Pesan Rahbar

Home » , , , » Kezuhudan Imam Mahdi, Teladan Kemanusiaan

Kezuhudan Imam Mahdi, Teladan Kemanusiaan

Written By Unknown on Monday 18 May 2015 | 03:43:00


Imam Mahdi As seperti para Imam suci lainnya memiliki kesempurnaan akhlak dan karakter khusus. Dari aspek bahwa para Imam suci Ahlulbait adalah manusia-manusia sempurna dan merupakan teladan dalam semua aspek bagi kemanusiaan, mereka pun memiliki akhlak baik seperti kezuhudan dalam tingkatan yang tertinggi.
Salah satu pertanyaan yang banyak meliputi benak manusia, bagaimana Imam Mahdi As meruntuhkan beragam sistem-sistem politik yang didukung oleh pemikiran dan kekuatan yang banyak kemudian mendirikan satu sistem yang global?

Apa sistem dan program pemerintahan Imam Mahdi As yang bersih dari segala bentuk kezaliman,  penindasan, korupsi, dan kelaparan?

Kesempurnaan akhlak

Sebagaimana para Imam suci lainnya, Imam Mahdi As memiliki kesempurnaan akhlak dan karakter yang khusus. Para Imam suci Ahlulbait adalah manusia-manusia sempurna dan teladan dalam semua aspek bagi manusia, mereka pun memiliki akhlak baik seperti kezuhudan dalam tingkatan yang tertinggi.

Imam Ridha As bersabda, “Mahdi adalah seorang yang paling berilmu, paling sabar,dan paling bertakwa. Beliau sangat dermawan dari semua manusia dan lebih berani serta yang paling menghamba.

Ketakutan kepada Tuhan

Ka'ab mengatakan, kerendahan hati dan ketakutan Imam Mahdi di hadapan Tuhan seperti kerendahan elang di hadapan dua sayapnya. Mungkin maksud Ka’ab adalah walaupun burung elang itu sangat kuat, namun kekuatannya sepenuhnya bergantung kepada kemampuan sayap-sayapnya yang jika kedua sayapnya tidak memberikan bantuan kepadanya maka jatuhlah ia ke bumi. Meskipun Imam Mahdi As sebagai pemimpin Ilahi yang paling kuat dan tangguh, namun kekuatan ini bersumber dari Tuhan yang jika sedetik saja Dia tidak menolongnya maka mustahil beliau dapat melanjutkan aktivitasnya, dari aspek ini dikatakan bahwa beliau sangat khusyu’ dan khudhu’ di hadapan Tuhan.

Zuhud
Imam Shadiq As bersabda, “Mengapa Anda ingin mempercepat kemunculan Imam Mahdi? Tuhan tahu pakaiannya tidak lembut, makanannya gandum (yang kualitas rendah), pemerintahnya pedang, dan kematian dalam bayangan pedang.”

Utsman bin Himad mengatakan, saya hadir dalam majelis Imam Shadiq As dan seseorang mengatakan kepada beliau, Ali bin Abi Thalib memakai pakaian yang tidak lembut yang nilainya empat dirham, tapi Anda mengenakan pakaian yang sangat mahal, beliau menjawab, Ali As ketika mengenakan pakaian itu tidak diprotes oleh orang-orang dan memakai pakaian yang terbaik yang digunakan oleh masyarakat pada masa itu.

Ketika Imam Mahdi As bangkit dan berkuasa, beliau memakai pakaian seperti pakaian Ali As dan mengikuti garis-garis besar politik dan kebijakan Imam Ali As.

Sumber: Nesyonehoye Daulat-e Mau’ud (Tanda-tanda Pemerintahan yang Dijanjikan), Hujjatal Islam Najm al-Din Tabasi.

(Shabestan)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: