Pesan Rahbar

Home » , » KBRI Kairo Sebut Kunjungan Ulama Mesir Atas Permintaan Timnya Ahok

KBRI Kairo Sebut Kunjungan Ulama Mesir Atas Permintaan Timnya Ahok

Written By Unknown on Saturday 26 November 2016 | 15:46:00

Syekh Amru dipanggil pulang oleh syekh agung Al-Azhar dan musti agung Mesir.

Syekh Amru Wardani. (Foto: kksmesir.com)

KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di Ibu Kota Kairo, Mesir, membantah terlibat dalam kunjungan Syekh Amru Musthofa al-Wardani ke Indonesia.

Dalam pernyataan diunggah di situs resminya kemarin, KBRI Kairo menjelaskan mereka tidak pernah menunjuk, merekomendasikan, atau mengundang serta membiayai perjalanan Syekh Amru dari Mesir ke Indonesia. KBRI Kairo hanya meneruskan surat undangan dari Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kepada Syekh Amru.

KBRI Kairo menyebutkan Syekh Amru ke Indonesia buat memenuhi undangan Badan Reserse dan Kriminal Polri untuk menjadi saksi ahli dalam perkara penistaan agama melibatkan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. "Usulan pemanggilan Syekh Amru dari pihak terlapor (Ahok) memiliki komunikasi langsung dengan beberapa alumnus Universitas Al-Azhar di Kairo."

Syekh Amru sempat datang, namun dia pulang lagi ke Mesir Senin lalu atau sehari menjelang gelar perkara Ahok di Markas Besar Polri di Jakarta.

Anizar Masyhadi, alumnus Al-Azhar asal Indonesia ikut mengatur dan mendampingi lawatan Syekh Agung Universitas Al-Azhar Syekh Ahmad Thayyib ke Jakarta Februari lalu, membenarkan Syekh Amru sudah pulang ke negaranya. Hal ini, menurut dia, setelah ada surat dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) ditujukan kepada Syekh Ahmad Thayyib dan Mufti Agung Mesir Syekh Syauki Alam.

Dalam suratnya, MUI mengatakan kepada Syekh Ahmad Thayyib dan Syekh Syauki Alam untuk meminta kepada Syekh Amru untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri Indonesia. MUI juga meminta ulama Mesir membiarkan pihaknya menyelesaikan persoalan Ahok tanpa campur tangan negara lain.

Anizar menambahkan dirinya kemarin juga menghubungi Syekh Muhammad Abdussalam, penasihat Syekh Ahmad Thayyib, melalui WhatsApp dan mendapat jawaban dari Syekh Ahmad Thayyib.

Anizar mengungkapkan Syekh Ahmad Thayyib mengaku tidak tahu soal kunjungan Syekh Amru ke Indonesia. "Syekh Agung Al-Azhar Syekh Ahmad Thayyib) meminta kepada Mufti Agung Mesir Syekh Syauki Alam) untuk memanggil pulang Syekh Amru Wardani sesegera mungkin dan tidak ikut mencampuri urusan dalam negeri Indonesia," kata Anizar kepada Albalad.co melalui pesan WhatsApp Selasa lalu.

KBRI Kairo menegaskan pihaknya selalu konsisten untuk bersikap netral dan non-partisan.

(Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: