Pesan Rahbar

Home » » Masjid Salim I, Masjid Kuno Kedua Istanbul

Masjid Salim I, Masjid Kuno Kedua Istanbul

Written By Unknown on Friday 12 June 2015 | 03:22:00


Masjid Salim I adalah sebuah masjid yang dibangun pada era kekuasaan imperium Utsmaniah. Masjid ini dibangun di atas sebuah bukit yang terletak di kota Istanbul, dan termasuk peninggalan bersejaran Turki.

Masjid ini dibangun atas perintah Sultan Salim guna mengenang ayahnya yang telah meninggal pada tahun 1520 M. Pembangunan masjid ini rampung pada tahun 1527 M. Seorang arsitektur masyhur bernama Senan Agha berpartisipasi dalam membangun masjid ini.

Masjid Salim I memiliki dua menara dan halaman luas yang dihampari batu marmar dan granit. Bagian interior masjid didesain dalam kamar-kamar yang berbentuk persegi empat yang berukuran panjang 24 meter. Kubah yang ada di atasnya berketinggian 32 meter.

Kubah Masjid Salim I berbentuk seperti rata tidak seperti kubah Masjid Aya Sofia yang berbentuk bulat. Jendela-jendela masjid dihiasi dengan batu bata yang menawan dan memiliki ruang lintas yang beratap. Setiap kamar yang beratap memiliki kubah. Di belakang masjid terdapat sebuah taman untuk berkreasi.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: