Pesan Rahbar

Home » » Jangan Mengumbar Kesalahan dan Aib Orang Lain. Simak!

Jangan Mengumbar Kesalahan dan Aib Orang Lain. Simak!

Written By Unknown on Saturday 10 June 2017 | 12:42:00


Menjaga rahasia orang lain memiliki keutamaan dan merupakan perbuatan yang wajib dilakukan, namun hal ini banyak dianggap remeh oleh masyarakat kita, beberapa di antara orang-orang tidak menghiraukan rahasia atau hal yang sensitif orang lain.

Shabestan News Agency melaporkan dari Isfahan, Ayatullah Al-uzhma Husain Mazhahiri dalam kajian akhlaqnya menyinggung tentang pentingnya menjaga rahasia orang lain.

Dijelaskannya, kita tidak boleh mengumbar rahasia orang lain karena hal ini termasuk dosa besar dan memiliki konsekuensi di dunia dan akhirat.

Marja taklid Syi’ah ini menambahkan, di saat kita menyaksikan perbuatan dosa atau kesalahan yang dilakukan orang lain maka kita tidak boleh menyebarkan dan mengumbarnya ke yang lainnya, karena hal ini dapat menghancurkan martabat dan kehormatan orang tersebut, satu-satunya tempat yang layak untuk bersaksi atau melakukannya ialah di pengadilan.

Lebih lanjut kepala hauzah ilmiah Isfahan ini menuturkan, tidak ada seorangpun yang berhak untuk mengumbar rahasia orang lain, bahkan sedemikian harusnya kita menjaga merahasia sampai-sampai rahasia antara suami dan istri tidak boleh terdengar oleh siapapun bahkan oleh ayah dan ibunya sekalipun, dan masalah ini harus diselesaikan dengan kekeluargaan.

Menjaga rahasia orang lain memiliki keutamaan dan merupakan perbuatan yang wajib dilakukan, namun hal ini banyak dianggap remeh oleh masyarakat kita, beberapa di antara orang-orang tidak menghiraukan rahasia atau hal yang sensitif orang lain, mereka dengan mudahnya mengumbar hal tersebut dari mulut ke mulut, sehingga menyebabkan martabat orang lain jatuh, demikian jelas Ayatullah Al-uzhma Mazhahiri.

(Shabestan/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: