Pesan Rahbar

Home » » Penyelenggaraan Seminar di Karbala “Siapa Qori Tauladan?”

Penyelenggaraan Seminar di Karbala “Siapa Qori Tauladan?”

Written By Unknown on Wednesday 7 September 2016 | 13:59:00


Seminar edukasi Siapa qori tauladan dan ideal? diselenggarakan di Karbala al-Mu’alla, dengan dihadiri oleh salah seorang pengajar Darul Quran makam suci Huseini.

Menurut laporan IQNA seperti dikutip dari Qaf, seminar ini terselenggara atas prakarsa komite penyelenggara agenda nasional Amir al-Qurra khusus tarbiah dan penyiapan para qori remaja berpotensi Irak dan dalam kerangka program-program pendidikan agenda ini di Karbala.

Seminar ini dimulai dengan lantunan Abdul Shahib Abd Ali, salah seorang pelajar agenda nasional Amir al-Qurra, dengan lagam nada Syaikh Abdul Basit Abdul Samad dan selanjutnya, Baqir Ahmad Sahr, salah seorang pelajar al-Quran agenda ini juga melantunkan tilawah ayat-ayat suci al-Quran dengan lagam nada Khalil Ismail (qori lagam Irak).

Ali al-Khafaji, salah seorang pengajar Darul Quran makam suci Huseini termasuk para tamu dan penceramah khusus seminar tersebut, yang dengan bersandar pada ayat-ayat al-Quran dan riwayat Ahlulbait (As), menegaskan urgensitas implementasi perintah dan hukum-hukum al-Quran di sisi qiraat kitab Ilahi ini.

Lebih lanjut ia memberikan wejangan-wejangan kepada para qori remaja Irak dan menyebut potensi-potensi Qurani ini sebagai bagian dari aset nasional Irak.

Perlu diingat, aktivitas-aktivitas kedua agenda nasional Amir al-Qurra khusus para qori remaja dari pelbagai propinsi Irak dimulai Jumat (5/8), di komplek al-‘Alqami, Karbala; saat ini agenda ini terselenggara atas prakarsa markas tarbiah para hafiz dan qori yang berafiliasi dengan lembaga al-Quran makam suci Sayidina Abul Fadhl Abbas (As) dan dengan partisipasi 60 partisipan.

60 qori remaja yang hadir dalam agenda tersebut dipilih setelah lolos dalam ujian, yang diselenggarakan dengan dihadiri para peminat untuk hadir dalam agenda tersebut.

Orang-orang yang diterima dalam agenda nasional kedua Amir al-Qurra dibagi dalam empat kelompok dan mereka mempelajari seni serta hukum-hukum qiraat al-Quran berdasarkan maktab qiraat Syaikh Anwar Shahat, Syaikh Hafiz Khalil Ismail, Syaikh Abdul Basit Abdul Samad dan Syaikh al-Minshawi. Agenda Amir al-Qurra diselenggarakan dengan tujuan mengayomi para qori remaja Irak yang berpotensi dan termasuk salah satu agenda terkemuka di Irak, yang diselenggarakan atas prakarsa markas para qori dan hafiz lembaga al-Quran yang berafiliasi dengan makam suci Sayidina Abul Fadhl Abbas (As) dan dengan tujuan tarbiah sebuah generasi para qori Irak berpotensi berdasarkan sebuah sistem modern dan sistematis.

(Qaf/IQNA/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: