Pesan Rahbar

Home » » Pasukan Irak Bebaskan Kota di Dekat Fallujah dari ISIS

Pasukan Irak Bebaskan Kota di Dekat Fallujah dari ISIS

Written By Unknown on Thursday 26 May 2016 | 14:56:00

Pasukan Irak berkumpul setelah mereka maju di kota Fallujah di Provinsi Anbar barat, Irak, 23 Mei 2016. (Foto: AFP)

Pasukan keamanan di Irak telah membebaskan sebuah kota di provinsi Anbar barat dari kelompok teroris ISIS yang pertama sejak awal serangan mereka untuk merebut kembali kota di dekat Fallujah tersebut.

Pada Senin (23/5/16) Pasukan pemerintah mendorong kelompok teror Takfiri dari al-Karmah, 13 km di sebelah timur Fallujah, dan mengibarkan bendera Irak di bangunan utama, televisi Alsumaria Irak melaporkan.

Jenderal Abdul-Wahab al-Saadi, yang memimpin Operation Kontra Terorisme yang bertujuan merebut kembali Fallujah mengatakan, pasukan keamanan reguler Irak dan unit Mobilisasi Rakyat (Hashid al-Shaabi) turut bagian dalam pembebasan itu.

Komandan itu mengatakan puluhan anggota ISIS tewas dalam operasi itu, menambahkan sekarang mereka sedang membersihkan kota dari ranjau dan bom “yang mungkin telah mereka ditanam di jalan atau di rumah.”

Militer menganggap kota al-Karmah sebagai jembatan untuk pembebasan Fallujah.

PM Irak Haider al-Abadi didampingi oleh pasukan keamanan selama kunjungannya ke sebuah jembatan sementara yang dibangun di selatan Ramadi, 29 Desember 2015. (Foto AFP)

Operasi Kontra Terorisme dimulai Ahad malam atas perintah Perdana Menteri Haider al-Abadi.

Pada hari Senin, Abadi memuji “keberhasilan besar” oleh pasukannya, setelah mereka meluncurkan operasi militer untuk merebut kembali Fallujah, mengatakan serangan telah mencapai “lebih dari apa yang direncanakan.”

Mengenakan seragam hitam pasukan kontra-terorisme Irak, Haider al-Abadi mengunjungi Komandan Operasi Fallujah Senin pagi dan bertemu dengan para komandannya.

Fallujah, yang terletak sekitar 65 kilometer barat Baghdad, telah di bawah kontrol ISIS sejak tahun 2014, ketika mereka memulai serangan yang menumpahkan darah dan menghancuran di Irak itu.

Ini adalah benteng terakhir ISIS di provinsi Anbar yang luas. Militer Irak merebut kembali pusat kota Ramadi, ibukota provinsi Anbar ini, Desember lalu.

Abadi telah berjanji untuk menyingkirkan ISIS dari seluruh wilayah pada akhir 2016. []

(AFP/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: