UQ: Ada yang bilang bahwa Syi’ah di Indonesia itu sebenarnya
bukan mazhab baru, tetapi sudah lama. Hanya saja mungkin ia tidak
tersebar luas sebagaimana mazhab Sunni. Bagaimana Kang Jalal melihat
perkembangan Syi’ah di negeri ini?
JALALUDDIN RAKHMAT: Ada beberapa teori tentang kedatangan Syi’ah di Indonesia. Teori pertama merujuk pada masa penyebaran Islam di Indonesia. Jadi, menurut teori ini, dahulu orang-orang Syi’ah yang dikejar-kejar oleh penguasa Abbasiyah lari dari Timur Tengah sebelah utara, yang sekarang mungkin daerah Irak, ke sebelah selatan –dibawah pimpinan seorang yang bernama Ahmad Muhajir– sampai ke Yaman. Mereka menghentikan pelarian di puncak-puncak bukit yang terjal. Kisah ini dimuat dalam beberapa kitab Syi’ah. Alkisah, pemimpinnya, Ahmad Muhajir, waktu itu mematahkan pedangnya dan kemudian mengatakan, “Wahai saat ini kita ganti perjuangan kita dengan pena.”
JALALUDDIN RAKHMAT: Ada beberapa teori tentang kedatangan Syi’ah di Indonesia. Teori pertama merujuk pada masa penyebaran Islam di Indonesia. Jadi, menurut teori ini, dahulu orang-orang Syi’ah yang dikejar-kejar oleh penguasa Abbasiyah lari dari Timur Tengah sebelah utara, yang sekarang mungkin daerah Irak, ke sebelah selatan –dibawah pimpinan seorang yang bernama Ahmad Muhajir– sampai ke Yaman. Mereka menghentikan pelarian di puncak-puncak bukit yang terjal. Kisah ini dimuat dalam beberapa kitab Syi’ah. Alkisah, pemimpinnya, Ahmad Muhajir, waktu itu mematahkan pedangnya dan kemudian mengatakan, “Wahai saat ini kita ganti perjuangan kita dengan pena.”
Kemudian mereka semua secara lahir menganut mazhab Syafi’i. Mereka bertaqiyyah sebagai pengikut mazhab Syafi’i di daerah Yaman, Hadramaut. Sehingga di dalam kamus Munjid edisi lama, pada kata ‘Hadramaut’ ditulis: sukkanuha syi’iyyuna syafi’iyyuna; penduduknya orang-orang Syi’i yang bermazhab Syafi’i. Saya kira Munjid itu merekam mereka. Dari Hadramaut inilah menyebar para penyebar Islam yang pertama, khususnya kaum ‘Alawiy, orang-orang keturunan Sayyid, atau yang mengklaim sebagai keturunan Sayyid. Mereka datang ke Indonesia dan menyebarkan Islam. Tetapi ketika mereka datang ke Indonesia, di luar, mereka Syafi’i, di dalam, mereka Syi’i.
Belakangan ada bukti-bukti lain yang memperkuat teori ini. Misalnya, pernyataan Abdurrahman Wahid bahwa NU secara kultural adalah Syi’ah. Hal itu karena tradisi Syafi’i di Indonesia –berbeda dengan tradisi Syafi’i di negeri-negeri lain– sangat kental diwarnai tradisi-tradisi Syi’ah. Ada beberapa shalawat khas Syi’ah yang sampai sekarang masih dijalankan di pesantren-pesantren. Ada wirid-wirid tertentu yang jelas menyebutkan lima keturunan Ahlul Bait. Kemudian juga tradisi ziarah kubur, lalu membuat kubah pada kuburan. Itu semua tradisi Syi’ah. Tradisi itu lahir di sini dalam bentuk mazhab Syafi’i. Jadi di luarnya Syafi’i di dalamnya Syi’i.
Masih ada juga bukti-bukti ritus khas Syi’ah –bukan khas Syafi’i– yang populer di Indonesia. Salah satunya ialah tahlilan hari ke satu atau keempatpuluh (setelah kematian seseorang) dan juga haul. Itu tradisi Syi’ah yang tidak dikenal pada mazhab Syafi’i di Mesir. Lalu, di kalangan NU setiap malam Jum’at sering dibacakan shalawat diba’. Pada shalawat itu disebutkan seluruh Imam Syi’ah yang dua belas. Dan itu mereka lakukan setiap malam Jum’at, seperti pembaruan bai’at, kepatuhan pada dua belas Imam.
Untuk memperkuat itu, ada juga kebiasaan orang-orang Indonesia yang menganut mazhab Syafi’i untuk menghormati –kadang-kadang secara berlebihan– keturunan Nabi yang mereka artikan sebagai Ahlul Bait. Saya sebut secara berlebihan karena menurut orang-orang Syi’ah, Ahlul Bait itu hanya terbatas kepada dua belas Imam yang ma’shum. Jadi, tidak semua keturunan Nabi adalah termasuk Ahlul Bait. Mereka juga percaya bahwa semua Ahlul Bait itu pasti masuk surga, dan mereka tak berdosa. Kepercayaan itu merata, khususnya pada kalangan Muslim yang awam.
Kemudian di Surabaya ada seorang peneliti (kalau tidak salah namanya Agus Sunyoto) dari sebuah lembaga penyiaran Islam (nama lembaganya saya lupa; dipimpin oleh Dr. Saleh Jufri) yang pernah melakukan penelitian terhadap kuburan-kuburan di Jawa Timur. Ia menemukan bahwa kuburan-kuburan itu adalah kuburan-kuburan orang Syi’ah. Ia punya dugaan keras bahwa Islam yang pertama kali masuk ke Indonesia itu Islam Syi’ah. Kemudian, Ali Hsymi juga pernah menulis buku tentang Syi’ah di Indonesia dan ia punya teori bahwa Isalm yang pertama datang ke Indonesia ini adalah Islam Syi’ah. Menurut Agus Sunyoto, sebagian besar dari wali yang sembilan itu adalah Syi’ah, kecuali satu (kalau tidak salah Sunan Kalijaga atau entah siapa, saya tidak ingat betul; itulah yang suni). Itu dari segi bukti-bukti sejarah.
Teori kedua, Islam yang datang ke Indonesia itu Islam Sunni. Tetapi kemudian Syi’ah masuk terutama melalui aliran-aliran tarekat. Soalnya, dalam tarekat, Syi’ah dan Sunni bertemu sudah sejak lama. Ambillah contoh tarekat Qadriyyah-Naqsabandiyyah. Silsilahnya bersambung kepada imam-imam Syi’ah. Sisilahnya begini: dari Allah, Malaikat Jibril, Rasulullah, Ali, Husain, Ali bin Husain, terus kepada Imam Syi’ah sampai Imam Ali Ridha. Dari situ barulah keluar kepada silsilah yang lain. Tetapi tujuh atau delapan yang awal itu adalah para imam Syi’ah.
Tampaknya, menurut teori kedua ini, Islam yang datang ke Indonesia ialah Islam Sunni. Tetapi karena Islam yang pertama datang itu Islam yang bersifat mistikal, maka pengaruh-pengaruh Syi’ah masuk lewat Islam yang mistikal itu. Ritus-ritus yang disebutkan tadi tidak menunjukkan bahwa Syi’ahlah yang pertama datang ke Indonesia. Itu hanya sekedar menunjukkan adanya pengaruh Syi’ah yang masuk ke dalam pemikiran Ahlussunnah lewat Syafi’i. Ada juga yang punya teori Islam itu dulu pernah disebarkan ke Indonesia lewat orang-orang Persia. Ada yang menyebutkan mereka juga pernah tinggal di Gujarat, di India Barat yang kebanyakan adalah Syi’ah.
Teori ketiga, Syi’ah itu baru datang setelah peristiwa Revolusi Islam Iran (RII), dimulai antara lain dengan tulisan-tulisan Ali Syariati dan disusul dengan tulisan-tulisan pemikir Islam Iran lain. Sebetulnya, banyak orang yang terpengaruh Syi’ah hanya kerena peristiwa RII. Belakangan, kadang-kadang orang mendefinisikan Syi’ah sebagai siapa saja yang bersimpati terhadap RII. Misalnya, Mas Amien Rais, pernah menerima gelar Syi’ah juga. Bahkan sebuah buku kecil pernah ditulis tentang ciri ke-Syi’ah-an Amien Rais. Saya kira sebabnya sederhana saja: karena mas Amien Rais memang sering memuji RII. Boleh jadi ada juga orang yang menyebut mas Dawam Rahardjo itu Syi’ah karena ia sangat apresiatif terhadap Iran, sampai seringkali memuji-muji ulama Iran.
[Petikan wawancara Jalaluddin Rakhmat dengan Redaktur Majalah Ulumul Quran (UQ): Arief Subhan dan Nasrullah Ali Fauzi; edisi No.4, Vol.VI, Tahun 1995].
Post a Comment
mohon gunakan email