Pesan Rahbar

Home » » Turki-AS Bersitegang Soal Kurdi

Turki-AS Bersitegang Soal Kurdi

Written By Unknown on Saturday 23 April 2016 | 22:25:00

Turki dan AS memiliki pandangan yang berbeda terhadap kelompok militer Kurdi Suriah (Foto: Reuters)

Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, mendesakAmerika Serikat (AS) untuk memberikan dukungan tanpa syarat memerangi militan Kurdi Suriah, YPG.

Tampak terjadi ketegangan antara Ankara dengan Washington terkait kebijakan terhadap kelompok YPG, sebagaimana yang ditunjukkan Davutoglu.

“Satu-satunya hal yang kita harapkan dari sekutu kami, AS adalah untuk mendukung Turki tanpa syarat,” kata Davutoglu dalam sebuah konferensi pers seperti dilansir dari Reuters, Minggu 21 Februari 2016.

Turki menuding sayap militer kelompok Kurdi Suriah, YPG, sebagai dalang serangan bom yang menewaskan 28 orang di Ankara pada Rabu lalu. AS, yang menganggap YPG sebagai sekutu di Suriah, mengatakan mereka tidak dalam posisi untuk mengkonfirmasi atau menyangkal tuduhan tersebut.

“Jika nyawa 28 korban tewas telah diklaim sebagai korban serangan teroris, kita hanya bisa berharap mereka mengatakan ancaman terhadap Turki juga ancaman terhadap mereka,” kata Davutoglu lagi.

Sebelumnya, Washington telah meminta Turki untuk menghentikan serangan terhadap YPG. Namun, Ankara mengatakan mereka melakukannya sesuai dengan aturan dan sebagai tanggapan atas serangan lintas perbatasan yang dilakukan para pemberontak.

(Reuters/Satu-Islam/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: