Pesan Rahbar

Home » , , , » Mengapa Rasulullah Pewaris Para Nabi?

Mengapa Rasulullah Pewaris Para Nabi?

Written By Unknown on Thursday 28 May 2015 | 04:07:00


Ruang dan waktu tertentu memiliki keutamaan khusus yang tidak dimiliki oleh ruang dan waktu yang lain. Salah satu waktu yang memiliki keutamaan istimewa adalah bulan Sya’ban.
Untuk menggapai keutamaan yang dimiliki oleh bulan Sya’ban, kita harus melakukan amalan dan menempatkan diri di jalur anugerah Ilahi berdatangan. Salah satu amalan yang sangat utama di bulan Sya’ban adalah salawat Sya’baniah.

Salawat Sya’baniah adalah sebuah teks salawat yang selalu dibaca oleh Imam Zainal Abidin ketika waktu azan tiba. Salawat ini bisa dikelompokkan dalam dua bagian besar: pertama tentang pengenalan imam dan kedua permohonan kepada Allah supaya kita bisa memanfaatkan keistimewaan bulan Sya’ban.

Salah satu frasa salawat Sya’baniah adalah mawdhi’ir risālah; tempat menerima risalah.

Terdapat perbedaan antara posisi kenabian dan kerasulan. Kerasulan lebih tinggi daripada kenabian. Setiap rasul pastilah seorang nabi. Tetapi tidak harus seorang nabi pasti menjadi seorang rasul. Seorang nabi bertugas menunjukkan jalan kehidupan dunia dan akhirat kepada masyarakat. Tetapi, seorang rasul, di samping memiliki tugas seorang nabi, juga memiliki tugas-tugas lain sebagai hujjah Ilahi untuk seluruh umat manusia.

Frasa tersebut di atas menegaskan bahwa seluruh tugas yang pernah dimiliki oleh para nabi terdahulu terkumpul menjadi satu dalam diri Nabi Muhammad saw. Untuk itu, sudah layak beliau disebut pewaris para nabi.

(Shabestan)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: