Direktur perusahaan produk susu Razavi mengatakan, berdasarkan perencanaan strategis perusahaan, di akhir tahun ini, volume ekspor akan ditambah dua kali lipat.
Sayid Mahdi Talebian, Direktur perusahaan produk susu Razavi dalam wawancara dengan Astan News menuturkan, rencana penting itu bisa direalisasikan dengan kehadiran perusahaan ini di Irak dan melakukan pemasaran, penelitian, menyeimbangkan harga dengan pasar internasional dan pesaing, memproduksi produk-produk yang diminati konsumen, juga distribusi dan promosi.
Menurutnya, di pasar ekspor, produk-produk perusahaan susu Razavi bersaing di dua medan dengan produk-produk lain. Medan persaingan pertama, produk-produk yang dihasilkan perusahaan bermerek Iran di pasar, semua harus terjun dalam persaingan. Mengingat adanya kesamaan masalah dalam ekspor seperti masalah bea cukai, masalah politik dan ekonomi di pasar tujuan, maka persaingan tidak terlalu ketat, dan produk-produk perusahaan susu Razavi bisa memenangkan persaingan dengan melakukan langkah cepat dan tepat.
Talebian menambahkan, dalam persaingan ini, faktor terpenting adalah kualitas produk dan pengemasan, juga harga dan promosi yang harus melalui perencanaan terarah dan efektif.
Sementara medan persaingan lain, katanya, adalah persaingan produk ekspor perusahaan susu Razavi dengan produk-produk asing.
"Rival asing perusahaan susu Razavi di pasar Irak, adalah perusahaan-perusahaan asal Turki, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi. Dengan memperhatikan teknologi dan kecepatan produksi mereka, persaingan di pasar ini cukup ketat," ujar Talebian.
Ia melanjutkan, lebih dari itu, perusahaan susu Razavi juga dihadapkan dengan masalah-masalah internal perusahaan seperti tidak bisa diproduksinya sebagian produk karena keterbatasan peralatan produksi seperti berbagai jenis produk steril dalam kemasan 125 cc, perubahan desain kemasan produk yang memakan waktu lama dan lemahnya proses pengemasan untuk ekspor.
Direktur perusahaan susu Razavi mengungkapkan, fluktuasi nilai mata uang asing dan masalah-masalah ekonomi serta politik di negara-negara tujuan ekspor, pemasaran produk-produk pesaing yang memiliki kualitas berbeda dan harga beragam, termasuk tantangan-tantangan lain yang dihadapi perusahaan susu Razavi di bidang ekspor.
(Astan-News/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Post a Comment
mohon gunakan email