Pesan Rahbar

Home » » Begini Cara Membuat Anak-anak Tertarik Datang ke Masjid

Begini Cara Membuat Anak-anak Tertarik Datang ke Masjid

Written By Unknown on Thursday 13 August 2015 | 04:40:00


Hujjatul Islam wal Muslimin Rastgu saat diwawancarai oleh wartawan Shabestan menjelaskan kiat-kiat membuat anak-anak kita tertarik untuk datang ke masjid.
 
Menyambut datangnya Hari Masjid Sedunia, kali ini wartawan Shabestan mewawancarai Muhammad Hasan Rastgu, salah seorang ruhaniawan dan pengurus Dewan Kepengurusan Masjid Iran.

Dalam wawancara tersebut Hujjatul Islam Rastgu menjelaskan kiat-kiat membuat anak-anak tertarik untuk datang ke masjid.

Beliau menjelaskan bahwa Rasulullah saw menjadikan masjid sebagai tempat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan umat Islam. Dengan wajah ceria dan ramah yang beliau miliki, anak-anak dan remaja pun tertarik untuk datang ke masjid untuk bertatap muka dengannya.

Kondisi fisik masjid yang terawat, kebersihan masjid, muadzin yang bersuara indah, imam jama’ah yang ramah, pengurus dan khadim masjid yang baik hati, dapat menarik perhatian para remaja dan anak-anak sehingga mereka senang hadir di masjid.

Di antara dua shalat, imam jama’ah hendaknya menyampaikan nasehat-nasehat dan siraman ruhani yang menarik untuk para hadirin.

Beberapa hal yang bisa dilakukan di masjid untuk membuat suasana lebih meriah buat anak-anak dan remaja adalah seperti mengadakan perlombaan kecil-kecilan dengan hadiah-hadiah sederhana namun menarik. Dengan demikian anak-anak pasti merasa senang dan tertarik.

Dengan berkembangnya sarana komunikasi di era modern para imam jama’ah bisa mengirimkan pesan melalui sms atau memposting suatu hadis lewat internet agar dibaca oleh orang-orang di sekitarnya.

Tentu saja masih banyak sekali cara yang kreatif yang harus dikembangkan oleh para imam jama’ah dan pengurus-pengurus masjid.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: