Pesan Rahbar

Home » » Amano: Iran Komitmen Kesepakatan Nuklir

Amano: Iran Komitmen Kesepakatan Nuklir

Written By Unknown on Tuesday 1 November 2016 | 19:06:00


Dalam beberapa hari terakhir ini, Yukiya Amani, Sekretaris Jenderal Badan Energi Atom Internasional (IAEA), menegaskan bahwa Iran masih tetap konsisten dan komitmen terhadap seluruh kesepakatan nuklir.

IAEA sebagai pihak yang bertanggung jawab mengawasi pelaksanaan kesepakatan nuklir Iran dengan enam negara adidaya dunia selalu menegaskan bahwa Iran tetap komitmen terhadap seluruh kesepakatan yang telah ditandatangani. Dalam laporan musiman terbaru yang telah disampaikan oleh Yukiya Amano baru-baru ini, ia menandaskan komitmen Iran ini.

Dalam wawancara terbaru Yukiya Amano dengan koran Prancis Le Monde baru-baru, ia juga menekankan hal tersebut. “Iran masih senantiasa komitmen dalam memegang kesepakatan nuklit dengan enam negara kuat dunia,” ujar Amano.

Dalam sebuah laporan rahasia yang dimuat oleh Ruters bulan lalu, Amano menegaskan, “Sekalipun banyak tidak setuju, Tehran tetap melaksanakan kesepakatan nuklir. Kesepakatan ini telah dijalankan dari sejak bulan Januari lalu tanpa sedikit pun problem yang melintang. Hanya terjadi sebuah problem kecil pada bulan Februari lalu. Kadar simpanan air berat Iran pada bulan ini melebihi angka 130 ton yang telah ditentukan. Kami pun segera melaporkan masalah ini kepada Tehran, dan pihak Tehran pun telah melakukan aksi kilat untuk menuntaskan masalah ini.”

“Saya pribadi bisa menjamin bahwa Iran masih tetap setia memegang janji kesepakatan. Bangsa Iran sekarang sedang melaksanakan kesepakatan untuk masyarakat internasional,” tukas Amano.

Pada hari Ahad kemarin, Yukiya Amano diundang oleh Universitas Qatar untuk mempresentasikan program dan kesepakatan nuklir Iran. Dalam presentasi ini, ia meyakinkan negara-negara Arab bahwa program nuklir Iran adalah sebuah program yang damai.

(Reuters/Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: