Pesan Rahbar

Home » » Ankara Tuding Kurdi Coba Lakukan Genosida di Suriah Utara

Ankara Tuding Kurdi Coba Lakukan Genosida di Suriah Utara

Written By Unknown on Friday 2 September 2016 | 02:41:00

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menuding milisi Kurdi di Suriah atau YPG sedang berusaha melakukan pembersihan etnis di wilayah Suriah utara. (Foto: Reuters)

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menuding milisi Kurdi di Suriah atau YPG sedang berusaha melakukan pembersihan etnis di wilayah Suriah utara.YPG, lanjut Cavusoglu, hanya menginginkan etnis Kurdi yang menempati wilayah Suriah utara.

Cavusoglu mengatakan, hal itulah yang membuat YPG tidak nyaman dengan operasi yang dilancarkan Turki di Suriah. Karena, operasi yang dilancarkan Turki dimaksudkan untuk memebaskan wilayah Suriah utara dari tangan ISIS dan YPG, sehingga warga asli di wilayah itu dapat segera kembali ke rumah mereka masing-masing.

"Orang-orang yang terpaksa meninggalkan tempat-tempat ini harus ditempatkan kembali di daerah ini, mereka harus tinggal di sana, tapi itu bukan tujuan dari YPG. YPG terlibat dalam pembersihan etnis, mereka hanya menempatkan orang-orang mereka di wilayah itu," ucap Cavusoglu.

"Inilah sebabnya mengapa YPG dan Uni Demokratik Kurdi (PYD) tidak nyaman dengan operasi yang dilakukan oleh Turki di Suriah," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Senin (29/8).

Sebelumnya, Presiden Turki Tayyip Erdogan menuturkan, operasi yang mereka jalankan di Suriah tidak akan berhenti sampai mereka berhasil memberangus Kurdi. PYD di Suriah dinilai sebagai kelompok afiliasi Partai Pekerja Kurdi (PKK), kelompok yang dianggap teroris oleh pemerintah Erdogan.

(Reuters/Sindo-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: