Pesan Rahbar

Home » » Irak Minta Dukungan Iran Supaya Hurul ‘Azhim dan Hurur Huwaizah Terdaftar di UNESCO

Irak Minta Dukungan Iran Supaya Hurul ‘Azhim dan Hurur Huwaizah Terdaftar di UNESCO

Written By Unknown on Monday 18 May 2015 | 03:54:00


Menteri Lingkungan Irak Qutaibah Ibrahim Al-Juburi bertemu dengan Wakil Presiden dan Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup Makhsumah Ibtikari dan membahas secara khusus isu-isu lingkungan hidup.

Wakil Presiden dan Kepala Departemen Lingkungan Hidup dalam pertemuan dengan rekannya dari Irak mengisyaratkan pentingnya menjaga lingkungan hidup di wilayah kedua Negara dan mengatakan bahwa perlunya kerjasama antara Iran dan Irak mengatasi krisis masalah lingkungan hidup dan khususnya fenomena debu di kedua negara dan di wilayah karena berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat.


Pembentukan komite tetap kerjasama lingkungan hidup Iran dan Irak

Kepala Badan Perlindungan Lingkungan Hidup mengusulkan pembentukan komite tetap kerjasama lingkungan hidup di antara kedua negara dan menyerahkan tanggung jawab pengawasan kepada wakil-wakil kedua negara dalam komite ini yang akan bertugas mengurusi fenomena debu dan mencarikan solusinya untuk mengatasi krisis ini secara khusus.

Menteri Lingkungan Irak mengungkapkan, kondisi-kondisi perang dan ketidakstabilan di wilayah Irak ini telah melupakan persoalan lingkungan hidup dan upaya-upaya dalam bidang ini, hal inilah yang menyebabkan terjadinya kerugian besar dalam lingkungan hidup di Irak dan di wilayah.

Ia mendesak Iran untuk mengadakan pendidikan-pendidikan khusus lingkungan hidup bagi para ahli Irak dalam upaya memecahkan krisis ini.

Irak meminta supaya Iran mendukung pendaftaran Hurul ‘Azhim dan Hurul Huwaizah sebagai warisan dunia di UNESCO.

Menteri Lingkungan Hidup Irak menyambut usulan pembentukan komite bersama antara kedua negara dan mengatakan, penyusunan program praktis untuk memerangi fenomena debu dan membuat sabuk hijau di sekitar kota Karbala oleh para ahli Iran juga dalam agenda kerja komite bersama.


Penandatanganan program penciptaan taman perdamaian dan persahabatan lintas batas

Qutaibah Ibrahim berharap dalam pertemuan berikutnya di Tehran, para pejabat kedua negara akan menandatangani pertukaran program dalam upaya menangani fenomena debu di kedua negara, begitu pula pembentukan taman perdamaian dan persahabatan lintas batas antara Iran dan Irak.


Pembentukan komite bersama pembersihan sungai Arwand

Pembentukan komite bersama untuk pembersihan sungai Arvand dari kapal-kapal yang tenggelam dalam masa perang dan upaya mengurangi efek kerusakan lingkungan hidup di sungai Arvand adalah termasuk kesepakatan-kesepakatan dua pihak dalam negosiasi.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: