Pesan Rahbar

Home » , » Radiofarmaka, Percikan Harapan Bagi Para Penderita Kanker

Radiofarmaka, Percikan Harapan Bagi Para Penderita Kanker

Written By Unknown on Wednesday 7 September 2016 | 14:37:00


Menyaksikan orang yang anda cintai berada di hadapan anda dan sedang dalam kondisi sekarat, adalah hal yang sangat sulit. Ketika mendengar bahwa kanker mencengkeram fisik dan jiwanya, dan jika anda tidak bisa menemukan solusi untuk menyembuhkannya, dan ia divonis tidak akan bisa hidup lebih lama lagi, maka itu sangat menyakitkan.

Namun dalam beberapa hari terakhir, para malaikat penyelamat tidak mengijinkan penderita kanker yang anda cintai, dengan mudah menyerah pada kematian. Ada sejumlah pria dan wanita yang dengan bekal pengetahuan dan peralatan-peralatan canggih yang mereka miliki, siang-malam bekerja keras menepis semua keputusasaan yang melanda para penderita kanker.

Pembawa harapan kehidupan ini berada di Timur Iran, yaitu rumah sakit Razavi. Rumah sakit ini dengan dukungan konstruktif Haram Suci Razavi, Kementerian Kesehatan Iran dan kerja sama Badan Energi Atom Iran dan Universitas Ilmu Kedokteran Mashhad, meraih prestasi lain di bidang kemandirian obat-obatan untuk dihadiahkan kepada masyarakat Iran. Bagian kedokteran nuklir rumah sakit ini berhasil memproduksi dua radiofarmaka baru dan penggunaan klinis kedua radiofarmaka tersebut di dalam negeri. Ini merupakan sebuah prestasi yang tidak lama lagi akan membawa nama Iran mendunia.

Metode ini, yaitu produksi radiofarmaka, sedang dikaji di beberapa negara Eropa dan merupakan metode yang sangat akurat di era ini, di bidang kedokteran nuklir dunia dan penggunaan metode ini di rumah sakit Razavi harus dianggap sebagai contoh nyata kemandirian nasional.

Dengan alasan ini, kami berbincang-bincang dengan Dr. Farshad Emami, pakar kedokteran nuklir dan Kepala bagian kedokteran nuklir rumah sakit Razavi, seputar bagaimana rumah sakit ini bisa bergerak ke arah kesuksesan di bidang farmasi.


. Dr. Emami, bisa anda ceritakan bagaimana mulanya bergerak di bidang kedokteran nuklir di rumah sakit Razavi ini ?

Pergerakan menuju aktivitas-aktivitas kedokteran nuklir untuk mendirikan sebuah pusat guna mendeteksi para penderita penyakit kanker di rumah sakit Razavi, dimulai pada tahun 1386 HS, akan tetapi dengan memperhatikan banyaknya hambatan-hambatan yang muncul akibat sanksi, penggunaan proyek-proyek besar ini memakan waktu yang lebih lama.

Pendirian pusat kedokteran nuklir di rumah sakit Razavi menjadi sebuah percikan sehingga dengan metode penting, para penderita di dalam negeri bisa didiagnosa dan diobati, dan sekarang di Iran hanya ada tiga pusat kedokteran nuklir dengan visi diagnosa dan pengobatan lewat pencitraan, PET dan produksi radiofarmaka-radiofarmaka dengan menggunakan siklotron.


. Obat apa yang dapat membantu diagnosa para penderita kanker dengan metode diagnosa dan pencitraan ini ?

Supaya di pusat medis ini, seluruh jenis kanker bisa ditangani, sejak hari pertama sudah dirancang program agar selain produsi radiofarmaka FDG yang digunakan di semua tempat, juga produksi radiofarmaka-radiofarmaka lain untuk mendiagnosa dan mengobati. Proses ini terus mengalami kemajuan, sampai pada bulan Esfand 1394 HS, untuk pertama kalinya siklotron canggih dan lengkap di rumah sakit Razavi berhasil memproduksi radiofarmaka FDG dan penyuntikannya dimulai, dan harus saya katakan, total sekitar 1000 penderita yang ditangani dengan metode ini untuk mendiagnosa penyakitnya, mengku sangat puas.


. Obat ini mengandung bahan-bahan apa saja ?

Radiofarmaka jenis ini adalah salah satu bentuk gula batu serupa glukosa atau gula batu alami badan manusia (yang diperlukan oleh seluruh sel-sel tubuh) yang dihasilkan dari atom tepung radioaktif yang diproduksi oleh siklotron.


. Berarti jenis-jenis gula, penting dalam metode ini ?

Begini, di dalam sel-sel kanker secara umum, metabolisme atau metabolisme gula meningkat dan masalahnya berarti bahwa di sebagian besar kanker, adalah berkumpulnya zat-zat tersebut. Oleh karena itu, kemampuan ini dapat dimanfaatkan dan pencitraan dapat dilakukan dari lokasi-lokasi penumpukan.


. Di semua kanker, proses yang sama dilakukan ?

Intinya disini, semua jenis kanker tidak punya karakteristik semacam ini dan karenanya, rumah sakit Razavi bermaksud sejauh kemampuannya, akan memperluas aktivitas-aktivitasnya di bidang pencitraan kanker-kanker, dan kasus-kasus yang tidak bisa diambil pencitraannya oleh radiofarmaka ini, juga bisa ditangani oleh metode pencitraan asasi dan benar. Dengan demikian, di tahap awal visi komprehensif ini, kami berhasil memproduksi radiofarmaka-radiofarmaka 68GA-PSMA dan 68GA-DOTA dan menggunakannya untuk mendiagnosa berbagai jenis penyakit kanker prostat dan neuroendokrin.


. Kanker Neuroendokrin ?

Ya, kanker neuroendokrin adalah salah satu jenis kanker yang kebanyakan ditemukan di dalam sistem pencernaan dan kanker prostat yang dikenal oleh semua orang dan menjangkiti banyak pria berusia tua, merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita kaum pria. Secara praktis semua jenis kanker neuroendokrin memanfaatkan metode ini, namun jenis kanker ini tidak terlalu banyak penderitanya dan mungkin total 7000-8000 orang di Iran yang terkena penyakit ini, tapi kanker prostat berbeda. Diagnosa jenis kanker ini meliputi banyak kalangan, yaitu setiap orang yang menderita kanker prostat dan tumor kanker, dan dicurigai bagian-bagian tubuh lainnya akan terganggu juga, dapat menggunakan metode ini.


. Yakni jenis kanker ini tidak bisa didiagnosa dengan metode-metode pencitraan lama ?

Tumor-tumor neuroendokrin karena mengalami pertumbuhan yang lambat, pencitraan dengan radiofarmaka FDG tidak mungkin dilakukan dan diperlukan bahan khusus untuk pencitraan. Bahkan di banyak kasus, metode ini dapat digunakan untuk mengatasi gangguan tumor kanker pada tulang.


. Apa metode ini sudah menjalani penggunaan klinis di pusat kedokteran nuklir rumah sakit Razavi ?

Ya, setelah kami merasa yakin atas kualitas dan keselamatan radiofarmaka sekitar 2,5 bulan lalu, secara terbatas, kami melakukan pencitraan terhadap sedikitnya 15 orang dengan metode ini, dan alhamdulillah semua saat ini sedang menjalani proses pengobatan mereka.


. Apa keunggulan metode ini dibandingkan dengan metode-metode lainnya terutama cara pencitraan lama ?

Di antara keunggulan metode ini adalah di banyak kasus bahkan dari sudut pandang biokimia, dalam uji coba-uji coba penderita kanker, tingkat PSA rendah, gangguan-gangguan sel-sel kanker pada bagian tubuh lainnya dapat dideteksi. Metode ini sangat tepat bagi orang-orang yang memiliki kemungkinan kambuh atau menyebarnya tumor-tumor kanker ke bagian-bagian tubuh lainnya, dan sangat berguna untuk menjalankan proses diagnosa, akan tetapi program pusat kedokteran nuklir rumah sakit Razavi, dengan kerja sama Badan Energi Atom Iran, selain memproduksi bahan-bahan untuk mendiagnosa, juga bahan-bahan untuk mengobati.


. Kemajuan produksi radiofarmaka di Iran sejauh mana dibandingkan dengan dunia ?

Masalah produksi radiofarmaka 68GA-PSMA meupakan masalah global dan sudah banyak dilakukan riset terkait masalah tersebut, dan mencapai tingkat modern, sebagian besar makalah ilmiah di banyak majalah kedokteran dunia membahas masalah ini dan dalam riset-riset itu dikaji kasus-kasus seperti radiofarmaka ini cocok digunakan untuk mendiagnosa pasien yang mana dan sampai batas mana dapat menentukan nasib para pasien dan secara prinsip membawa dampak apa.


. Apakah untuk memproduksi radiofarmaka-radiofarmaka ini dimanfaatkan juga pengalaman-pengalaman dari negara asing ?

Ya, untuk memproduksi radiofarmaka-radiofarmaka ini kami membutuhkan rasa yakin atas kualitas dan keselamatannya dan untuk itu kami memanfaatkan sejumlah konsultan luar negeri dari Jerman, Austria dan Italia, dan kami memproduksi obat tersebut dengan kerja sama Badan Energi Atom Iran dan perusahaan Pars Isotope, lembaga di bawahnya. Terkait hal ini, harus saya katakan bawa satu masalah yang sangat menarik perhatian para konsultan asing itu adalah generator gallium perusahaan ini yang memiliki kinerja yang menakjubkan dan juga dilakukan negosiasi supaya Iran bisa mengekspor generator-generator ini ke negara-negara Eropa.


. Kasus-kasus yang anda katakan hanya efektif untuk mendiagnosa penyakit. Apa metode ini tidak bisa digunakan untuk mengobati ?

Pengobatan para pasien dengan metode ini juga mengalami banyak kemajuan. Di bidang produksi bahan pengobatan dengan metode ini juga harus saya katakan bahwa hanya tiga atau empat pusat yang aktif di Eropa yang melakukan aktivitas-aktivitas ini, dan dalam beberapa masalah, kita sudah menandatangani MoU dengan pusat-pusat tersebut dan menjalin hubungan yang sangat baik.


. Bagaimana untuk pencegahan ?

Biasanya metode-metode pencitraan dengan sinar dilakukan setelah diagnosa awal terhadap penyakit, yaitu bukti yang diperlukan sehingga kami yakin bahwa ada penyakit itu, kemudian kami menyinari penyakit tersebut.


. Apakah metode ini punya efek samping ?

Dalam metode ini tidak terbukti secara ilmiah ada efek samping apapun dan dengan memperhatikan bantuan yang akan diberikan kepada pasien dalam proses pengobatan, efek samping-efek samping potensial dibandingkan dengan keuntungan-keuntungannya, tidak perlu diperhatikan.


. Soal biaya, berapa total biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap pasien yang menggunakan metode ini ?

Meski pusat kedokteran nuklir rumah sakit Razavi menanggung biaya total yang sangat tinggi, namun biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap pasien sama dengan biaya PET city scan biasa. Pada kenyataannya, berdasarkan tarif yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Iran, biaya diagnosa dengan pencitraan menggunakan radiofarmaka lebih dari 50 juta rial, namun dengan bantuan Haram Suci Razavi, biaya yang dikeluarkan lebih murah dari tarif Kemenkes Iran dan hanya diperlukan biaya sekitar 30 juta rial untuk menggunakan metode pencitraan semacam ini.


. Asuransi berlaku dalam hal ini ?

Asuransi-asuransi khusus membayar biaya metode pencitraan ini, akan tetapi sungguh disayangkan asuransi-asuransi yang biasa digunakan masyarakat umum, tidak menanggung biaya metode pencitraan ini. Kami berharap pihak asuransi bersedia menanggung biaya metode ini sehingga akses metode yang menguntungkan ini terbuka bagi seluruh masyarakat. Sungguh disesalkan, asuransi-asuransi hanya memperhatikan bagian pengobatan saja, padahal diagnosa sangat penting, pasalnya sebagian besar biaya kemoterapi seharusnya tidak boleh terbuang percuma.


. Setiap pasien perlu melakukan berapa kali metode pencitraan ini ?

Penggunaan metode ini bergantung pada rekam medis pasien. Jika seseorang ingin mengetahui dengan metode ini apakah penyakitnya dapat kambuh dan menyebar ke bagian-bagian tubuh yang lain, maka cukup sekali pencitraan dan proses pengobatannya dapat segera dimulai, dan pemeriksaan seberapa besar tingkat penyakitnya yang sudah hilang, dapat dilakukan dengan metode lain, akan tetapi ada kemungkinan seorang penderita kanker dalam beberapa tahun mendatang penyakitnya kambuh kembali. Secara umum, kami sangat tidak mengharapkan hal tersebut keluar dari kontrol dan kambuh secara berkala, oleh karena itu ia perlu melakukan lebih dari satu atau dua kali pencitraan dengan metode ini, akan tetapi ini dapat mengubah nasib pasien dan penyakitnya.


. Produksi radiofarmaka lain juga menjadi agenda kerja pusat medis ini ?

Ya, karena dalam kanker-kanker di sekitar otak, metabolisme glukosa sangat tinggi, maka hal itu tidak bisa dikenali dengan radiofarmaka FDG. Oleh karena itu, produksi radiofarmaka khusus kanker otak juga menjadi agenda kerja pusat kedokteran nuklir rumah sakit Razavi. Program kami di masa depan dengan kerja sama Badan Energi Atom Iran adalah memproduksi bahan radioaktif untuk kasus-kasus yang resisten terhadap pengobatan kanker prostat dan pengobatan kanker-kanker neuroendokrin.

(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: