Pesan Rahbar

Home » » Kader Ansor NU Ini Mengajari Eggi Sudjana Soal Tuhan dan Pancasila

Kader Ansor NU Ini Mengajari Eggi Sudjana Soal Tuhan dan Pancasila

Written By Unknown on Sunday 15 October 2017 | 22:37:00

Eggy Sudjana

Oleh: Ardiansyah

Ardiansyah, kader Ansor dan santri NU menulis status di akun Facebooknya yang mengajari Eggi Sudjana soal Pancasila dan konsep ketuhanan di agama-agama selain Islam. Berikut petikannya:

Salah Kaprah Ketuhanan ala Eggi Sudjana

Eggi Sudjana dalam salah satu wawancaranya menolak Perppu tentang ormas anti Pancasila menggunakan logika yang membuat saya ketawa. Dia mengatakan jika Perppu ini dijalankan otomatis agama Kristen, Hindu dan Buddha harus dibubarkan, karena menurut dia, konsep monoteisme yang diterima hanya Islam. Sedangkan Trinitas dan Trimurti di tolak karena tidak sesuai dengan ketuhanan Yang Maha Esa.

Saya coba menjabarkan tentang Trinitas. Selama saya belajar Kristen, Trinitas bukan tiga Tuhan, melainkan satu pribadi tiga sifat. Atau satu diantara tiga. Berbeda dengan Triteisme yang mengatakan tiga pribadi secara terpisah. Mudahnya begini manusia ada jasad, ruh dan sifat. Semuanya menjadi satu dengan jasad. Karena Yesus dianggap sebagai firman Allah yang hidup, maka dia tidak terpisah dengan Allah.

Salah satu panitia sembilan yang merumuskan Pancasila ialah A. A. Maramis dari Kristen. Ketika ketuhanan yang maha esa dicetuskan dia tidak protes dan umat Kristen juga tidak protes karena memang ketuhanan yang maha Esa sesuai keyakinan umat Kristen.

Begitu juga dengan Trimurti yang mengandung arti bahwa sifat Brahman yang Esa termanifestasikan oleh Brahma, Syiwa dan Wisnu. Mereka ialah sifat sifat dari Brahman yang berwujud.

Kemudian Buddha. Buddha tidak membahas tentang konsep ketuhanan tetapi karena konsep ketuhanan di bicarakan dalam Pancasila akhirnya Buddha di Indonesia mempunyai Sang Hyang Adi Buddha, yaitu Tuhan yang Esa sumber segala pengetahuan.

Pesan untuk Eggi, sebelum berbicara alangkah lebih baiknya belajar lebih dalam dengan penganutnya agar tidak salah paham. Saya dengar Eggi ini sudah dilaporkan banyak pihak karena dia telah menistakan agama non Muslim ih ngerii…

(Suara-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: