Pesan Rahbar

Home » » Bai’at Masyarakat Terhadap Imam Zaman afs

Bai’at Masyarakat Terhadap Imam Zaman afs

Written By Unknown on Sunday 16 July 2017 | 07:53:00


Dasar dan pondasi pemerintahan Imam Zaman afs ialah bai’at yang dilakukan masyarakat atas penerimaannya terhadap perintah dan pemerintahan Imam afs.

Shabestan News Agency, bai’at orang-orang terhadap Imam Zaman afs, Hujjatul Islam Khodamorad Sulaimian dalam kitab “peran masyarakat dalam revolusi global Imam Mahdi afs” menuliskan :

Sebelumnya pernah disebutkan bahwasanya dasar dan pondasi pemerintahan Imam Zaman afs ialah bai’at yang dilakukan masyarakat atas penerimaannya terhadap perintah dan pemerintahan Imam afs.

Dalam pemikiran politik Islam, penerimaan dan pendapat masyarakat memiliki kedudukan tersendiri, namun tidak dengan legalitas, yakni jika Islam melarang sesuatu maka masyarakat tidak ada hak mau menerima atau menolaknya dengan pandangan atau pilihan mereka.

Dalam sebuah riwayatnya, Rasulullah saww bersabda “wahai Ali! Engkau seperti kedudukan Ka’bah dimana mereka mendatangimu dan kamu tidak mendatanginya, dan jika mereka mendatangimu dan menyerahkan perkara pemerintahan kepadamu maka terimalah, dan jika mereka tidak datang kepadamu maka janganlah engkau datang kepada mereka.”

Dalam hadits ini menjelaskan bahwa Imam berhak menegakkan pemerintahan jika masyarakat datang kepadanya, dan mempersiapkan segala hal untuk pemerintahan tersebut, selain dari ini maka Imam tidak ada kewajiban untuk menegakkan pemerintahannya.

Dengan demikian meskipun Imam Makshum as telah dipilih oleh Allah swt namun orang-orang harus datang kepada mereka maka dengan dukungan dari mereka pemerintahan akan ditegakkan, demikian jelasnya.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: