Senin, 07 Mei 2012 14:44 Redaksi
Bandung -
Usai bedah buku “Potret Ulama” di Masjid kompleks
Darul Hikam wal Ihsan, Bandung, pada Ahad (6/5/2012), KH Athian Ali
Muhamad Da’i, selaku Ketua Forum Ulama Umat Indonesia (FUUI),
menerangkan tentang status para dai yang menyebarkan agama Syiah.
Sebelumnya, FUUI menyelenggarakan Musyawarah Ulama dan Ummat Islam Indonesia, dengan agenda tunggal : “Merumuskan Langkah Strategis untuk Menyikapi Penyesatan dan Penghinaan Para Penganut Syiah”. Acara tersebut dilaksanakan pada Ahad (22/04/2012) di Masjid Al-Fajr, Jalan Cijagra, Bandung, Jawa Barat.
Sungguh sayang sungguh malang, umat Islam di masa ini bak buih di lautan, banyak jumlahnya namun tercerai-berai. Heran bukan kepalang melihat fenomena ini, kita semua tahu bahwa Islam yang dibawa Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam hanya 1 macam, sebagaimana firman Allah Ta’ala yang artinya: “Sesungguhnya kalian adalah umat yang satu dan Aku adalah Rabb kalian, maka beribadahlah kepada-Ku” [Al-Anbiyaa : 92].
Mari lihat Website Berikut ini:
http://bankwahabi.wordpress.com/2007/10/07/penjelasan-ahlus-sunnah-wal-jamaah-aqidah-yang-shohih/
____________________________
Assalamulaikum,
Alhamdulillah,
di sini saya sertakan penerangan yang jelas dan lengkap tentang Ahlus
Sunah Wal Jama’ah.Maklumat ini dikumpulkan daripada kitab-kitab para
Ulama’ ASWJ.
Semoga kita semua kekal dalam Aqidah ASWJ yang shohih dan bukan seperti yang dicanang oleh sesetengah golongan ajaran sesat.
AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH: GOLONGAN YANG SELAMAT (al Firqah an-Najiyah).
Bersabda
Junjungan Besar Nabi Muhammad SAW, maknanya:“dan sesungguhnya ummat ini
akan terpecah menjadi 73 golongan, 72 di antaranya di neraka dan hanya
satu yang di surga yaitu al-Jama’ah”. (H.R. Abu Dawud).
Akal
adalah syahid (saksi dan bukti) akan kebenaran syara’. Inilah
sebenarnya yang dilakukan oleh ulama tauhid atau ulama al-kalam
(teologi). Yang mereka lakukan adalah taufiq (pemaduan) antara kebenaran
syara’ dengan kebenaran akal, mengikuti jejak nabi Ibrahim -seperti
dikisahkan al-Quran- ketika membantah raja Namrud dan kaumnya, di mana
beliau menundukkan mereka dengan dalil akal. Fungsi akal dalam agama
adalah sebagai saksi bagi kebenaran syara’ bukan sebagai peletak dasar
bagi agama itu sendiri. Berbeza dengan golongan falsafah yang berbicara
tentang Allah, malaikat dan banyak hal lainnya yang hanya berdasarkan
penilaian akal semata-mata. Mereka menjadikan akal sebagai dasar agama
tanpa memandang ajaran yang dibawa para nabi dan rasul.
Tuduhan
kaum Musyabbihah dan Mujassimah iaitu kaum yang sama sekali tidak
memfungsikan akal dalam agama, terhadap Ahlussunnah Wal Jamaah sebagai
’Aqlaniyyun (kaum yang hanya mengutamakan akal) atau sebagai kaum
Mu’tazilah atau Afrakh al-Mu’tazilah (anak bibitan kaum Mu’tazilah)
dengan alasan kerana menggunakan akal sebagai salah satu sumber utama,
adalah tuduhan yang amat salah. Ini tidak ubah seperti kata pepatah arab
“Qabihul Kalam Silahulliam” (kata-kata yang jelek adalah senjata para
pengecut). Secara ringkas tetapi namun padat, kita ketengahkan
pembahasan tentang Ahlussunnah sebagai al-Firqah an-Najiyah (golongan
yang selamat), asal-usulnya, dasar-dasar ajaran dan sistemnya.
PENGENALAN DAN KRONOLOGI SEJARAH.
Sejarah
mencatat bahawa di kalangan umat Islam bermula dari abad-abad permulaan
(mulai dari masa khalifah sayyidina Ali ibn Abi Thalib) sehinggalah
sekarang terdapat banyak firqah (golongan) dalam masalah aqidah yang
saling bertentangan di antara satu sama lain. Ini fakta yang tidak dapat
dibantah. Bahkan dengan tegas dan jelas Rasulullah telah menjelaskan
bahawa umatnya akan berpecah menjadi 73 golongan. Semua ini sudah
tentunya dengan kehendak Allah dengan berbagai hikmah tersendiri,
walaupun tidak kita ketahui secara pasti. Hanya Allah yang Maha
Mengetahui segala sesuatu. Namun Rasulullah juga telah menjelaskan jalan
selamat yang harus kita ikuti dan panuti agar tidak terjerumus dalam
kesesatan. Iaitu dengan mengikuti apa yang diyakini oleh al-Jama’ah;
majoriti umat Islam. Karena Allah telah menjanjikan kepada Rasul-Nya, Nabi
Muhammad, bahawa umatnya tidak akan tersesat selama mana mereka
berpegang teguh kepada apa yang disepakati oleh kebanyakan mereka. Allah
tidak akan menyatukan mereka dalam kesesatan. Kesesatan akan menimpa
mereka yang menyimpang dan memisahkan diri dari keyakinan majoriti.
Majoriti
umat Muhammad dari dulu sampai sekarang adalah Ahlussunnah Wal Jama’ah.
Mereka adalah para sahabat dan orang-orang yang mengikuti mereka dalam
Ushul al-I’tiqad (dasar-dasar aqidah); iaitu Ushul al-Iman al-Sittah
(dasar-dasar iman yang enam) yang disabdakan Rasulullah dalam hadith
Jibril uang bermaksud : “Iman adalah engkau mempercayai Allah,
malaikat-malaikat-Nya, kitab- kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari akhir
serta Qadar (ketentuan Allah); yang baik maupun buruk”. (H.R. al Bukhari
dan Muslim).
Perihal
al-Jama’ah dan pengertiannya sebagai majoriti umat Muhammad yang tidak
lain adalah Ahlussunnah Wal Jama’ah tersebut dijelaskan oleh Rasulullah
dalam sabdanya yang bermaksud: “Aku berwasiat kepada kalian untuk
mengikuti sahabat-sahabatku, kemudian mengikuti orang-orang yang datang
setelah mereka, kemudian mengikuti yang datang setelah mereka“. Dan
termasuk rangkaian hadith ini: “Tetaplah bersama al-Jama’ah dan jauhi
perpecahan karena syaitan akan menyertai orang yang sendiri. Dia
(syaitan) dari dua orang akan lebih jauh, maka barang siapa menginginkan
tempat lapang di syurga hendaklah ia berpegang teguh pada (keyakinan)
al-Jama’ah”. (H.R. at-Tirmidzi; berkata hadith ini Hasan Shahih juga
hadith ini dishahihkan oleh al-Hakim).
Al-Jama’ah
dalam hadith ini tidak boleh diertikan dengan orang yang selalu
melaksanakan solat dengan berjama’ah, jama’ah masjid tertentu. Konteks
pembicaraan hadith ini jelas mengisyaratkan bahwa yang dimaksud
al-Jama’ah adalah majoriti umat Muhammad dari sisi jumlah(‘adad).
Penafsiran ini diperkuatkan juga oleh hadith yang dinyatakan di awal
pembahasan. Iaitu hadith riwayat Abu Daud yang merupakan hadith Shahih
Masyhur, diriwayatkan oleh lebih dari 10 orang sahabat. Hadith ini
memberi kesaksian akan kebenaran majoriti umat Muhammad bukan kesesatan
firqah-firqah yang menyimpang. Jumlah pengikut firqah-firqah yang
menyimpang ini, jika dibandingkan dengan pengikut Ahlussunnah Wal
Jama’ah sangatlah sedikit. Seterusnya di kalangan
Ahlussunnah Wal Jama’ah terdapat istilah yang popular iaitu “ulama
salaf”. Mereka adalah orang-orang yang terbaik dari kalangan
Ahlusssunnah Wal Jama’ah yang hidup pada 3 abad pertama hijriyah
sebagaimana sabda nabi yang maknanya: “Sebaik-baik abad adalah abadku
kemudian abad setelah mereka kemudian abad setelah mereka”. (H.R.
Tirmidzi).
Pada
masa ulama salaf ini, di sekitar tahun 260 H, mula tercetus bid’ah
Mu’tazilah, Khawarij, Musyabbihah dan lain-lainnya dari
kelompok-kelompok yang membuat fahaman atau mazhab baru. Kemudian
muncullah dua imam muktabar pembela Aqidah Ahlussunnah iaitu Imam Abu
al-Hasan al-Asy’ari (W. 324 H) dan Imam Abu Manshur al-Maturidi (W. 333
H) –semoga Allah meridhai keduanya–menjelaskan aqidah Ahlussunnah Wal
Jama’ah yang diyakini para sahabat Nabi Muhammad dan orang-orang yang
mengikuti mereka, dengan mengemukakan dalil-dalil naqli (nas-nas
al-Quran dan Hadith) dan dalil-dalil aqli (argumentasi rasional)
disertaikan dengan bantahan-bantahan terhadap syubhat-syubhat (sesuatu
yang dilontarkan untuk mengaburkan hal yang sebenarnya) golongan
Mu’tazilah, Musyabbihah, Khawarij dan ahli bid’ah lainnya.
Disebabkan
inilah Ahlussunnah dinisbahkan kepada keduanya. Mereka; Ahlussunnah Wal
Jamaah akhirnya dikenali dengan nama al-Asy’ariyyun (para pengikut Imam
Abu al-Hasan Asy’ari) dan al-Maturidiyyun (para pengikut Imam Abu
Manshur al-Maturidi). Hal ini menunjukkan bahawa mereka adalah satu
golongan iaitu al-Jama’ah. Kerana sebenarnya jalan yang ditempuhi oleh
al-Asy’ari dan al-Maturidi dalam pokok aqidah adalah sama dan satu.
Adapun perbezaan yang terjadi di antara keduanya hanyalah pada
sebahagian masalah-masalah furu’ (cabang) aqidah. Hal tersebut tidak
menjadikan keduanya saling berhujah dan berdebat atau saling
menyesatkan, serta tidak menjadikan keduanya terlepas dari ikatan
golongan yang selamat (al-Firqah al-Najiyah). Perbezaan antara
al-Asy’ariyyah dan al-Maturidiyyah ini adalah seperti perselisihan yang
terjadi di antara para sahabat nabi, tentang adakah
Rasulullah melihat Allah pada saat Mi’raj? Sebahagian sahabat, seperti
‘Aisyah dan Ibn Mas’ud mengatakan bahawa Rasulullah tidak melihat
Tuhannya ketika Mi’raj. Sedangkan Abdullah ibn ‘Abbas mengatakan bahawa
Rasulullah melihat Allah dengan hatinya. Allah memberi kemampuan melihat
kepada hati Nabi Muhammad atau membuka hijab sehingga dapat melihat
Allah. Namun demikian al-Asy’ariyyah dan al-Maturidiyyah ini tetap
bersama atau bersefahaman dan sehaluan dalam dasar-dasar aqidah.
Al-Hafiz Murtadha az-Zabidi (W. 1205 H) mengatakan:“Jika dikatakan
Ahlussunnah wal Jama’ah, maka yang dimaksud adalah al-Asy’ariyyah dan
al-Maturidiyyah “. (Al-Ithaf Syarah li Ihya Ulumuddin, juz 2 hlm 6).
Maka
aqidah yang sebenar dan diyakini oleh para ulama salaf yang soleh
adalah aqidah yang diyakini oleh al-Asy’ariyyah dan al-Maturidiyyah.
Kerana sebenarnya keduanya hanyalah merumuskan serta membuat ringkasan
yang mudah (method) dan menjelaskan aqidah yang diyakini oleh para nabi
dan rasul serta para sahabat. Aqidah Ahlusssunnah adalah aqidah yang
diyakini oleh ratusan juta umat Islam, mereka adalah para pengikut
madzhab Syafi’i, Maliki, Hanafi, serta orang-orang yang utama dari
madzhab Hanbali (Fudhala’ al-Hanabilah).
Aqidah ini diajarkan di pondok-pondok Ahlussunnah di negara kita Malaysia,Indonesia,Thailand dan lain-lainnya.Dan
Alhamdulillah, aqidah ini juga diyakini oleh ratusan juta kaum muslimin
di seluruh dunia seperti Brunei, India, Pakistan, Mesir (terutama
al-Azhar), negara-negara Syam (Syria, Jordan, Lubnan dan Palestin),
Maghribi,Yaman, Iraq, Turki, Chechnya, Afghanistan dan banyak lagi di
negara-negara lainnya.
Maka
wajib bagi kita untuk sentiasa memberi penuh perhatian dan serius dalam
mendalami aqidah al- Firqah al-Najiyah yang merupakan aqidah golongan
majoriti. Kerana ilmu aqidah adalah ilmu yang paling mulia, sebab ia
menjelaskan pokok atau dasar agama. Abu Hanifah menamakan ilmu ini
dengan al-Fiqh al-Akbar. Kerana mempelajari ilmu ini wajib diutamakan
dari mempelajari ilmu-ilmu lainnya. Setelah selesai atau khatam
mempelajari ilmu ini barulah disusuli dengan ilmu-ilmu Islam yang lain.
Inilah method yang diikuti para sahabat nabi dan ulama rabbaniyyun dari
kalangan salaf maupun khalaf dalam mempelajari agama ini. Tradisi ini
telah bermula dari zaman Rasulullah, sebagaimana yang dikatakan oleh Ibn
Umar dan Jundub, maknanya: “Kami ketika remaja saat mendekati baligh-
bersama Rasulullah mempelajari iman (tauhid) dan belum mepelajari
al-Qur’an. Kemudian kami mempelajari al-Qur’an maka bertambahlah
keimanan kami”. (H.R. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh al-Hafidz
al-Bushiri).
Ilmu
aqidah juga disebut dengan ilmu kalam. Hal ini kerana ramainya golongan
yang menyalahgunakan nama Islam namun menentang aqidah Islam yang
sebenar dan banyaknya kalam (argumentasi) dari setiap golongan
untukmembela aqidah mereka yang sesat. Tidak semua ilmu kalam itu
tercela, sebagaimana dikatakan oleh golongan Musyabbihah (kelompok yang
menyerupakan Allah dengan makhluk-Nya). Akan tetapi ilmu kalam terbahagi
menjadi dua bahagian ; ilmu kalam yang terpuji dan ilmukalam yang
tercela. Ilmu kalam yang kedua inilah yang menyalahi aqidah Islam kerana
dikarang dan dipelopori oleh golongan-golongan yang sesat seperti
Mu’tazilah, Musyabbihah (golongan yang menyerupakan Allah dengan
makhluk-Nya, sepeti kaum Wahabiyyah) dan ahli bid’ah lainnya. Adapun
ilmu kalam yang terpuji ialah ilmu kalam yang dipelajari oleh Ahlussunah
untuk membantah golongan yang sesat. Dikatakan terpuji kerana pada
hakikatnya ilmu kalam Ahlussunnah adalah taqrir dan penyajian
prinsip-prinsip aqidah dalam formatnya yang sistematik dan argumentatif;
dilengkapi dengan dalil-dalil naqli dan aqli. Dasar-dasar ilmu kalam
ini telah wujud di kalangan para sahabat. Di antaranya, Imam Ali ibn Abi
Thalib dengan argumentasinya yang kukuh dapat mengalahkan golongan
Khawarij, Mu’tazilah dan juga dapat membantah empat puluh orang yahudi
yang meyakini bahwa Allah adalah jisim (benda). Demikian pula Abdullah
ibn Abbas, Al-Hasan ibn Ali ibn Abi Thalib dan Abdullah ibn Umar juga
membantah kaum Mu’tazilah. Sementara dari kalangan tabi’in; Imam
al-Hasan al-Bashri, Imam al-Hasan ibn Muhamad ibn al-Hanafiyyah; cucu
Saidina Ali ibn Abi Thalib dan khalifah Umar ibn Abdul Aziz juga pernah
membantah kaum Mu’tazilah. Kemudian juga para imam dari empat mazhab;
Imam Syafi’i, Imam Malik, Imam Abu Hanifah, dan Imam Ahmad juga menekuni
dan menguasai ilmu kalam ini. Sebagaimana dinukilkan oleh al-Imam Abu
Manshur al-Baghdadi (W 429 H) dalam kitab Ushul ad-Din, al-Hafizh Abu
al-Qasim ibn ‘Asakir (W 571 H) dalam kitab Tabyin Kadzib al Muftari,
al-Imam az-Zarkasyi (W 794 H) dalam kitab Tasynif al-Masami’ dan al
‘Allamah al Bayyadli (W 1098 H) dalam kitab Isyarat al-Maram dan
lain-lain. Allah berfirman yang bermaksud: “Maka ketahuilah bahwa
sesungguhnya tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah dan
mohonlah ampun atas dosamu”. (Muhammad :19) Ayat ini sangat jelas
mengisyaratkan keutamaan ilmu ushul atau tauhid. Yaitu dengan menyebut
kalimah tauhid (la ilaha illallah) lebih dahulu dari pada perintah untuk
beristighfar yang merupakan furu’ (cabang) agama. Ketika Rasulullah
ditanya tentang sebaik-baiknya perbuatan, beliau Menjawab,maknanya:
“Iman kepada Allah dan rasul-Nya”. (H.R. Bukhari) Bahkan dalam sebuah
hadits Rasulullah mengkhususkan dirinya sebagai orang yang paling
mengerti dan faham ilmu tauhid, beliau bersabda,maknanya: “Akulah yang
paling mengerti di antara kalian tentang Allah dan paling takut
kepada-Nya”. (H.R. Bukhari)
Kerana
itu, sangat banyak ulama yang menulis kitab-kitab khusus mengenai
penjelasan aqidah Ahlussunnah Wal Jama’ah ini. Seperti Risalah
al-‘Aqidah ath-Thahawiyyah karya al-Imam as-Salafi Abu Ja’far
ath-Thahawi (W 321 H), kitab al‘Aqidah an-Nasafiyyah karangan al Imam
‘Umar an-Nasafi (W 537 H), al-‘Aqidah al-Mursyidah karangan al-Imam
Fakhr ad-Din ibn ‘Asakir (W 630 H), al ‘Aqidah ash-Shalahiyyah yang
ditulis oleh al-Imam Muhammad ibn Hibatillah al-Makki (W 599H); beliau
menamakannya Hadaiq al-Fushul wa Jawahir al Uqul, kemudian menghadiahkan
karyanya ini kepada sultan Shalahuddin al-Ayyubi (W 589 H).
Tentang
risalah aqidah yang terakhir disebutkan, sultan Shalahuddin sangat
tertarik dengannya hingga beliau memerintahkan untuk diajarkan sampai
kepada anak-anak kecil di madrasah-madrasah, yang akhirnya risalah
aqidah tersebut dikenal dengan nama al ‘Aqidah ash-Shalahiyyah. Sultan
Shalahuddin adalah seorang ‘alim yang bermadzhab Syafi’i, mempunyai
perhatian khusus dalam menyebarkan al ‘Aqidah as-Sunniyyah. Beliau
memerintahkan para muadzdzin untuk mengumandangkan al ‘Aqidah
as-Sunniyyah di waktu tasbih (sebelum adzan shubuh) pada setiap malam di
Mesir, seluruh negara Syam (Syiria, Yordania, Palestina dan Lebanon),
Mekkah, Madinah, dan Yaman sebagaimana dikemukakan oleh al Hafizh
as-Suyuthi (W 911 H) dalam al Wasa-il ila Musamarah al Awa-il dan
lainnya. Sebagaimana banyak terdapat buku-buku yang telah dikarang dalam
menjelaskan al ‘Aqidah as-Sunniyyah dan senantiasa penulisan itu terus
berlangsung. Kita memohon kepada Allah semoga kita meninggal dunia
dengan membawa aqidah Ahlissunah Wal Jamaah yang merupakan aqidah para
nabi dan rasul Allah. Amin.
PANDANGAN JUMHUR ULAMA TENTANG AQIDAH ASY’ARIYYAH; AQIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH.
As-Subki
dalam Thabaqatnya berkata: “Ketahuilah bahwa Abu al-Hasan al-Asy’ari
tidak membawa ajaran baru atau madzhab baru, beliau hanya menegaskan
kembali madzhab salaf, menghidupkan ajaran-ajaran sahabat Rasulullah.
Penisbatan nama kepadanya kerana beliau konsisten dalam berpegang teguh
ajaran salaf, hujjah (argumentasi) yang beliau gunakan sebagai landasan
kebenaran aqidahnya juga tidak keluar dari apa yang menjadi hujjah para
pendahulunya, kerananya para pengikutnya kemudian disebut Asy’ariyyah.
Abu al-Hasan al-Asy’ari bukanlah ulama yang pertama kali berbicara
tentang Ahlussunnah wal Jama’ah, ulama-ulama sebelumya juga banyak
berbicara tentang Ahlussunnah wal Jama’ah. Beliau hanya lebih memperkuat
ajaran salaf itu dengan argumen-argumen yang kuat. Bukankah penduduk
kota Madinah banyak dinisbatkan kepada Imam Malik, dan pengikutnya
disebut al Maliki. Ini bukan berarti Imam Malik membawa ajaran baru yang
sama sekali tidak ada pada para ulama sebelumnya, melainkan karena Imam
Malik menjelaskan ajaran-ajaran lama dengan penjelasan yang lebih
terang, jelas dan sistematis demikian juga yang dilakukan oleh Abu
al-Hasan al-Asy’ari”.
Habib
Abdullah ibn Alawi al-Haddad menegaskan bahwa “kelompok yang benar
adalah kelompok Asy’ariyah yang dinisbatkan kepada Imam Asy’ari.
Aqidahnya juga aqidah para sahabat dan tabi’in, aqidah ahlul haqq dalam
setiap masa dan tempat, aqidahnya juga menjadi aqidah kaum sufi sejati.
Hal ini sebagaimana diceritakan oleh Imam Abul Qasim al-Qusyayri. Dan
Alhamdulillah aqidahnya juga menjadi aqidah kami dan saudara-saudara
kami dari kalangan habaib yang dikenal dengan keluarga Abu Alawi, juga
aqidah para pendahulu kita. Kemudian beliau melantunkan satu bait
sya’ir:
وكن أشعريا في اعتقادك إنه هو المنهل الصافي عن الزيغ والكفر
“Jadilah pengikut al Asy’ari dalam aqidahmu, karena ajarannya adalah sumber yangbersih dari kesesatan dan kekufuran”.
Ibnu
‘Abidin al Hanafi mengatakan dalam Hasyiyah Radd al Muhtar ‘ala ad-Durr
al Mukhtar : “Ahlussunnah Wal Jama’ah adalah al Asya’irah dan al
Maturidiyyah”. Dalam kitab ‘Uqud al Almas al Habib Abdullah Alaydrus al
Akbar mengatakan : “Aqidahku adalah aqidah Asy’ariyyah Hasyimiyyah
Syar’iyyah sebagaimana Aqidah para ulama madzhab syafi’i dan Kaum
Ahlussunnah Shufiyyah”. Bahkan jauh sebelum mereka ini Al-Imam al ‘Izz
ibn Abd as-Salam mengemukakan bahawa aqidah al Asy’ariyyah disepakati
oleh kalangan pengikut madzhab Syafi’i, madzhab Maliki, madzhab Hanafi
dan orang-orang utama dari madzhab Hanbali (Fudlala al-Hanabilah). Apa
yang dikemukakan oleh al ‘Izz ibn Abd as-Salam ini disetujui oleh para
ulama di masanya, seperti Abu ‘Amr Ibn al Hajib (pimpinan ulama Madzhab
Maliki di masanya), Jamaluddin al Hushayri pimpinan ulama Madzhab Hanafi
di masanya, juga disetujui oleh al Imam at-Taqiyy as-Subki sebagaimana
dinukil oleh putranya Tajuddin as-Subki.
GARIS PANDUAN AQIDAH ASY’ARIYYAH.
Secara
garis besar aqidah asy’ari yang juga merupakan aqidah ahlussunnah wal
jama’ah adalah meyakini bahwa Allah ta’ala maha Esa dan tidak ada sekutu
bagi-Nya, Allah bukanlah benda yang boleh digambarkan, dan juga bukan
benda yang berbentuk dan berukuran. Allah tidak serupa dengan sesuatupun
dari makhluk-Nya (laysa kamitslihi syai’). Allah ada dan tidak ada
permulaan atau penghabisan bagi kewujudan-Nya, Allah maha kuasa dan
tidak ada yang melemahkan-Nya, serta Allah tidak diliputi arah. Allah
ada sebelum menciptakan tempat tanpa tempat, Allah wujud setelah
menciptakan tempat dan tanpa bertempat. tidak boleh ditanyakan
tentangnya bila, dimana dan bagaimana ada-Nya. Allah ada tanpa terikat
oleh masa dan tempat. Maha suci Allah dari bentuk (batasan), batas
akhir, sisi-sisi, anggota badan yang besar dan anggota badan yang kecil.
Allah tidak diliputi satu arah atau enam arah penjuru. Allah tidak
seperti makhluk-Nya. Allah maha suci dari duduk, bersentuhan,
bersemayam, menyatu dengan makhluk-Nya, berpindah-pindah dan sifat-sifat
makhluk lainnya. Allah tidak terjangkau oleh fikiran dan tidak
terbayang dalam ingatan, kerana apapun yang terbayang dalam benakmu maka
Allah tidak seperti itu. Allah maha hidup, maha mengetahui, maha kuasa,
maha mendengar dan maha melihat. Allah berbicara dengan kalam-Nya yang
azali sebagaimana sifat-sifat-Nya yang lain juga azali, kerana Allah
berbeza dengan semua makhluk-Nya dalam dzat, sifat dan perbuatan-Nya.
Barang siapa menyifati Allah dengan sifat makhluknya sungguh dia telah
kafir. Allah yang telah menciptakan makhluk dan perbuatan-perbuatan-Nya,
Alah juga yang menentukan rezeki dan ajal mereka. Tidak ada yang boleh
menolak ketentuan-Nya dan tidak ada yang boleh menghalangi
pemberian-Nya. Allah berbuat dalam kerajaan-Nya ini apa yang Allah
kehendaki. Allah tidak ditanya perihal perbuatan-Nya melainkan
hamba-Nyalah yang akan diminta dipertanggungjawakan atas segala
perbuatan-Nya. Apa yang Allah kehendaki pasti terlaksana dan yang tidak
Allah kehendaki tidak akan terjadi. Allah bersifat dengan kesempurnaan
yang pantas bagi-Nya dan Allah maha suci dari segala bentuk kekurangan.
Nabi Muhammad adalah penutup para nabi dan penghulu para rasul. Nabi
Muhammad diutuskan oleh Allah ke muka bumi ini untuk semua penduduk
bumi, jin maupun manusia. Nabi Muhammad jujur dalam setiap apa yang
disampaikannya.
________________________________________
Jawaban Kami:
Golongan Dalam Islam (Pengikut), Mustahil hadis Pembagian islam 73 golongan
Kaum Muslimin:
Syiah Ahlulbait:
Syiah Imamiyyah (12 Imam)
Syiah Ithna Ashariyyah (12 Iman) Mazhab Jaafari
Syiah Zaidiyyah
Syaih Yunusiah
Syiah Kamiliah
Syiah Muhamimadiah
Syiah Hisyamiah
Syiah Qaramitah/Duruz
Syiah Syaitaniah
Syiah Mughairiyyah
Syiah Jarudiyyah
Syiah Zakariyyah
Syiah Khashbiyyah
Syiah Khaliqiyyah
Syiah Mukhtariyyah
Syiah karbiyyah
Syiah Ishaqiyyah
Syiah Harabiyyah
Hizbullah
Syiahsunni (Yang Di iktiraf Ahlusunnah):
Ahlussunnah Wal Jama`ah
Mazhab Imam Syafi`i
MAzhab Imam Hanafi
Mazhab Imam Maliki
Mazhab Imam Hambali
Mazhab Tidak Di iktiraf Ahlusunnah:
Mazhab Muktazilah
Mazhab Khawarij
Mazhab Jabariah
Mazhab Qadariah
Mazhab Murji'ah
Mazhab Hululiah
Mazhab Halajiah
Mazhab Musyabbihah
Mazhab Yazidiah
Mazhab Babi'ah
Mazhab Baha'i
Mazhab Qadiani/ Ahmadiah
Mazhab Al-Maaturidiyyah & Salafi Wahabi:
Ansarus sunnah
Ittiba'us
Taliban
Al-Qaeda
Muhammadiyah
Persis
Irsyad
Jamaah Islamiyah (JI)
Abu Sayyahaf (Al-Harakah al- islamiyah)
Tareqat
Ikhwanul Muslimin
Hizbut Tahrir
Al Ghouraba
Fattah
MILF
Syiah Ghullat :
Syiah Saba'iyyah (Abdullah Saba Yahudi laknatullah)HizbullahHizbullah
Syiah Mansuriyyah
Syiah Gharabiyyah
Syiah Bazighiyyah
Syiah Yaqubiyyah
Syiah Ismailliyyah
Syiah Israeliyyah
Syiah Azdariyyah
Syiah Batiniah
Syiah Ifthahiah
Syiah A'mariah
Syiah Sumaitiah
Syiah Musawiyah
Syiah Mafadliah
Syiah Maaturah
Syiah Quda'yah
Syiah Wafiqah
Syiah Janudiah
Syiah Sulaimaniah
Syiah Baqiriah
Syiah Nawusiah
Wahai...73 golongan & pengikut Islam....
Bersatulah kalian tidak kepada pengikut yang munafik....
Jangan Di Pisahkan Oleh Ikatan Ashobiyah......
Jangan Di adu Domba........
Jangan Dijebak dalam Demokrasi yang melekakan....
Bersatulah dalam satu Tujuan....
Bersatulah dalam satu Gerakan......
Bersatulah dalam satu Agama,Ummah,Politik Berpandukan Al-quran dan Hadis Shahih.....
dalam menegakkan Khilafah menerapkan Syariah.....
Sehingga zahirnya Imam Al-Mahdi a.s
Allahu Akbar...!!!Allahuma solli ala Muhammad wa aali Muhammad.....
Syiah Ahlulbait:
Syiah Imamiyyah (12 Imam)
Syiah Ithna Ashariyyah (12 Iman) Mazhab Jaafari
Syiah Zaidiyyah
Syaih Yunusiah
Syiah Kamiliah
Syiah Muhamimadiah
Syiah Hisyamiah
Syiah Qaramitah/Duruz
Syiah Syaitaniah
Syiah Mughairiyyah
Syiah Jarudiyyah
Syiah Zakariyyah
Syiah Khashbiyyah
Syiah Khaliqiyyah
Syiah Mukhtariyyah
Syiah karbiyyah
Syiah Ishaqiyyah
Syiah Harabiyyah
Hizbullah
Syiahsunni (Yang Di iktiraf Ahlusunnah):
Ahlussunnah Wal Jama`ah
Mazhab Imam Syafi`i
MAzhab Imam Hanafi
Mazhab Imam Maliki
Mazhab Imam Hambali
Mazhab Tidak Di iktiraf Ahlusunnah:
Mazhab Muktazilah
Mazhab Khawarij
Mazhab Jabariah
Mazhab Qadariah
Mazhab Murji'ah
Mazhab Hululiah
Mazhab Halajiah
Mazhab Musyabbihah
Mazhab Yazidiah
Mazhab Babi'ah
Mazhab Baha'i
Mazhab Qadiani/ Ahmadiah
Mazhab Al-Maaturidiyyah & Salafi Wahabi:
Ansarus sunnah
Ittiba'us
Taliban
Al-Qaeda
Muhammadiyah
Persis
Irsyad
Jamaah Islamiyah (JI)
Abu Sayyahaf (Al-Harakah al- islamiyah)
Tareqat
Ikhwanul Muslimin
Hizbut Tahrir
Al Ghouraba
Fattah
MILF
Syiah Ghullat :
Syiah Saba'iyyah (Abdullah Saba Yahudi laknatullah)HizbullahHizbullah
Syiah Mansuriyyah
Syiah Gharabiyyah
Syiah Bazighiyyah
Syiah Yaqubiyyah
Syiah Ismailliyyah
Syiah Israeliyyah
Syiah Azdariyyah
Syiah Batiniah
Syiah Ifthahiah
Syiah A'mariah
Syiah Sumaitiah
Syiah Musawiyah
Syiah Mafadliah
Syiah Maaturah
Syiah Quda'yah
Syiah Wafiqah
Syiah Janudiah
Syiah Sulaimaniah
Syiah Baqiriah
Syiah Nawusiah
Wahai...73 golongan & pengikut Islam....
Bersatulah kalian tidak kepada pengikut yang munafik....
Jangan Di Pisahkan Oleh Ikatan Ashobiyah......
Jangan Di adu Domba........
Jangan Dijebak dalam Demokrasi yang melekakan....
Bersatulah dalam satu Tujuan....
Bersatulah dalam satu Gerakan......
Bersatulah dalam satu Agama,Ummah,Politik Berpandukan Al-quran dan Hadis Shahih.....
dalam menegakkan Khilafah menerapkan Syariah.....
Sehingga zahirnya Imam Al-Mahdi a.s
Allahu Akbar...!!!Allahuma solli ala Muhammad wa aali Muhammad.....
*****
Namun mengapa hari ini Islam menjadi bermacam-macam? Aneh bukan?setelah Rasulullah SAW. wafat, benih-benih perpecahan mulai tampak.
Perda Anti Syi’ah Itu Sudah Ketinggalan Zaman!
Jika dahulu bani Umayyah, dimulai dengan Abu Sufyan, Mu’awiyah dan Yazid kemudian setelahnya dilanjutkan oleh para penguasa tiran bani Umayyah tak henti-hentinya dengan segala cara memerangi Imam Ali as. simbol Islam dan keimanan… Mulai kekerasan teratur yang mereka langsungkan semasa hidup Nabi saw. terhadap Nabi saw dan Ahlulbait as. serta para sahabat setia beliau hingga mengobarkan peperangan demi peperangan; peran Badar, Uhud, Khandaq dll sebagaimana dicatat dalam sejarah… semua itu telah mereka lakukan untuk memusnahkan Dakwah Islam tetapi hasilnya adalah Islam terus berjaya hingga kota Mekkah (yang saat itu menjadi benteng terakhir kemusyrikan) ditaklukkkan…
Islam berjaya… Abu Sufyan, Mu’awiyah, Yazid (abang Mu’awiyah, bukan Yazid anaknya) dan sisa-sisa aimmatul kufri/gembong-gembong kekafiran (bukan-bukan sekedan gembong kaum Musyrik, perhatikan baik-baik!) lainnya betekuk lutut di hadapan kejayaan Islam dan Nabi Muhammad saw. dan kegigihan perjuangan Ali bin Abi Thalib as. dan para sahabat setia lainnya.
Abu Sufyan dan putra harapannya beserta para mantan Musyrik itu segera mengubah strategi balas dendam mereka atas kekalahan di hadapan kemenangan dan kejayaan Nabi Islam!
Bertahun-tahun setelah itu… tepatnya setelah wafat Nabi saw. mereka bangkit lagi berusaha membalas kekalahan di perang Badar, Uhud, Khandaq dll…. hanya beberapa tahun setelah wafat Nabi saw. Abu Sufyan memalui kedua putranya; Yazid dan dilanjutkan oleh Mu’awiyah berhasil mendapat posisi strategis dalam pemerintahan Islam yang membuatnya berani menentang Khalifah yang sah saat itu; Ali bin Abi Thlaib as dan kemudian mengobarkan pemberontakan!
Setelah kesyahidan Imam Ali as. Mu’awiyah berkuasa… Maka agenda pertama Mu’awiyah adalah membalas dendam kekalahan para moyangnya di perang Badar dan Uhud… kini dendamnya dimuntahkan kepada keluarga suci Nabi saw. … kepada Ali dan Ahlulbait as.
Tidak puas dengan kematian Imam Ali as., Mu’awiyah mencanangkan agenda besar dalam rangka balasa dendam itu… maka yang ia lakukan antara lain:
A) Melaknati Imam Ali as. dan mewajibkan umat Islam melaknatinya dan mencaci maki beliau as. di setiap kesempatan umum.
B) Menteror dan memerangi Syi’ah Ali as. dengan berbagai cara dan merangsang umat Islam agar membenci dan memusuhi Imam Ali as. dan Syi’ah Ali.
C) Memberikan posisi istimewa dan gaji melimpah bagi siapapun yang setia menjalankan program “Anti Ali dan Syi’ah Ali”.
D) Menghukum siapa saja yang diketahui mencintai Ali dan Ahlulbait Nabi mulia as.
Di antara dokumen yang sempat diselamatkan sejarah adalah surat ketetapan Mu’awiyah yang diumumkan kepada umat Islam (bukan lagi Perda yang sekarang lagi marak digalang oleh meerka yang setia kepada program bani Umayyah dan khususnya Mu’awiyah) dan agar dijadikan pedoman pelaksanaan teror terprogram atas Ahlulbait as. dan Syi’ah Ali adalah surat ketatapan di bawah ini:
Dalam surat keputusan Mu’awiyah di atas, jelas sekali bahwa kecintaan kepada Sayidina Imam Ali as. dan Ahlulbiatnya as adalah sebuah dosa yang karenanya seorang harus dihukum dengan tidak dianggap sebagai warga negara Muslim yang berhak atas hak-haknya sebagai Muslim… mereka tidak berhak mendapat uang jaminan sosial seperti kaum Muslim lainnya… langkah licik perang ekonomi untuk membuat para pecinta Ali dan Ahlulbaitnya agar segera menaggalkan keimanan dan kesetian mereka kepada Nabi saw dan agamanya! Nama para pencinta Ali dan Ahlulbaitnya pun harus segera digugurkan dari catatn sipil!انْظُرُوْا إِلَى مَن قَامَتْ عليهِ الْبَيِّنَةُ أنَّهُ يُحِبُّ عَلِيًّا وَ أهْلَ بَيْتِهِ فَامْحُوْهُ مِنَ الدِّيوَانِ وَ أسْقِطُوا عَطَاءَهُ وَ رِزْقَهُ
“Perhatikan! Siapa yang terbukti mencintai Ali dan Ahlulbaitnya maka hapuslah namanya dari catatan sipil negara, gugurkan uang pemberian untuknya!”[1]
Tidak puas dengan kebijakannya yang kejam dan menyimpang dari jiwa Islam itu, Mu’awiyah melengkapinya dengan surat ketetapan berikutnya dengan harapan agar agenda pembungkaman suara keadilan Islam lebih cepat terwujud… Mu’awiyah menuliskan sepecuk surat susulan sebagai berikut:
Dengan surat keputusan itu, Mu’awiyah berharap agar kaum Muslimin menjadi pelaksana lapangan eksekusi pembantaian dan penghancuran rumah-rumah para Syi’ah Ali! Dan itulah yang terjadi! Para Syi’ah Ali dikejar-kejar… dibunuh secara keji tanpa belas kasih… rumah-rumah mereka dibakar… dirobohkan… dan keluarga mereka diusir dari tempat tinggal mereka…مَنْ اتَّهَمْتُمُوْهُ بِمُوَالاَةِ هَؤُلاَءِ القَوْمِ فَنَكِّلُوْا بِهِ وَ اهْدِمُوْا دَارَهُ
“Barang siapa yang kalian curigai mencintai Ali dari mereka maka jatuhkan sanksi berat atasnya! Dan hancurkan rumahnya!” [2]
Mu’awiyah mendidik umat Islam untuk menjadi srigala-srigala buas yang siap memangsa para Syi’ah Ali. …
Berabad-abad setelah kematian Mu’awiyah dan runtuhnya dinasti tiran keluarga Umayyah; pohon terkutuk dalam Al Qur’an keberingasan sebagian umat Islam masih juga dirasakankan di berbagai belahan dunia Islam… mereka menjadikan Syi’ah Ali sebagai mangsa-mangsa keganasan dan ketidakadilan mereka!
Mimbar-mimbar dijadikan media pengkafiran Syi’ah … kaum Muslimin yang semestinya saling berkasih-sayang kini dicuci otak mereka oleh para pelanjut Misi Mu’awiyah agar membenci dan memerangi Syi’ah Ali… keberanian mereka diarahkan untuk memerangi Syi’ah Ali!
Saya sangat khawatir bahwa kaum Muslimin sedang tertipu oleh ketidak-tahuan mereka… mereka tidak menyadari bahwa mereka telah memerangi ‘Sayyidina Ali mereka’ dan mensukseskan agenda besar musuh ‘Sayyidina Ali mereka’ yaitu Mu’awiyah putra Abu Sufyan; gembong kekafiran dan pengayom kaum munafik!
Kini apa yang dicita-citakan Mu’awiyah dan para tiran keluarga pohon terkutk dalam Al Qur’an saat mereka berkuasa diusahakan kembali oleh ‘kaum Muslim’ dengan segala macam cara agar diperdakan!
Para tukang fitnah dan para pemuja pohon terkutuk itu berusaha menggalang kekuatan dan memobilisasi massa untuk memerangi Sayyidina Ali dan Syi’ahnya!
Akankah kezaliman Setan mengalahkan keadilan Tuhan?!
Akankah kegelapan mengusir cahaya wahyu langit?!
Akankan mereka berjaya dan Syi’ah Ali terlantar setelah doa Nabi suci: Allahuma wâli man Wâlâhu…. wan Shur man nasharahu… wakhdzul man khadzalahu/Ya Allah bimbinglah para pecinta Ali yang mengakui kepemipinannya…. belalah siapa yang membelanya… hinakan siapa yang menghinakan Ali?!
Akankah tiupan mulut-mulut mereka memadamkan cahaya Ilahi?! Sedangkan Allah yang Maha Kuasa telah berfirman:
يُريدُونَ أَنْ يُطْفِؤُا نُورَ اللَّهِ بِأَفْواهِهِمْ وَ يَأْبَى اللَّهُ إِلاَّ أَنْ يُتِمَّ نُورَهُ وَ لَوْ كَرِهَ الْكافِرُونَ
“Mereka berkehendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tidak menghendaki selain menyempurnakan cahaya-Nya, walaupun orang-orang yang kafir tidak menyukai.” (QS. At Taubah [9];32)يُريدُونَ لِيُطْفِؤُا نُورَ اللَّهِ بِأَفْواهِهِمْ وَ اللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَ لَوْ كَرِهَ الْكافِرُونَ
“Mereka ingin hendak memadamkan cahaya (agama) Allah dengan mulut (ucapan-ucapan) mereka, dan Allah tetap menyempurnakan cahaya- Nya meskipun orang- orang kafir benci.” (QS. Ash Shaff [61];8).Sebagaimana Allah kecewakan Mu’awiyah dan musuh-musuh Islam dalam agenda jahat mereka… Allah juga akan mengecewakan agenda jahat siapapun yang berbuat makar atas umat Islam dengan memerangi Syi’ah Ali!
إِنَّا لَنَنْصُرُ رُسُلَنا وَ الَّذينَ آمَنُوا فِي الْحَياةِ الدُّنْيا وَ يَوْمَ يَقُومُ الْأَشْهادُ
“Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada hari berdirinya saksi-saksi (hari kiamat).” (QS. Ghafir [40];51 ).Dan tidak kekuatan apapun di alam semesta ini akan akan mengalahkan kekuatan Allah… dan siapapun yang ditolong Allah pastilah tidak dapat dikalahkan…
إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللَّهُ فَلا غالِبَ لَكُمْ وَ إِنْ
يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ وَ عَلَى
اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ
“Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang
dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu ( tidak memberi
pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain )
dari Allah sesudah itu Karena itu hendaklah kepada Allah saja
orang-orang mukmin bertawakal.” (QS. Âlu Imrân [3];160)Inilah janji Allah…
وَ مَنْ أَوْفى بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ
“Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah….“ (QS. At taubah [9];111)Shadaqallahul ‘Adzîm
Referensi:
[1] Syarah Nahj al Balâghah, jilid III/juz 11/14-17.
[2] Syarah Nahj al Balâghah, jilid III/juz 11/14-17.
Bahaya Islam Umawi.
Persembahan Buat Para Salafiyyîn Pemuja Pohon Terkutuk!
Berbeda dengan pemahaman kebanyakan kalangan bahwa Islam itu hanya tampil dengan dua wajah; Ahlusunnah dan Syi’ah! Tetapi anggapan itu tidak benar… . Ternyata ada wajah lain yang cenderung terlupakan atau kurang disoroti. Ia adalah wajah Islam Umawy, islam vesri Bani Umayyah yang justeru berambisi sejak awal kemunculannya untuk memonopoli sebagai Islam sejati!
Ketika keberadaan islam Umawy ini terlupakan atau tidak diperhitungkan maka akan menimbulkan banyak dampak negetif dalam kajian para pengkaji sejarah dan ajaran Islam di samping berbahaya dalam praktik keberagamaan umat Muslim! Di antaranya, bahwa bisa saja akan ada sekelompok dari orang Syi’ah yang secara keliru menganggap seluruh Ahlusunnah adalah Nashibi, mengingat mereka mendapati beberapa tokoh islam Umawy yang berkedok sebagai tokoh Ahlusunnah menampakkan kesinisan bahkan permusuhannya kepada Ahlulbait Nabi as.!
Sebagaimana bisa jadi para penganut faham Ahlusunnah menjadi tertipu karena menganggap beberapa tokoh Islam Umawy itu sebagai tokoh Islam Ahlusunnah-nya! Dan akibatnya mereka membela para tokoh islam Umawy itu dan yang lebih bahaya dari itu adalah kita meniru ulah mereka dan dengan tidak menyadari telah terjebak dalam jaring perangkap islam Umawy. Karenanya pembagian wajah Islam menjadi tiga; (1) Islam Ahlusunnah (2) Islam Syi’ah dan (3) Islam Umawy adalah sebuah keniscayaan dan bukan pula hal mengada-ngada mengingat memang demikian kenyataannya!
Islam Umawy ini diwakili oleh Ibnu Taimiyah Cs dan sekarang tongkat estafet itu diambil alih oleh kaum Wahhâbi-Salafi.
Tentu islam Umawy ini memiliki ciri yang membedakannya dari Islam Ahlusunnah dan Islam Syi’ah! Sebagaimana ada titik temu antara Islam Ahlusunnah dan Islam Syi’ah.
Titik Temu Islam Ahlusunnah dan Islam Syi’ah
Yang palig mencirikan kedua wajah Islam ini adalah kentalnya kecintaan, penghormatan, pengagungan dan hubungan emosional yang sangat dalam dengan Nabi Muhammad Saw. dan Ahlulbait beliau as. Ini adalah titik temu yang benar-benar menggannggu tidur nyenyak dan ketentraman para penganut islam Umawy.
Sementara itu ciri yang sangat menonjol dari islam Umawy di samping kekakuan sikap dan kesembronoannya dalam menvonis kafir setiap yang berbeda dengan mereka dan tentunya yang paling special dari mereka adalah sikap kebencian yang mendalam kepada Ahlulbait as. dan kurangnya penghormatan kepada Nabi Muhammad Saw.
Mu’awiyah Adalah Pencetus Islam Umawy.
Tidak diragukan lagi bahwa Mu’awiyah adalah ‘Putra Harapan Kaum Kafir Quraisy’ yang diharap mampu menjayakan proyek para pembesar kafir Quriasy yang bertekuk lutut di hadapan kejayaan Islam, puncaknya dengan ditaklukkannya kota Mekkah. Abu Sufyan berusaha meraih kembali kejayaan palsu kemusyrikan kaum Musyrik Quraisy melalui putra kebanggaannya, Mu’awiyah. Setelah berhasil merebut kekhalifahan, Mu’awiyah segera menjalankan agenda besarnya; memerangi Islam yang dibawa dan diperjuangkan Nabi bersama para sahabat mulianya. Namun kali ini, ia tidak menggunakan cara-cara klasik para moyangnya. Ia menjalankan peperangan ini dengan cerdas, halus, berlahan namun pasti dan tidak lupa, ia perangi Islam Rasulullah Saw. dengan menggunakan nama Islam itu sendiri sebagai senjata, tentunya setelah membodohi banyak kalangan dengan tipu muslihat dan makar jahatnya!
Mu’awiyah Menghancurkan Wibawa Nabi Saw. dan Kebanbian!
Tidaklah akan ada gunanya rasanya apabila kekuasaan yang telah ia rebut dengan makar dan tipu muslihat, dan ia pertahankan tangan besi dari umat Islam itu tidak ia jadikan senjata ampuh untuk menghancurkan Islam yang sejak dahulu ia perangi ‘mati-matian’ bersama ayah-ibunya, paman-pamannya dan kakek-kakeknya dan yang untuknya keluarga besanya telah kehilangan banyak anggota keluarga dan kerabat kesayangan mereka, selain tentunya harta yang tidak sedikit! Karenanya, agenda besar islam Umawy adalah bagaimana Islam sejati yang dibawa Rasulullah Muhammad Saw dapat dimusnahkan dan diganti dengan islam versi Umayyah.
Untuk itu semua, pertama-tama yang harus dilakukan adalah bagaimana kewibawaan Nabi Saw. dan kenabian harus segera diruntuhkan. Muhammad saw. –dalam pandangan Mu’awiyah dan Bani Umayyah- jangan terlalu dijadikan nabi… ia harus jadi Muhammad biasa… Muhammad putra Abu Kabsyah! Bukan Muhammad yang Wamâ yanthiqu ‘Anil hawâ in huwa illâ wahyun yûhâ/ Tiada ia berucap dari hawa nafsunya melainkan seluruh ucapannya dari wahyu dan berdasar bimbingan wahyu! Demikian pula, segala panji yang akan mengingatkan kita kepada Nabi Muhammad saw. harus segera dimusnahkan…
semua yang mewakili wajah cemerlang Nabi Saw. harus dicoreng dan dihinakan serta dikubur! Dan umat harus dibutakan terhadapnya… Mesti harus dibina generasi yang hanya mengenal wajah islam Umawy yang mewakili satu-satunya Islam edisi resmi yang otentik… . Hindun sebagai wanita sucinya yang harus dikuduskan… Abu Sufyan sebagai Kekek kaum Muslimin dan Mu’awiyah, selain sebagai Khalifah resmi Rasulullah Saw. ia juga ‘Paman Kaum Muslimin/Khâlul Mu’minin’. Dan tentunya tidak ketinggalan bahwa Yazid adalah pewaris sejati tahta kenabian dan duta Tuhan di muka bumi-Nya!
Tidak sulit medapatkan bukti-bukti yang mendukung apa yang saya katakan di atas. Namun karena terbatasnya waktu dan ruang saya hanya akan saya cukupkan dengan menghadirkan beberapa bukti saja.
Bukti Pertama:
Zubair bin Bakkâr (yang perlu dicatat di sini bahwa ia tidak perlu diragukan keberpihakannya kepada islam Umawy, sehingga Anda tidak perlu meragukan penulikannya) dalam kitab al Muwaffaqiyyât-nya meriwayatkan,
“Mathraf bin Mughîrah bin Syu’bah berkata, ‘Aku bersama ayahku masuk menjumpai Mu’awiyah. Dan ayahku biasa mendatangi Mu’awiyah dan berbincang-bincang lalu sepulangnya ia menceritakan kepada kami kehebatan akal dan ide-ide Mu’awiyah. Lalu pada suatu malam ayahku pulang dan ia menahan diri dari menyantap makan malamnya, aku menyaksikannya sedih. Aku menantinya. Aku mengira kesedihannya karena kami. Lalu aku berkata, ‘Wahai ayah! Mengapakah aku menyaksikanmu bersedih sepanjang malam? Maka ia menjawab, ‘Hai anakku! Aku baru saja datang dari seorang yang paling kafir dan paling busuk’! Aku bertanya, ‘Apa itu?’ ia berkata, ‘Aku berkata kepada Mu’awiyah di saat aku berduaan dengannya, ‘Wahai Amirul Mukminin! Sesungguhnya engkau telah mencapai usia lanjut, andai engkau tampakkan keadilan dan kamu berikan kebaikan. Andai engkau memperhatikan kondisi kerabatmu dari Bani Hasyim, engkau sambung tali rahim mereka. Demi Allah, tidak ada lagi pada mereka sesuatu yang perlu engkau takutkan. Hal itu akan membuat nama harum Anda menjadi langgeng dan pahala tetap untuk Anda. Maka ia berkata, ‘TIDAK! TIDAK! Sebutan apa yang aku harap dapat langgeng! Saudara dari suku Taim (Abu Bakar maksudnya) berkuasa lalu ia berbuat baik, lalu apa? Ia mati dan sebutannya pun juga mati bersamanya! Paling-paling orang-orang hanya menyebut-nyebut, ‘Abu Bakar! Abu Bakar! Saudara suku Adi (Umar maksudnya) berkuasa, lalu ia bersungguh-sungguh dalam berbuat baik, kemudian ia mati, maka mati pula sebutannya. Paling-paling orang-orang hanya menyebut-nyebut, Umar! Umar!Dalam kata-katanya yang penuh dengan luapan kekafiran itu ia menyebut Nabi Mulia saw. dengn sebutan putra Abu Kabsyah tentu dengan tujuan menghina, sebab kaum kafir Quraisy dahulu demikian memanggil Nabi Muhammad Saw. dengan maksud menghina. Abu Kabsyah adalah nama bapak asuh Nabi saw. saat kanak-kanak! Kata-kata itu sendiri dapat menjadi bukti betapa Mu’awiyah tidak kuasa menyembunyikan kekafirannya dan sekaligus kedengkiannya kepada Nabi Islam Muhammad Saw.
.
SEMENTARA ITU ANAK PAK ABU KABSYAH NAMANYA DIPEKIKKAN SETIAP HARI LIMA KALI; “AKU BERSAKSI BAHWA MUHAMMAD ADALAH RASUL ALLAH” Amal dan sebutan apa yang akan langgeng! Celakalah engkau! Tidak! sehingga nama orang itu (Nabi Muhammad Saw maksudnya) dikubur dalam-dalam/ dafnan-dafnan![1]
Bukti Kedua:
Ketika Mu’awiyah mendengar seorang muadzdzin mengumandangkan suara adzan, dan ia sampai pada pasal: Asyhadu anna Muhammad Rasulullah. Mu’awiyah berkata, ‘Untukmu ayahmu hai anak Abdullah! Engkau benar-benar berambisi besar. Engkau tidak puas sehingga engkau gandengkan namamu dengan nama Rabbul ‘Âlâmîn.[2]
Penyebutan nama Nabi Saw. dalam syahadatain baik dalam pasal adzan maupun selainnya adalah sepenuhnya berdasarkan wahyu. Kita kaum Muslimin meyakini bahwa beliau saw. adalah Nabi dan Utusan Allah, tiada berkata dan bertindak melainkan atas dasar bimbingan wahyu… akan tetapi mereka yang tidak mempercayai beliau sebagai Nabi dan Rasul Allah pasti akan memaknai apa yang dibawa Nabi Saw. sebagai buatan dan kepalsuan yang dibuat-buat oleh Muhammad Saw. Kenyataan ini telah ditegaskan dalam Al Qur’an. Kecuali apabila Mu’awiyah juga berani menuduh ayat tentangnya sebagai kepalsuan buatan Nabi Muhammad Saw.
Allah berfirman:
أَ لَمْ نَشرَحْ لَك صدْرَك (*) وَ وَضَعْنا عَنْكَ وِزْرَكَ (*) الَّذي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ (*) وَ رَفَعْنا لَكَ ذِكْرَكَ (*) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً (*) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً (*) فَإِذا فَرَغْتَ فَانْصَبْ (*) وَ إِلى رَبِّكَ فَارْغَبْ
“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu.* Dan Kami telah menghilangkan dari padamu bebanmu,* Yang memberatkan punggungmu.* Dan Kami tinggikan bagimu sebutan ( nama ) mu.* Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,* sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.* Maka apabila kamu telah selesai ( dari sesuatu urusan ), kerjakanlah dengan sungguh- sungguh ( urusan ) yang lain,* Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.”(QS asy Syarh [94];1-8).Imam asy Syafi’i meriwayatkan tafsir ayat kelima di atas dari Mujahid, ia berkata: “Tiada Aku (Allah) disebut melainkan engkau juga disebut bersamaku, “Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah.
Bukti Ketiga:
Dalam kitab al Mu’ammarîn karya Abu Hâtim as Sijistâni, “Pada suatu hari Mu’awiyah bertanya kepada Amad bin Abad al Hadhrami (seorang yang berusia panjang), ‘Apakah engkau pernah menyaksikan Hasyim (kakek ayah Nabi saw.)? ia menjawab, ‘Ya. Pernah. Ia seorang yang tinggi gagah dan tanpan …’ Mu’awiyah melanjutkan, ‘Apakah engkau pernah melihat Muhammad?’ Amad bertanya balik, ‘Muhammad siapa?’ Mu’awiyah menjawab, ‘Rasul Allah.’ Amad menjawab, ‘Mengapakah engkau tidak mengagungkannya sebagaimana Allah mengagungkannya, mengapakah kamu tidak menggelarinya dengan Rasulullah?! [3]
Bukti Keempat:
Mu’awiyah Bangga Dipanggil Sebagai Rasulullah!
Imam ath Thabari dalam kitab Târîkh-nya meriwayatkan bahwa ketika ‘Amr bin Âsh mendelegasikan serombongan penduduk Mesir untuk menemui Mu’awiyah di istananya, ia berpesan agar mereka tidak memanggil Mu’awiyah dengan gelar Amirul Mukminin, ‘Amr bin Âsh berkata, ‘Perhatikan! Jika kalian masuk menemui putra Hindun maka hendaknya kalian tidak mengucapkan salam dengan mengatakan ‘Assalamu alaikum wahai Khalifah. Karena yang demikian membuat kalian lebih dihargai oleh Mu’awiyah. Dan hinakan dia sebisa kalian. Mu’awiyah sepertinya telah merasakan adanya makar jahat ‘Amr bin Âsh. Ia berkata kepada penjaga istana, ‘Sepertinya aku telah mengetahui bahwa putra Nâbighah (nama ibu ‘Amr bin Âsh yang juga dikenal sebagai pelacur murahan_pen) hendak menghinakan kedudukanku di hadapan mereka. Kerenanya, perhatikan jika delegasi itu datang, tahan mereka di luar dengan cara hina sehingga setiap dari mereka hanya akan memikirkan keselamat dirinya sendiri. Setelah mereka dipersilahkan masuk, orang yang pertama kali masuk adalah seorang dari penduduk Mesir bernama Ibnu Khayyâth, ia ketakutan sampai-sampai ia terputus-putus bicaranya, lalu ia berkata, “SALAM ATASMU WAHAI RASULULLAH. Kemudian yang lainnya pun mengikuti dengan menggelari Mu’awiyah dengan gelar Rasulullah! Dan Mu’awiyah pun tidak menghardik atau menyalahkan mereka karena hal itu![4]
Mu’awiyah Mengolok-olok Syariat Rasulullah Saw.
Adapun sikap pelecehan dan menghina terhadap syari’at Nabi Muhammad Saw. yang ditampakkan terang-terangan oleh Mu’awiyah maka bukanlah hal samar…. Mengakui Ziyâd yang lahir dari pasangan suami istri yang tidak sah sebagai anak Abu Sufyan sebab ibu Ziyad yang bernama Sumayyah telah melacur dengan Abu Sufyan (yang memang sangat dikenal suka berzina)… maka Mu’awiyah mengakuinya sebagai Ziyad bin Abu Sufyan setelah sebelumnya disebut Ziyad bin Abihi (Ziyad putra ayahnya) adalah satu dari puluhan jika bukan ratusan contoh kasus pelecehan terhadap Syari’at dan bukan hanya sekedar pelanggaran hukum semata! Sehingga rasanya, untuk sementara waktu tidak perlu saya berlama-lama menyita waktu pembaca terhormat dengan menyebutnya satu persatu. Mungkin dalam kesempatan lain kami akan menyajikannya untuk para pembaca.
Mu’awiyah Sukses Membangun Jaringan Front Pembela Bani Umayyah.
Dan sebagai bukti keberhasilan Mu’awiyah dalam kejahatannya merusak kesadaran kaum Muslimin, ia mampu menciptakan di setiap zaman kelompok yang getol membela bani Umayyah dan mengecam siapapun yang berani membongkar kejahatan Mu’awiyah dan Bani Umayyah dengan menuduhnya sebagai Syi’ah! Pembenci Salaf Shaleh! Zindiq dll. Kenyataan ini akan Anda ketahui buktinya segera setelah artikel ini diterbitkan… Anda akan menyaksikan bagaimana mereka akan menvonis kami sebagai Syi’ah Rafidhah yang Zindiq! Sebab dalam kamus islam Umawy, wajib hukumnya bahkan mungkin termasuk rukun iman terselubung mengagungkan Mu’awiyah. Maka barang siapa yang membongkar kejahatan Mu’awiyah dan Bani Umayyah maka ia zindiq/bukan Muslim!
Referensi:
[1] Al
Akhbâr al Muwaffaqiyyât:576-577, Murûj adz Dzahab; al Ms’ûdi,4/41 dan
an Nashâih al Kâfiyah; Sayyid Habib Muhammad bin Aqil bin Abdullah bin
Umar bin Yahya Al Alawi al Hadhrami asy Syafi’i:93. Setelahnya al Habib
Muhammad bin Aqil menyebutkan bahwa Zubair bin Bakkâr adalah Qadhi kota
suci Mekkah, seorang yang sangat masyhur di kalangan para Muhadditsin
dan parawi hadis shahih. Dan ia tidak tertuduh menjelek-jelekkan
keutamaan dan keadilan Mu’awiyah sebab ia tergolong dari pembela
Mu’wiyah. Dan seperti Anda ketahui bahwa di antara keluarga Zubairiyyin
banyak yang menyimpang dari Ali (karramallahu wajhahu).
[2] Syarah
Ibn Abil Hadîd al Mu’tazili,10/101. Para tokoh Islam Umawy selalu
menuduh siapapun yang tidak berpihak kepada Mu’wiyah sebagai Syi’ah
Rafidhah tidak terkecuali Imam Ibnu Abil Hadîd, Imam al Hâkim, Imam ath
Thabari, Imam Syafi’i dll. Seperti dapat dibuktikan!
[3] An Nashâih al Kâfiyah:95.
[4] Kisah lebih lanjut dapat Anda baca langsung dalam Târîkh ath Thabari. Baca juga an Nashâih al Kâfiyah:94.Bahaya Islam Umawi Dalam Merusak Agama!
Persembahan Buat Para Salafiyyîn Pemuja Pohon Terkutuk!
Mu’awiyah Menentang Hukum Allah dan Rasul-Nya dengan Biadab!
bahwa sulit rasanya menghitung-hitung kejahatan Mu’awiyah dan rezimnya terhadap agama ini dan kehormatan hukumnya serta kemuliaan Nabi-nya! Mengakui Ziyâd bin Ubaid (nama asli ayah Ziyâd dari pasangan istri bernama Sumayyah) sebagai anak Abu Sufyân padahal Sumayyah ketika hamil ia masih sah berstatus sebagai istri Ubaid adalah penentangan terang-terangan yang sulit bahkan mustahil dicarikan pembelaannya. Sebab dalam hukum Islam yang diketahui umum oleh semua kaum Muslim baik yang awam apalagi yang berilmu bahwa setiap anak akan diikutkan penasabannya kepada bapak sah bukan kepada bapak biologisnya!
Kejahatan ini tidak semata karena motivasi politik semata, namun lebih dari itu, dengannya Mu’awiyah mengumumkan perang terbuka dengan hukum Allah dan rasul-Nya! Karenanya dan karena tindakan yang membuktikan kemunafikan dan kekafirannya yang lain, tidak sedikit di antara para ulama yang tegas-tegas mangkafirkan Mu’wiyah! Bahwa penampakan dua kalimat syahadat dan menjalankan ritual-ritual tertentu itu ia lakukan dengan kedok kemunafikan tidak lain!
Ibnu Abil Hadîd al Mu’tazili menegaskan, “Mu’awiyah cacat (diragukan) agamanya di kalangan para masyâikh (tokoh-tokoh) kami –semoga Allah merahmati mereka. Mu’awiyah disinyalir adalah seorang ateis/tidak beragama.!”[1]
Beliau juga mengatakan, “Banyak dari ulama kami mengecam agama Mu’awiyah. Mereka tidak hanya menvonisnya sebagai orang FASIQ. Mereka mengatakan bahwa ia adalah seorang ateis yang tidak percaya kepada kenabian. Para ulama kami itu telah menukil ketergelinciran ucapannya yang terekam yang tegas-tegas menunjukkan kenyataan itu!. (kemudian beliau menyebutkan kisah yang diriwayatkan oleh Zubair bin Bakkâr dalam kitab al Muwaffaqiyât-nya, seperti telah kami sebutkan dalam bukti pertama dalam artikel yang lalu.[2]
Dan setelahnya, Ibnu Abil Hadîd melanjutkan, “Adapun tindakan-tindakannya yang menyimpang dari keadilan yang nyata seperti ia mengenakan baju sutra, menenggak minuman dalam cawan-cawan emas dan perak sehingga Abu Da’rdâ’ menegurnya dengan keras seraya mengatakan aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya seorang yang meminum dari gelas-gelas dari emas dan perak sesungguhnya ia akan tersungkur dalam api neraka.” Lalu jawaban Mu’awiyah yang mengatakan, ‘Tetapi menurutku tidak apa-apa! Maka Abu Dardâ’ berkata, “Siapakah yang akan membelaku dari Mu’awiyah?! Aku kabarkan kepadanya hukum Rasulullah saw. tetapi ia bantah aku dengan pendapat pribadinya. Demi Allah! Aku tidak akan tinggal bersamamu di satu negeri pun!
Berita ini telah diriwayatkan oleh para ahli hadis dan para ahli fikih dalam kitab-kitab mereka dalam masalah tentang pembuktiann dibolehkanya berhujjah dengan khabar seorang yang adil. Berita ini mencacat keadilannya (Mu’awiyah) sebagaimana mencacat akidah/keimanannya. Sebab seorang yang terang-terangan menentang hukum yang diriwayatkan dari Rasulullah saw. dengan mengatakan, ‘Tetapi menurutku tidak apa-apa!’ terhadap sesuatu yang tegas-tegas telah diharamkan Rasulullah saw jelas orang seperti itu tidak sehat akidahnya.
Hal lain yang telah diketahui umum dari prilaku Mu’awiyah adalah bahwa:
- Ia memonopoli harta umat Islam.
- Menghukum dera orang yang tidak bersalah.
- Menggugurkan hukum Allah atas orang yang bersalah.
- Menetapkan hukum berdasarkan pendapat pribadinya/sekehendaknya terhadap rakyat dan juga terhadap hukum agama.
- Ia mengakui Ziyâd sebagai anak Abu Sufyân padahal ia tahu sabda Nabi saw., “Seorang anak itu akan dinisbatkan kepada si pemilik ranjang/suami dari wanita yang melahirkan anak itu adapaun bagi si pezina adalah dihalangi dari mengakuinya sebagai anak.”
- Ia membantai Hujr bin Adi dan kawan-kawannya sementara mereka adalah orang-orang yang haram dicucurkan darah-darah mereka.
- Ia menghinakan Abu Dzarr al Ghiffâri dan mencaci-makinya serta memulangkan ke kota Madinah dengan dinaikkan kendaraan tanpa pelana semua ia lakukan karena Abu Dzarr mengkritik penyimpangannya.
- Ia melaknati Ali, Hasan dan Husain serta Abdullah bin Abbas di atas mimbar-mimbar Islam.
- Ia melimpahkan kekhilafahan kepada Yazîd putranya padahal telah nyata kefasikan dan kegemarannya meminum minuman keras secara terang-terangan, bermain alat-alat permainan yang diharamkan Islam. Tidur bersama para penyanyi dan penari wanita cabul serta membawa mereka kemana pun ia pergi.
- Memberikan peluang untuk bani Umayyah merampas total maqam/kedudukan mulia Rasulullah saw. dan kekhilafahannya sehingga manusia-manusia seperti Yazîd bin Abdul Malik dan al Walîd bin Yazîd yang jelas-jelas fasik dan bejat itu berhasil menjadi khalifah. Padahal mereka itu terbukti fasik dan gemar menggubah bait-bait syair yang menghujat Tuhan dan yang membuktikan ketidak beragamaan mereka!.. [3]
Mereka siap mengkufuri ayat-ayat suci Al Qur’an dan sabda-sabda Nabi saw. yang berani menyentuh kesucian Bani Umayyah! Apalagi sekedar data-data sejarah! Pasti mereka akan mengkufurinya. Bagi mereka bani Umayyah titisan dewa suci yang harus disucikan sesuci-sucinya! Dan siapapun yang berani membongkar data-data kejahatan mereka langsung divonis zindiq, Rafidhah khabîts dan lain sebagainya.
Pada ketarangan Ibnu Abil Hadîd al Mu’tazili di atas banyak data tentang kejahatan Mu’awiyah yang sengaja disembunyikan dengan rapi oleh para pemuja pohon terkutuk; bani Umayyah! Sementara sebagian lainnya berusaha membelanya dengan mencari-carikan seribu satu uzur konyol demi menyelamatkan sisa-sisa harga diri tuan mereka! Bahkan ada yang dengan tanpa malu menyulap sederetan kejahatan terkutuk itu menjadi kebaikan dan hasanât yang akan meberatkan timbangan amal Mu’awiyah kelak di akhirat! Sungguh memalukan!
Ya, banyak sekali data rahasia yang dibongkar Ibnu Abil Hadîd dalam keterangannya di atas. Akan tetapi saya hanya akan menyoroti beberapa saja darinya dalam kesempatan ini.
Mu’awiyah Memproklamasikan Ziyâd Sebagai Anak Abu Sufyân.
Sebelum saya menyebutkan kisah rinci proses proklamasi Ziyâd sebagai anak Abu Sufyan oleh Mu’awiyah, saya ingin mengatakan bahwa: Tidak ada seorang yang biadab dan durhaka serta tidak punya rasa malu melebihi seorang anak yang mensohorkan bapaknya sebagai PEZINA MURAHAN dan kemudian mengakui anak hasil zinanya dengan seorang palacur murahan adalah anak bapaknya dan nasabnya pun disambungkan dengan nasab bapaknya!
Semua orang yang waras dan punya harga diri pasti akan malu jika diketahui umum bahwa bapaknya adalah seorang pezina murahan yang doyan wanita murahan! Namun berbeda dengan Khalifah kebanggaan para pemuji pohon terkutuk; Mu’awiyah. Ia bangga memproklamasikan bahwa bapaknya, Pak Abu Sufyân putra Shakhr telah berzina dengan seorang pelacur murahan bernama Sumayyah yang masih berstatus sebagai istri sah Ubaid. Dengan proklamasi itu, Mu’awiyah seakan hendak mengatakan –baik ia sadari maupun tidak- bahwa Abu Sufyân, bapakku adalah seorang lelaki hidung belang dan pezina murahan. Ia telah menzinai seorang pelacur profesional murahan bernama Sumayyah dan hasilnya adalah anak hasil zina yang bernama Ziyâd!
Yang juga tidak kalah gilanya adalah si Ziyâd! Ia bangga diproklamasikan sebagai anak hasil zina! Hasil bersundal ibu bejatnya dengan Abu Sufyân sebagai pelanggan tetap rumah pelacuran di kota Thaif yang dikelolah oleh tuannya.
Kisah Proklamasi Ziyâd Sebagai Anak hasil Zina Abuu Sufyân; Bapak Mu’awiyah Sebagaimana diriwayatkan Para Ulama Ahlusunnah!
Imam Ibnu Jarîr ath Thabari dan para ulama ahli sejarah lainnya seperti al Mas’udi, Ibnu al Atsir, Ibnu Asâkir, Ibnu Hajar, al Ya’qûbi melaporkan peristiwa memalukan itu dalam rangkaian peristiwa-peristiwa yang terjadi pada tahun 44 H. Dan laporan para ulama ahli sejarah itu saling melangkapi.
Pada awalnya, Sumayyah adalah budak milik seorang kepala suku desa Zindurad. Ketika ia sakit, ia memanggil seorang tabib bernama Hârits bin Kaladah ats Tsaqafi. Setelah ia obati, ia berhasil sembuh dari penyakitnya. Sebagai rasa terima kasihnya, ia hadiahkan Sumayyah kepadanya. Sumayyah sempat melahirkan dua anak. Pertama bernama Nafî’ (yang dipanggil dengan sapaan Abu Bakrah) tetapi Hârits tidak sudi mengakuinya sebagai anaknya. Kemudian Sumayah melahirlkan lagi untuk tuannya seorang bayi bernama Nâfi’. Bayi ini pun tidak ia akui juga sebagai anaknya!
Dan ketika Nabi saw. mengepung kota Thaif, Abu Bakrah turun menemui Nabi saw. dan beriman kepada beliau.
Maka kemudian Hârits berkata kepada anak keduanya yang bernama Nâfi’ (yang pada awalnya ia ingkari sebagai anaknya itu), “Engkau adalah putraku.”
Hârits telah mengawinkan Summayah dengan budak laki-lakinya yang bernama Ubaid. Ia seorang budak berkebangsaan Romawi. Sumayyah melahirkan Ziyâd untuk Ubaid, suaminya.
Ketika Abu Sufyân berkunjung ke kota Thaif di masa Jahiliyah. Ia singgah ke kedai khamer/cafe miras yang dikelolah oleh seorang bernama Abu Maryâm as Salûli (dilaporkan bahwa di kemudian hari ia memeluk Islam dan bersahabat dengan Nabi saw.).
Abu Sufyân berkata kepadanya, “Aku lagi memuncak syahwatku, maka carikan untukku seorang wanita lacur!”
Abu Maryâm berkata, “Apakah kamu berhasrat dengan Sumayyah?”
Abu Sufyân, “Ya, bolehlah, walaupun ia wanita yang sudah memanjang payu daranya dan mengendor perut buncitnya!’
Maka Abu Maryâm mendatangkan Sumayyah. Segera Abu Sufyân menyeretnya ke kamar lacur dan bersundal dengannya. Tidak lama setelahanya, Abu Sufyân keluar sambil menghempas-hembaskan jubbah. Abu Maryâm berkata bertanya, ‘Hai Abu Sufyân, bagaimana engkau rasakan Sumayyah? Abu Sufyân menjawab, ‘Boleh juga pelacur itu, andai bukan karena payu daranya yang sudah mengendur dan bau mulutnya yang busuk. Lalu tak lama kemudian, Sumayyah hamil dan setelahnya ia melahirkan Ziyâd. Sejak kelahirannya, Ziyâd dipanggil Ziyâd bin Udaid dan terkadang juga dipanggil Ziyâd bin Sumayyah! Sebab memang Sumayyah itu adalah istri Ubaid yang dipekerjakan sebagai pelacur oleh tuannya, Hârits bin Kaladah. Ia harus giat melacur untuk menyetor upeti kepada tuannya. Sumayyah dikenal sebagai pelacur profesional yang bergabung bersama para pekerja seks yang melayani para laki laki bejat tak bermoral seperti Abu Sufyân bapaknya Mu’awiyah dan ditempatkan di sebuah lokalisasi di luar pinggiran kota Thaif yang dikenal dengan nama Hârah al Baghâyâ/KAMPUNG PELACUR!
Inilah kisah persundalan Abu sufyan bapak Mu’awiyah!
Nah, sekarang Anda pasti ingin mendengar prosesi proklamasi Ziyâd sebagai Anak Abu Sufyân yang dilakukan oleh Mu’awiyah demi tujuan-tujuan jahatnya!
Pada awalnya, Ziyâd adalah di pihak Imam Ali as. ia ditugasi menjadi gubernur daerah Persia. Ia menjalankan tugas dengan baik dan mampu menyatukan wilayah yang dipimpinnya mengakui kekhalifahan Imam Ali as.
Mu’awiyah sangat terganggu dengan keberhasilan Ziyâd. Ia mengancamnya. Busr bin Arthât (orang suruan Mu’awiyah) menangkap kedua putra Ziyâd yang bernama Ubaidullah dan Sâlim dan mengancam akan membunuh keduanya jika Ziyâd tidak mau membelot dan membela Mu’awiyah.
Imam Ali menyurati Ziyâd mengingatkan bahaya kelicikan Mu’awiyah. Tetapi setelah kematian Imam Ali as. Ziyâd berkhianat, ia tunduk di bawah tekanan Mu’awiyah. Ziyâd segera bergabung dengan Mu’awiyah dan kemudian dikembalikan lagi ke tugasnya sebagai gebernur di wilayah Persia.
Beberapa tahun setelahnya, Mu’awiyah bermaksud mengakuinya sebagai anak bapaknya dari hasil perzinahannya dengaan Sumayyah ibu Ziyâd.
Mu’awiyah memerintahkan saudarinya yang bernama Juwairiyah mengundang Ziyâd ke rumanya, setelah ia datang dan dipersilahkan masuk, Juwairiyah membuka kerudungnya dan berkata kepadanya, ‘Engkau adalah saudaraku!’ Abu Maryam yang memberitahukan kepadaku. Setelahnya, Mu’awiyah mengumpulkan penduduk kota Syam di masjid dan kemudian mengajak Ziyâd bersama menuju masjid. Abu Maryâm diminta berdiri dan memberikan kesaksian bahwa Ziyâd adalah anak Abu Sufyân. Ia berpidato, “Aku bersaksi bahwa Abu Sufyân datang ke tempat kami di Thaif, saat itu, di masa jahilyah aku adalah penjual khamer. Abu Sufyân berkata, ‘Aku ingin melacur.’ Maka aku datangi ia dan aku katakan, ‘Aku tidak mendapatkan seorang palacur pun selain Sumayyah, budaknya Hârits bin Kaladah.’ Abu Sufyân berkata, Bawakan ia ke mari walaupun ia sudah kendur semua badanya dan jorok juga penampilannya.”.
Mendengar kesaksian Abu Mryâm yang membongkar kehinaan status ibunya, Ziyâd segera memotong dan berkata, ‘Hai Abu Maryam! Engkau didatangkan di sini sebagai saksi bukan sebagai pencaci-maki.”.
Abu Maryam menjawab, ‘Anda sejak pertama, aku dibebaskan dari tugas ini pasti lebih aku sukai. Aku hanya bersaksi apa yang aku saksikan dan aku lihat. Demi Allah, aku menyaksikan Abu Sufyân menarik lengan bajunya lalu mengajaknya masuk ke makar mesum dan mengunci pintunya. Sumayyah terlentang melayani nafsu birahi Abu Sufyân. Sesaat kemudian Abu Sufyân keluar sambil mengusap-ngusap keringat di dahinya. Aku berkata kepadanya, ‘Hai Abu Sufyân, bagaimana engkau dapati pelayanannya?’ Abu Sufyân menjawab, Hai Abu Maryam, aku tidak merasakan pelacur sehebat dia tapi sayang payu daranya telah bergelantungan/mengendur berat dan busuk bau mulutnya.
Ziyâd berkata, ‘Hai sekalain hadirin. Orang ini telah bersaksi dan menyampaikan apa yang telah kalian dengar. Aku tidak tau apakah yang ia sampaikan itu benar atau palsu. Dan para saksi lebih mengatahui apa yang mereka katakan.
Maka seorang bernama Yunus bin Ubaid –saudara Shafiyyah binti Ubaid bin Asad ats Tasaqafi dan Shafiyyah itu adalah tuannya Sumayyah- berdiri dan berkata, ‘Wahai Mu’awiyah! Rasulullah saw. telah menetapkan hukum bahwa anak harus dinisbatkan kepada suami ibunya/si pemilik ranjang sah/suami sah wanita yang melahirkan anak dari rahimnya. Sedangkan bagi pelacur dicegah dari mengaku anaknya dari hasil zina! Sementara engkau menetapkan bahwa anak dinisbatkan kepada lelaki yang menghamili ibu anak itu. Engkau sengaja menentang Kitabullah dan bersebrangan dengan Rasulullah saw. hanya karena kesaksian Abu Maryâm bahwa Abu Sufyan berzina dengan Sumayyah. Mu’awiyah marah berat dengan berkata kepadanya, “Dsemi Allah hai Yunus! Berhentilah kamu atau akan aku buat melayang kepalamu! Yunus berkata, “Bukankah setelahnya aku akan kembali kepada Allah.
Sungguh luar biasa kedurhakaan dan kebejatan mental Mu’awiyah… ia bangga diproklamasikan bapaknya sebagai pezina murahan dan marah ketika dibela ayahnya agar tidak ditersohorkan bapaknya sebagai pezina!
Seorang penyair berkata:
Ketahuilah! Sampaikan kepada Mu’awiyah putra Harb dari seorang panyair dari negeri YamanInilah kisah pelacuran Sumayyah dengan Abu Sufyân dan kekafiran Mu’awiyah dengan memproklamasikan Ziyâd anak hasil pelacuran itu sebagai anak Abu Sufyân sebagai penentangan terang-terangan terhadap Allah dan Rasul-Nya!
Apakah engkau marah ketika dikatakan bapakmu seorang pria baik/terhormat… sedangkan engkau bangga bapakmu disebuat sebagai si pezina
Saksikanlah bahwa hubungan kekerabatanmu dengan Ziyâd seperti hubungan kekerabatan gajah dengan kuda peranakan (hasil kawin silang kuda dengan keledai). [4]
Dan pada apa yang dilakukan Mu’awiyah di atas terdapat hal yang harus menjadi perhatian kita semua yaitu bahwa Mu’awiyah benar-benar tidak memberikan nilai dan penghormatan sedikit pun kepada hukum Allah dan Syari’at Rasulullah saw. ia terang-terangan menentangnya dan dengan ganas akan menghabisi nyawa siapapun yang berani menentangnya dalam penentangannya terhadap hukum Allah dan Syari’at Rasul-Nya saw.
Mu’awiyah bermaksud untuk mengatakan bahwa biarlah Muhammad berbicara menetapkan hukum sekehendaknya. Tetapi aku, Mu’awiyah juga berhak tidak menggubrisnya dan berhak pula menetapkan hukum berdasarkan pendapat pribadi saja betapapun hukum Allah itu sudah segamblang matahari di siang bolong!
Dengan sikapnya itu Mu’awiyah bermaksud menghancurkan wibawa kenabian den mengubur dalam-dalam syari’at Rasulullah saw.! dan sikap inilah yang harus terus dipraktikkan oleh para khalifah setelahnya nanti.
Ia hendak membangun sebuah bangunan yang pondasinya adalah penentangan terhadap syari’at Allah dan Rasul-Nya… Andai ia berhasil dalam proyek setannya itu pastilah umat Islam akan kesulitan menemukan syari’at yang dibawa Nabi Muhammad saw… yang akan kita dapati adalah hukum-hukum prodak keluarga besar Pohon Terkutuk, bani Umayyah. Inilah bahaya islam Umawi yang sedang dipromosikan Mu’awiyah dan para penguasa rezim tiran Bani Umayyah!
Karenanya Saad bin Qais berkata kepada Mu’awiyah, “Engkau adalah WATSANI/penyembah berhala/musyrik putra seorang WATSANI. Engkau masuk ke dalam Islam dengan terpaksa dan keluar kembali dengan suka rela. Imanmu tidak berakar dan kemunafikanmu tidak tersembunyi. Kami adalah para pembela agama yang engkau keluar darinya dan musuh-musuh agama yang engkau masuk ke dalamnya.” [5]
Al Qurthubi berkata ketika menafsirkan ayat 12 surah at Taubah:
“Dengan ayat:
وَ طَعَنُوا في دينِكُمْ
“ … dan mereka mencerca agamamu,”sebagian ulama berdalil atas kewajiban dibunuhnya setiap orang yang mencerca agama sebab ia adalah KAFIR.
Dan ath Tha’nu/mencerca agama itu adalah dengan menisbatkan kepada agama sesuatu yang tidak pantas atau menentang dengan meremehkan sesuatu yang pasti dari bagian agama.”[6]
Ternyata Hindun; Ibu Mu’awiyah Juga Wanita Bejat dan Doyan Melacur!
Subhanallah! Rupanya memang keluarga Abu Sufyân itu merangkum anggota-anggota yang luar biasa. Keluarga terkutuk itu ternyata beranggotakan:
Suami: Abu Sufyân (nama aslinya Shakhr) bin Harb bin Umayyyah.
Hobi: Melacur.
Pekerjaan Tetap: Memerangi Rasulullah saw, dan agama Islam.
Istri: Hindun.
Hobi: Bersundal dengan kaum muda berbadan kekar dan khususnya pria kekar berkulit hitam.
Hobi Lain: Mengunyah jantung Hamzah ra. paman Nabi saw. setelah memutilasinya.
Pekerjaan Tetap: Mencari lelaki hidung belang yang siap berselingkuh dengannya.
Sejarah mencatat bahwa sebagian penduduk kota Mekkah mencurigai bahwa Mu’awiyah bukan anak Hindun dari Abu Sufyan, suaminya, tetapi dari satu di antara empat orang selingkuhan Hindun… Hindun benar-benar tante girang yang gemar bersundal, na’udzubillah min dzâlik.
Gosib bahwa Hindun gemar melacurkan diri bahkan dengan teman-teman suaminya adalah berita yang masyhur dan menjadi buah bibir masyarakat Arab tidak hanya penduduk kota Mekkah… memang suatu yang aneh. Kerena biasanya yang melacur dengan tanpa malu itu hanya kaum budak sahaya yang memang dipekerjakan oleh tuan-tuan mereka, seperti Sumayyah ibnu Ziyâd yang dizinai oleh Abu Sufyân suami Hindun! Adapun kaum merdeka apalagi dari keluarga yang lumayan terpandang biasa enggan berterang-terangan dalam berzina. Tapi berbeda dengan Hindun… Kebejatannya tidak lagi tersembunyi…. sehingga menjadi bahan perbincangan masyarakat Arab.
Hassân bin Tsâbit penyair Rasulullah (atas perintah beliau saw.) membalas ejekan para penyair kafir Quraisy dengan banyak bait syairnya yang membuat bungkam kaum kafir Quraisy itu. Di antaranya Hassân bin Tsâbit berkata menyindir Hindun:
Bayi siapakah yang dibuang di sebelah lembah … tergeletak di atas tanah padang pasir tanpa ayunan…Bait-bait syair Hassân bin Tsâbit itu dapat Anda jumpai dalam banyak referensi utama seperti Rabî’ul Abrâr oleh az Zamakhsyari,3/551 dan Dîwân (kumpulan syair-syair) Hassân bin Tsâbit:87.
Bait-bait syair itu digubah Hassân bin Tsâbit di hadapan Nabi saw. dan para sahabat yang di dalamnya ia menyebut-nyebut berbagai kebejetan dan kejahatan Abu Sufyân dan Hindun dan juga adalah tuduhan bahwa Hindun adalah wanita gemar melacur, namun demikian beliau saw. tidak menegurnya dan apalagi melarangnya, misalnya dengan mengatakan, ‘jangan engkau menuduh secara palsu seorang wanita suci itu telah berzina.! Itu artinya, Nabi saw. membenarkan bahwa Hindun memang demikian. Dan para sahabat pun mengetahuinya.
Al Kalbi juga melaporkan dalam kitab al Matsâlib bahwa Hindun termasuk di antara wanita-wanita yang gemar berzina dengan anak-anak muda dan ia condong kepada pria negro. Dan jika terlanjur hamil ia bunuh anaknya segera setelah kelahirannya. [7]Kisah perselingkuhannya dengan seorang tamu suaminya yang bernama Fakih bin Mughirah al Makhzûmi, yang kemudian diketahui olehnya dan berakhir dengan diusir dan diceraikannya Hindun adalah berita masyhur. Para ulama telah meriwayatkannya dalam berbagai karya berharga mereka, seperti Ibnu Abil Hadid dalam Syarah Nahjul Balâghah (dengan tahqiq Muhammad Abul Fadhl Ibrahim),1/336 Imam as Suyûthi dalam Târîkh al Khulafâ’:205, Ibnu Katsir dalam al Bidâyah wa an Nihâyah,8/124 dan 125, Imam al- Haitsmai dalam Majma’ az Zawâid,9/265, Ibnu Abdi Rabbih al Andalusi dalam al ‘Iqdu al Farîd,6/95 dan Imam Sibthu Ibn Jauzi dalam Tadzkirah al Khawâsh:185.
Ringkas kata, untuk menyebutkan data-data pelacuran keluarga Abu Sufyan dan Hindun ini rasanya akan menyita berlembar-lembar … Dan rasanya juga menjijikkan. Jadi saya cukupkan sampai di sini!
Referensi:
[1] Syarah Nahjul Balâghah,1/340.
[1] Syarah Nahjul Balâghah,1/340.
[2] Dan
untuk sekedar memudahkan pembaca, kami cantumkan kembali riwayat itu di
sini. Zubair bin Bakkâr (dan yang perlu dicatat di sini bahwa ia tidak
perlu diragukan keberpihakannya kepada islam Umawy, sehingga Anda tidak
perlu meragukan penulikannya) dalam kitab al Muwaffaqiyyât-nya
meriwayatkan, “Mathraf bin Mughîrah bin Syu’bah berkata, ‘Aku bersama
ayahku masuk menjumpai Mu’awiyah. Dan ayahku biasa mendatangi Mu’awiyah
dan berbincang-bincang lalu sepulangnya ia menceritakan kepada kami
kehebatan akal dan ide-ide Mu’awiyah. Lalu pada suatu malam ayahku
pulang dan ia menahan diri dari menyantap makan malamnya, aku
menyaksikannya sedih. Aku menantinya. Aku mengira kesedihannya karena
kami. Lalu aku berkata, ‘Wahai ayah! Mengapakah aku menyaksikanmu
bersedih sepanjang malam?
Maka ia menjawab, ‘Hai anakku! Aku baru saja datang dari seorang yang paling kafir dan paling busuk’! Aku bertanya, ‘Apa itu?’ ia berkata, ‘Aku berkata kepada Mu’awiyah di saat aku berduaan dengannya, ‘Wahai Amirul Mukminin! Sesungguhnya engkau telah mencapai usia lanjut, andai engkau tanpakkan keadilan dan kamu berikan kebaikan. Andai engkau memerhatikan kondisi kerabatmu dari Bani Hasyim, engkau sambung tali rahim mereka. Demi Allah, tidak ada lagi pada mereka sesuatu yang perlu engkau takutkan. Hal itu akan membuat nama harum Anda menjadi langgeng dan pahala tetap untuk Anda. Maka ia berkata, ‘TIDAK! TIDAK!
Sebutan apa yang aku harap dapat langgeng! Saudara dari suku Taim (Abu Bakar maksudnya) berkuasa lalu ia berbuat baik, lalu apa? Ia mati dan sebutannya pun juga mati bersamanya! Paling-paling orang-orang hanya menyebut-nyebut, ‘Abu Bakar! Abu Bakar! Saudara suku Adi (Umar maksudnya) berkuasa, lalu ia bersungguh-sungguh dalam berbuat baik, kemudian ia mati, maka mati pula sebutannya. Paling-paling orang-orang hanya menyebut-nyebut, Umar! Umar! .
SEMENTARA ITU ANAK PAK ABU KABSYAH NAMANYA DIPEKIKKAN SETIAP HARI LIMA KALI; “AKU BERSAKSI BAHWA MUHAMMAD ADALAH RASUL ALLAH” Amal dan sebutan apa yang akan langgeng! Celakalah engkau! Tidak! sehingga nama orang itu (Nabi Muhammad Saw maksudnya) dikubur dalam-dalam/ dafnan-dafnan!
Maka ia menjawab, ‘Hai anakku! Aku baru saja datang dari seorang yang paling kafir dan paling busuk’! Aku bertanya, ‘Apa itu?’ ia berkata, ‘Aku berkata kepada Mu’awiyah di saat aku berduaan dengannya, ‘Wahai Amirul Mukminin! Sesungguhnya engkau telah mencapai usia lanjut, andai engkau tanpakkan keadilan dan kamu berikan kebaikan. Andai engkau memerhatikan kondisi kerabatmu dari Bani Hasyim, engkau sambung tali rahim mereka. Demi Allah, tidak ada lagi pada mereka sesuatu yang perlu engkau takutkan. Hal itu akan membuat nama harum Anda menjadi langgeng dan pahala tetap untuk Anda. Maka ia berkata, ‘TIDAK! TIDAK!
Sebutan apa yang aku harap dapat langgeng! Saudara dari suku Taim (Abu Bakar maksudnya) berkuasa lalu ia berbuat baik, lalu apa? Ia mati dan sebutannya pun juga mati bersamanya! Paling-paling orang-orang hanya menyebut-nyebut, ‘Abu Bakar! Abu Bakar! Saudara suku Adi (Umar maksudnya) berkuasa, lalu ia bersungguh-sungguh dalam berbuat baik, kemudian ia mati, maka mati pula sebutannya. Paling-paling orang-orang hanya menyebut-nyebut, Umar! Umar! .
SEMENTARA ITU ANAK PAK ABU KABSYAH NAMANYA DIPEKIKKAN SETIAP HARI LIMA KALI; “AKU BERSAKSI BAHWA MUHAMMAD ADALAH RASUL ALLAH” Amal dan sebutan apa yang akan langgeng! Celakalah engkau! Tidak! sehingga nama orang itu (Nabi Muhammad Saw maksudnya) dikubur dalam-dalam/ dafnan-dafnan!
[3] Ibid,5/129.
[4] Untuk
kisah lengkap di atas dapat Anda baca dalam: al Istî’âb; Ibnu Abdil
Barr ketika menyebut biodata Ziyâd, Târîkh Damasqus; Ibnu Asâkir,5/409,
Usdul Ghabah; Ibnu al Atsîr dan al Ishâbah; Ibnu Hajar, Murujud adz
Dzahab,3/14-17 ketika menyebut sejarah Mu’awiyah, Al Ya’qubi dalam
Târîkh-nya,2/195, Ibnu katsir dalam Târîkh-nya,8/28 dan sumber-sumber
lain.
[5] Al ‘Iqdu al Farîd,4/315.
[6] Tafsir al Jâmi’ Li Ahkâm al Qur’ân,8/82.
[7] Coba lebih lanjut Anda baca dalam Tadzkirah al Khawâsh; Imam Sibthu Ibn Jauzi:184-185.
(syiahali/ABNA/Jakfari/ABNS)
Post a Comment
mohon gunakan email