Pesan Rahbar

Home » » Zarif Menlu Iran: Pelaksanaan Kesepakatan Nuklir Masih Butuh Waktu Empat Bulan

Zarif Menlu Iran: Pelaksanaan Kesepakatan Nuklir Masih Butuh Waktu Empat Bulan

Written By Unknown on Saturday 18 July 2015 | 01:30:00


Setelah dua puluh hari melakukan perundingan dengan negara-negara anggota P5+1, Muhammad Jawad Zarif Menlu Republik Islam Iran kembali ke Tehran hari ini.

Setelah memasuki bandara internasional Mehrabad Tehran, Zarif menggelar jumpa pers dengan didampingi oleh Ali Akbar Salehi kepala Badan Energi Atom Iran guna menjelaskan proses perundingan nuklir yang telah berlangsung selama ini.

Zarif menekankan, seluruh garis merah yang telah ditekankan oleh Rahbar dan para petinggi Republik Islam Iran telah diperhatikan selama proses perundingan berlangsung.

“Dengan teknologi nuklir pribumi yang telah berhasil kita gapai ini, kita bisa bersaing dengan teknologi nuklir dunia dalam bidang teknologi nuklir damai,” tukas Zarif.

Menurut pengakuan Zarif, seluruh butir kesepakatan akan dilaksanakan dan hal ini memerlukan masa sekitar empat bulan. “Semua ini bergantung kepada proses internal Amerika Serikat,” ujarnya.

“Setiap kosa kata dalam butir-butir kesepakatan telah dipelajari oleh para perunding, dan bahkan kadang-kadang terjadi tegang otot untuk menentukan sebuah kata. Semua kesepakatan ini akan diterjemahkan. Sebagiannya malah sudah diterjemahkan dan bisa diakses di situs Kemenlu. Masyarakat kita bisa melihat semua itu secara transparan,” tukas Zarif.

(Shabestan/ABNS)
Share this post :

Post a Comment

mohon gunakan email

Terkait Berita: