Pesan Rahbar

Home » » Beberapa Hadis dari Ahlul Bait as tentang Meminta-Minta, Inilah Yang Dimaksud

Beberapa Hadis dari Ahlul Bait as tentang Meminta-Minta, Inilah Yang Dimaksud

Written By Unknown on Thursday 6 August 2015 | 05:55:00

Foto Hadis dari Ahlus sunnah

Islam dalam Al-Qur’an dan hadis-hadis Ahlul Bait as merupakan jalan lurus yang mengajarkan budi pekerti dan nilai-nilai luhur moral serta etika untuk mengangkat derajat kemuliaan manusia.

Para Imam Ma’shum as selalu menjadi pembimbing semua orang di sekitarnya dengan ucapan-ucapan mereka yang indah dan juga perilaku-perilaku mereka yang patut kita contoh.

Di bawah ini adalah beberapa hadis indah dari lisan suci Ma’shumin as yang dapat menyirami batin kita:

Rasulullah saw bersabda, “Janganlah engkau menjadi orang yang suka meminta-minta, karena itu akan membuatmu hina di dunia dan menjadikan perhitungan (hisab) di hari kiamatmu panjang.” (Man La Yahdhuruhul Faqih, jil. 4, hal. 375).

Imam Ali bin Abi Thalib as berkata, “Meminta-minta kepada orang lain bisa memotong lidah, memecahkan hati, menghinakan orang yang bebas lebih dari budak-budak, menumpahkan harga diri dan melenyapkan berkah.” (Ghurarul Hikam, hikmah 2110).

Imam Zainal Abidin as berkata, “Meminta-minta kepada orang lain membawa kehinaan dalam hidup, melenyapkan arti hidup, dan perbuatan itu adalah kefakiran yang nyata, sedangkan menahan diri dari meminta-minta adalah kekokohan yang nyata.” (Tuhaful Uqul, hal. 279).

Imam Ali bin Abi Thalib as berkata, “Janganlah meminta-minta selain kepada Allah swt. Karena jika Allah swt mengaruniaimu sesuatu, Ia memberikannya dengan sebaik-baiknya, jika Ia tidak mengaruniai apa yang kau minta, Ia akan memberikan yang lebih baik darinya.” (Ghurarul Hikam, hal. 10425).

Imam Zainal Abidin as berkata, “Sumpah demi Tuhanku, orang yang asal meminta-minta dengan mudahnya, pada suatu hari Allah swt akan menghimpitnya dengan kesusahan sehingga dengan sangat terpaksa ia akan menjulurkan tangannya untuk meminta dengan hina.” (Iddatud Da’i, hal. 99).

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: