Pesan Rahbar

Home » » Rombongan Haji Pertama Iran Diterbangkan ke Arab Saudi

Rombongan Haji Pertama Iran Diterbangkan ke Arab Saudi

Written By Unknown on Saturday 5 August 2017 | 13:58:00

Negara Mullah ini tahun lalu tidak mengizinkan warganya berhaji setelah pada musim haji 2015 terjadi Tragedi Mina. Iran sangat kecewa karena pemerintah Arab Saudi tidak meminta maaf atas peristiwa memalukan tersebut.

Salat tarawih di Masjid Al-Haram, Kota Makkah, Arab Saudi. (Foto: Arab News)

Iran hari ini menerbangkan tiga rombongan jamaah hajinya ke Arab Saudi, setelah tahun lalu memboikot pelaksanaan rukun Islam kelima itu.

Rombongan jamaah haji itu diterbangkan ke negara Kabah tersebut melalui Bandar Udara Internasional Bandar Abbas, terletak di provinsi Hormozgan, Iran.

Menurut Organisasi Penerbangan Sipil Iran, rombongan haji pertama diterbangkan hari ini pukul delapan pagi waktu setempat. Rombongan kedua dan ketiga diberangkatkan pada jam empat sore dan pukul tujuh malam.

Qazi Askar, kepala pengawas haji Iran, bilang segala prosedur diperlukan untuk penerbangan tiga rombongan pertama jamaah haji Iran telah dirampungkan.

Iran tahun ini bakal mengirim sekitar 86.500 jamaah haji, dibagi dalam 600 rombongan.

Negara Mullah ini tahun lalu tidak mengizinkan warganya berhaji setelah pada musim haji 2015 terjadi Tragedi Mina. Insiden di jalur menuju pelemparan jumarh di Kota Mina itu menewaskan lebih dari 2.400 jamaah haji, termasuk 400-an asal Iran.

Iran sangat kecewa karena pemerintah Arab Saudi tidak meminta maaf atas peristiwa memalukan tersebut. Juga tidak ada pihak bertanggung jawab atas petaka itu.

(Al-Arabiya/Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: