Pesan Rahbar

Home » » Presiden Hasan Ruhani Menulis Surat untuk Rahbar

Presiden Hasan Ruhani Menulis Surat untuk Rahbar

Written By Unknown on Saturday 18 July 2015 | 01:44:00


Setelah perundingan nuklir Iran dengan negara-negara anggota kelompok P5+1 memperoleh kesepakatan final, Dr. Hasan Ruhani Presiden Republik Islam Iran melayangkan sepucuk surat kepada Ayatullah Khamenei Rahbar Revolusi Islam Iran.
 
Di permulaan surat, Presiden Ruhani menyatakan bahwa perundingan nuklir Iran dengan negara-negara anggota P5+1 telah berakhir dengan penuh kejayaan dan ketegaran. Melalui perundingan penting ini, Iran telah berhasil membuktikan hak energi nuklir damai kepada dunia.

Menurut Presiden Ruhani, kesepakatan ini bisa menjadi lahan untuk mencabut seluruh bentuk sanksi atas Iran sehingga Iran bisa melaju pesat di bidang pembangunan, kemajuan, dan ekonomi muqawamah.

“Rahasia keberhasilan tim perunding nuklir Iran adalah kebersamaan langkah seluruh lapisan rakyat dan wejangan-wejangan Rahbar Revolusi Islam Iran,” ujar Presiden Ruhani.

Menurut Presiden Ruhani, keberhasilan perundingan nuklir ini menunjukkan kepada dunia bahwa berunding dan berpartisipasi bisa menjadi opsi untuk menuntaskan setiap problem dan pertikaian yang muncul, dan opsi perang serta pembantaian bisa disingkirkan.

Surat jawaban Rahbar untuk surat Presiden Ruhani adalah sebagai berikut:

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Seiring salam dan rasa terima kasih atas seluruh jerih payah Anda, saya mengucapkan ribuan terima kasih atas usaha keras yang telah dilakukan oleh tim perunding nuklir Iran dan saya memohonkan pahala Ilahi untuk seluruh mereka.

Kesepakatan perundingan nuklir ini adalah sebuah langkah penting. Sekalipun demikian, butir-butir kesepakatan yang telah tersedia harus ditelaah dengan jeli dan teliti serta harus diperiksa sesuai undang-undang yang berlaku. Setelah disahkan, kita juga harus waspada terhadap kemungkinan pelanggaran janji yang mungkin dilakukan oleh mereka dan jalan untuk itu harus ditutup.

Kita semua tahu dengan baik, sebagian dari enam negara tersebut tidak pernah bisa dipercayai.

Saya juga berharap seluruh rakyat Iran tetap menjaga persatuan sehingga kita bisa mencapai seluruh kepentingan nasional kita dalam kondisi tenang dan logis.

Wassalamu alaikum

Ttd.

Sayyid Ali Khamenei

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: