Pesan Rahbar

Home » » Zona Ekonomi Bebas Arvand, Arena Ekonomi Dinamis

Zona Ekonomi Bebas Arvand, Arena Ekonomi Dinamis

Written By Unknown on Tuesday 26 July 2016 | 01:07:00


Zona industri dan perniagaan bebas Arvand terletak di barat laut Teluk Persia dan barat daya Propinsi Khuzestan; Tepatnya di kota Abadan dan Khurramsyahr dengan luas lebih dari 173 kilometer persegi.

Zona ini berbatasan langsung dengan Iraq dan Kuwait.

Sesuai program yang telah dicanangkan Pemerintah Iran, zona ekonomi ini memiliki tiga pusat industri induk: kota industri Khurramsyahr dan Abadan, Syalamcheh, dan Pulau Minu.

Keberadaan air minum yang melimpah, beberapa sungai besar seperti Bahmansyahr, Karun, dan Arvand, dan kemudahan transportasi darat, laut, udara, dan rel kereta api, serta jarak yang relatif dekat dengan negara-negara tetangga merupakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh zona ekonomi Arvand ini.

Zona ekonomi bebas Arvand disahkan dan diresmikan pada tahun 2003. Dengan luas lahan sebesar 17.200 hektar, zona ini menjadi zona ekonomi bebas terbesar di Republik Islam Iran.

Banyaknya cadangan minyak dan bandara-bandara internasional membuat Arvand menjadi pusat perhatian dunia. Arvand juga bisa menjadi tempat transit produk-produk Teluk Persia dan Asia Timur yang hendak dikirimkan ke Iraq dan negara-negara kawasan Kaukasus.

Dengan seluruh kelebihan tersebut, Arvand bisa menjadi sebuah pusat ekonomi yang dinamis bagi seluruh rakyat Iran.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: