentang prinsip-prinsip akhlak asasi seperti menunaikan janji. Menunaikan janji merupakan salah satu keutamaan dan keindahan akhlak setiap manusia dan jika sebuah keluarga ingin meraih kebahagiaan, maka harus bersikap dalam kerangka kemuliaan akhlak dan ahli menunaikan janji, kebaikan dan pengorbanan.

Seiring dengan tibanya malam kelahiran Imam Jawad as, ribuan warga kota Mashhad membawa bunga di tangan mereka, menyampaikan kecintaan dan mengucapkan selamat atas kelahiran Imam Muhammad Taqi Jawad as di Makam Suci Imam Ridha as, ayah beliau.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: