Pesan Rahbar

Home » » ISIS Serbu RS Pemerintah Suriah, 20 Tentara Tewas

ISIS Serbu RS Pemerintah Suriah, 20 Tentara Tewas

Written By Unknown on Monday 16 May 2016 | 21:12:00

ISIS serang rumah sakit yang dikuasai pemerintah Suriah dan menyandera staf medis (Foto: Istimewa)

Militan ISIS menyerbu sebuah rumah sakit yang dikendalikan pemerintah di Suriah Timur. Akibatnya, 20 anggota pasukan pro rezim Bashar al-Assad tewas. Mereka juga menculik staf medis untuk dijadikan sandera.

Kelompok monitor Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) mengatakan, militan ISIS menyerang rumah sakit Al-Assad di Deir al-Zor. Mereka melakukan hal itu agar dapat mengontrol wilayah yang kaya minya dan mempunyai pangkalan udara vital.

Serangan ini memicu bentrokan dengan pasukan rezim yang menjaga rumah sakit dan menewaskan 6 anggota ISIS. “ISIS menyerang rumah sakit Al-Assad di pintu masuk barat kota, menewaskan sedikitnya 20 tentara dan sekutu pejuang,” kata kepala SOHR, Rami Abdel Rahman dikutip dari Daily Mail, Sabtu (14/5/2016).

Rahman mengatakan, ISIS kemudian menyita rumah sakit dan menangkap serta para staf medis untuk dijadikan sebagai sandera. Hingga saat ini, pertempuran masih berkecamuk.

ISIS menguasai sekitar 60 persen wilayah Deir al-Zor, termasuk pusat dan utara kota. Mereka telah memblokade sejumlah wilayah yang dikuasai pemerintah di wilayah selatan dan timur. Diwilayah tersebut terdapat sekitar 200 ribu warga sipil yang terjebak sejak Maret tahun 2014.

ISIS juga mengontrol hampir semua provinsi di sekitarnya. Mereka telah berulang kali menyerang kantong pemerintah dan menguasai sejumlah wilayah sejak awal tahun ini. Namun, upaya mereka untuk menguasai pangkalan udara telah dihancurkan oleh pasukan elit rezim Damaskus.

(Sindo-News/Mahdi-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: