Pesan Rahbar

Home » » Ratusan Juta Muslim Meyakini Mahdiisme

Ratusan Juta Muslim Meyakini Mahdiisme

Written By Unknown on Monday 25 May 2015 | 12:32:00


Sebuah seminar penting dengan tema “Mahdiisme dan Akhir Zaman” telah digelar oleh Departemen Sejarah Universitas Boston, Amerika, pada bulan Mei 2015 ini.

Berikut laporan Timothy Furnish salah seorang yang hadir dan tampil sebagai pembicara dalam seminar tersebut:

Seminar akhir zaman tersebut berhasil menarik 12 peneliti dari Amerika dan Israel untuk mengupas keyakinan apokaliptik yang dimiliki oleh Muslimin di era modern ini.

Dr. Richards Landes dosen sejarah di Universitas Boston tampil sebagai pembicara dalam seminar akhir zaman ini. Menurutnya, ide apokaliptik Islam adalah sebuah “berita buruk” yang sekarang sudah terwujud. Sikap Landes yang sepertinya diiyakan oleh mayoritas hadirin ini masih dipertanyakan oleh sebagian hadirin.

Makalah saya dalam seminar ini berjudul “Menentang Konsep Millenium, Perang Imperium Utsmaniah Melawan Gerakan Mahdiisme pada Abad 13 Hijriah/19 Masehi”.

Pada tahun 1997 dan setelah setahun pembentukan Center for Millennial Studies (CMS) oleh Landes, saya pernah aktif menulis makalah tentang Ibn Khaldun dan pandangan-pandangannya tentang Mahdi. Dalam era dua dasawarsa terakhir hingga kini terbukti bahwa Mahdiisme bukan hanya keyakinan yang dimiliki oleh kaum Syiah, tetapi ratusan juta muslim, baik Syiah maupun Sunni, memiliki keyakinan ini. Dan sekarang, ujung tajam pedang ini berada di tangan kelompok-kelompok jihadis. Bisa diprediksikan, pada tahun 1500 Hijriah (2076 Masehi), semangat Muslimin apokaliptik secara sempurna bertautan erat dengan para pemimpin jihadis.

Konten seluruh seminar ini bisa diakses di situs www.mahdiwatch.org.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: