Pesan Rahbar

Home » » Mushaf Al-Quran Zaman Rasulullah Ditemukan

Mushaf Al-Quran Zaman Rasulullah Ditemukan

Written By Unknown on Monday 27 July 2015 | 05:10:00


Menurut riset yang pernah dilakukan BBC, mungkin naskah al-Quran paling kuno terdapat di perpustakaan Universitas Birmingham, Inggris.

Berdasarkan penelitian radio karbon yang dilakukan atas lembaran-lembaran naskah al-Quran tersebut, al-Quran ini berusia sekitar 1370 tahun. Untuk itu, sangat mungkin naskah ini adalah naskah al-Quran terkuno di dunia.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford atas permintaan Universitas Birmingham sebagai pemiliki naskah, tingkatan posibilitas 95 persen membuktikan bahwa naskah al-Quran itu ditulis antara tahun 568 hingga 645 Masehi. Dalam sejarah Islam, Rasulullah saw lahir pada tahun 570 Masehi dan wafat pada tahun 632 Mashi.

Khat yang digunakan untuk menulis naskah tersebut adalah Khat Hijazi yang merupakan bentuk khat paling kuno dalam sejarah Bahasa Arab.

Menurut pengakuan pihak penanggung jawab naskah kuno Perpustakaan Britania, sekalipun tidak terbukti naskah tersebut dibuat pada masa Rasulullah saw, tetapi bisa dipastikan sudah ada pada masa tiga khalifah pertama Islam.

Naskah al-Quran itu termasuk kumpulan naskah-naskah kuno yang pernah dikumpulkan oleh Alfonso Minggana, seorang pandeta Kasdim kelahiran Iraq, pada tahun 1920 Masehi. Biaya petualangan dan risetnya ditanggung oleh Edward Cadburry, salah seorang anggota keluarga Inggris pemilik perusahaan cokelat Cadburry.

(BBC/Shabestan/Berbagai-Sumber/Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: