Pesan Rahbar

Home » » Besok Bakal Ada Demonstrasi Besar di Arab Saudi

Besok Bakal Ada Demonstrasi Besar di Arab Saudi

Written By Unknown on Saturday 16 September 2017 | 19:06:00

"Demonstrasi besok untuk menentang pemerintah," kata seorang sumber Albalad.co di Riyadh hari ini.

Islamic Human Rights Alliance (IHRA) dan Aliansi Anti Perang (A2P) melakukan unjuk rasa di depan Kedutaan Arab Saudi di Jakarta (4/1). (Foto: VOA/Fathiyah Wardah)

Kabar akan ada unjuk rasa besar-besaran besok di Arab Saudi sudah beredar luas melalui media sosial sejak awal pekan ini. Mereka akan menuntut pergantian rezim Bani Saud dinilai korup dan diktator.

Tapi tidak ada satu pun media massa di Arab Saudi memberitakan rencana unjuk rasa besok. Mengkritik atau mengecam penguasa merupakan kejahatan di Arab Saudi.

"Demonstrasi besok untuk menentang pemerintah," kata seorang sumber Albalad.co di Riyadh hari ini. Namun dia belum bisa memastikan di mana titik kumpul massa dan mulai jam berapa protes dilakukan.

Dia menambahkan Mufti Agung Arab Saudi Syekh Abdul Aziz bin Abdullah asy-Syekh melalui siaran televisi semalam sudah menyerukan kepada seluruh rakyat Arab Saudi untuk tidak turun ke jalan buat berunjuk rasa. Kalau demosntrasi besok terwujud, ini bakal menjadi unjuk rasa pertama sejak negara Kabah itu dibentuk pada 1932.

Sumber Albalad.co lainnya bilang demonstrasi direncanakan berlangsung di semua kota di Arab Saudi sehabis salat Jumat. "Demonstrasi sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum Qatar diblokade dan ditunda beberapa kali," ujarnya.

Memang sempat muncul kabar rakyat Arab Saudi akan berdemonstrasi ke jalan menentang pemerintah pada 25 April lalu. Namun rencana protes itu tidak terlaksana.

(Al-Balad/Berbagai-Sumber-Lain/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: